Dinas Pangan Kembangkan Lengkeng Skala Rumah Tangga

November 3, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Dalam upaya pengembangan tanaman hortikultura di masyarakat, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) mengembangkan tanaman Lengkeng skala rumah tangga.
Menurut Kepala DPTPH Kaltim H Ibrahim, selama ini pihaknya sudah melakukan kegiatan penggalakkan tanaman Lengkeng dengan membagikan bibit per kepala keluarga antara dua hingga tiga pohon dan hasilnya cukup signifikan.

“Kami sudah kembangkan tanaman Lengkeng skala rumah tangga dan Desember ini akan panen perdana,” katanya.
Dia menjelaskan pemberian bibit Lengkeng kepada warga atau per kepala keluarga untuk ditanam di pekarangannya dapat dikatakan berhasil. Dalam kisaran waktu dua hingga tiga tahun tanaman Lengkeng sudah menghasilkan atau berbuah dengan produksi bisa mencapai 25 kilogram per pohon.

Ibrahim mengakui pihak sudah sejak lama membagikan bibit Lengkeng tapi kepada kelompok tani untuk ditanam di kebun.Namun hasilnya tidak menggembirakan bahkan dapat dikatakan gagal karena tidak dipelihara dengan baik oleh petani ataupun kelompok tani. Karenanya, program pengembangan Lengkeng skala rumah tangga masih uji coba namun hasilnya sangat menggembirakan.

Seperti pengembangan Lengkeng skala rumah tangga di Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser dan Samboja Kutai Kartanegara yang akan melakukan panen perdana pada Desember ini. Hasil ujicoba ternyata berhasil. Karena itu secara bertahap akan coba kembangkan lagi di daerah-daerah lain di Kaltim.

“Harganya cukup tinggi bisa sampai Rp50 ribu per kg. Kalau dijual bisa menambahkan pendapatan keluarga,” sebut Ibrahim.(mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.