KPUD Kubar Ingatkan Batas Akhir Penyerahan Berkas Parpol

October 12, 2017 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kutai Barat (Kubar) mengingatkan partai politik yang akan mengikuti pemilu pada tahun 2019 segera menyerahkan berkas. Ketua KPUD Kubar, FX Irianto mengatakan, batas akhir penyerahan nerkas pada tanggal 16 Oktober 2017. Saat ini baru dua parpol yang menyerahkan berkas ke KPUD Kubar yaitu Partai Perindo dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Irianto menjelaskan, untuk memasukkan data (Sipol) membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 2 jam lebih di KPUD. Itu menggunakan sistem internet/ Sistem Informasi Parpol (Sipol). Karenanya ia mengimbau seluruh parpol yang akan mengikuti pemilu 2019, agar berkomunikasi ke DPD dan DPP masing-masing, guna mengetahui waktu pendaftaran DPP ke KPU Pusat. Sehingga pengurus di kabupaten mengetahui kapan hari untuk menyerahkan berkas.

FX Irianto mengingatkan, penyerahan berkas memasuki hari ke-9, sementara batas akhir Senin (16/10/2017) pekan depan. Menurutnya, waktu yang tersisa sesuai jadwal pusat hanya lima hari kedepan, atau memasuki masa kritis. Tetapi masih banyak parpol yang belum
menyerahkan berkas.

Komisioner Divisi Hukum KPUD Kubar Arkadius Hanye, mengingatkan seluruh pengurus parpol di Kubar, bahwa  sangat mudah bagi parpol dalam menyerahkan berkas tersebut. Parpol hanya menyerahkan berkas kelengkapan turunan dari DPP Parpol masing-masing. Mencocokkan data keanggotaan dari DPP parpol dengan pengurus parpol kabupaten. Namun DPP harus mendaftar dulu di KPU RI. Baru kemudian pengurus kabupaten/kota menyerahkan berkas turunannya ke KPU kabupaten.

Sementara Ketua DPC PDIP Kubar, Ismael Thomas, dalam keterangan pers Rabu (11/10/2017) di Sendawar mengungkapkan DPC PDIP Kubar telah menyiapkan seluruh kelengkapan yang dipersyaratkan KPU  hingga KPUD dalam penyerahan berkas sebagai syarat parpol peserta pemilu 2019.

Dikatakan, PDIP Kubar telah menyiapkan sejak dua pekan lalu. Tak ada hambatan, persyaratan yang diserahkan malah lebih. Diantaranya kartu anggota yang hanya diwajibkan 158, namun yang kami serahkan sebanyak 209 keanggotaan PDIP Kubar,” jelas Thomas.

Ismael Thomas menambahkan, PDIP merupakan parpol yang telah aktif sejak tahun 1999 silam di Kubar. Bahkan dalam kancah pilkada dan pileg, PDIP merupakan parpol pemenang yang unggul dalam setiap suksesi demokrasi di Kubar. Bahkan Ismael Thomas meyakinkan, hingga saat ini struktur kepengurusan di internal DPC PDIP Kubar belum ada perubahan,
sesuai SK semula.

“Kordinasi dan komunikasi dengan KPUD Kubar dalam penyerahan berkas, tak ada masalah. Seluruh persyaratan administrasi sudah kami penuhi. Kami siap menyukseskan Pilgub Kaltim 2018 hingga pemilu 2019 dan pilpres,” kata Ismael Thomas. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.