Festival Mahakam 2017 Janjikan Meriah dengan Banyak Acara

October 31, 2017 by  
Filed under Samarinda, Wisata

VIVABORNEO.COM, Telah masuk dalam  agenda tahunan yang paling dinanti di Kota Samarinda, Festival Mahakam kembali digelar untuk yang ke-17 kali pada tanggal 3-5 November 2017 dan seperti biasa selalu ada beragam acara, baik seni budaya maupun kegiatan modern lainnya.

“Kami konsisten gelar acara Festival Mahakam ini setiap bulan November dan selalu pula konsisten memasukan materi beragam acara budaya khas di kota Samarinda.” kata Muhammad Faisal Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda yang juga merangka[ sebagai ketua Panitia Pelaksana, Senin (30/10/17).

Dijelaskan Faisal, akan ada 10 acara yang bernuansa budaya di Festival Mahakam kali ini yakni ,  Parade Hudoq, Parade Pencak Silat, Upacara Adat Hudoq Kawit, Lomba Tari Pesisir, Lomba Tari Pedalaman.

Lomba lainnya yaitu Tari Kreasi Daerah Kaltim untuk SD/MI, Sampe Musik Festival, Seni Budaya Banjar, Fashion Batik Kaltim dan Lomba Roll Cake Motif Sarung Samarinda,

Ditambahkan Faisal, ada yang unik dan pertama kali di adakan pada Festival Mahakam kali ini, bahkan yang  pertama kali di Indonesia yaitu Lomba Roll Cake Motif Sarung Samarinda antar Kelurahan dan Dharma Wanita.

Ini adalah sebuah inovasi pelestarian motif sarung samarinda. Kemudian ada dua budaya besar di Samarinda yang kami angkat yakni Dayak Bahau dan Banjar. Sementara tahun lalu ada adat Kutai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun inipun  sudah cukup banyak peserta yang mendaftar  berasal dari berbagai kota di Provinsi Kaltim serta  dari luar Kaltim. Bahkan sudah ada satu negara yang menyatakan ingin berpartisipasi dalam Festival Mahakam ini namun  sementara masih berproses administrasi.

“Biasanya memang mendekati hari pelaksanaan baru pendaftar semakin bertambah. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat Panitia Pelaksana di Kantor Dinas Pariwisata kota Samarinda jalan Dahlia No.69 Samarinda,” ujar Faisal.(vb/yul) 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.