Disbudpar PPU kembali Gelar Pesta Adat Belian Paser Nondoi

October 19, 2017 by  
Filed under Artikel, Berita, Budaya

VIVABORNEO.COM,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara kembali menggelar Pesta Adat Belian Paser Nondoi Benuo Taka tahun 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Pasar Induk Nenang Penajam, 18-26 Oktober.

Pesta Adat Belian Paser Nondoi khas Suku Paser, sama seperti acara-acara belian lainnya di Kalimantan yaitu terfokus pada pengobatan tradisional dan spiritual. Selain itu belian ini juga dimaksudkan untuk  bersih-bersih kampung serta doa tolak bala bagi warganya.

Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar mengatakan kegiatan yang telah berlangsung secara rutin beberapa tahun terakhir hendaknya dapat berkesinambungan sebagai pelestarian budaya  dan obyek wisata.

“Pemerintah Kabupaten PPU sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi yang hadir dari berbagai ragam suku.  Mari kebhienekaan itu kita rawat, jangan sampai malah menimbulkan instabilitas, malah sebaliknya ini menjadi kekuatan untuk mengembangkan daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Tohar.

Dirinya juga berharap karya seni baik tari lagu dan lainnya dapat lebih banyak diciptakan sehingga tidak jalan di tempat dan monoton.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tita Deritayati mengungkapkan bahwa kegiatan Pesta Adat Belian Paser Nondoi ini akan terus dilaksanakan sebagai salah satu wisata unggulan di Kabupaten PPU.

Menurut Tita, pariwisata merupakan satu komoditas yang mampu menggerakkan ekonomi, khususnya ekonomi kerakyatan. Sehingga, kegiatan Pesta Adat Belian Paser Nondoi akan menjadi kalender event bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PPU.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.