Kontingen Bapomi Kaltim ke Pomnas Sulsel

October 12, 2017 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV 2017 di Universitas Hasanudin Makassar (Sulsel) merupakan momentum untuk menorehkan prestasi di bidang olah raga. Ajang ini menjadi sarana pembinaan dan pencarian bibit atlet potensial serta memberikan kesempatan pada para atlet junior untuk mengembangkan kemampuan mereka.

“Pomnas di Unhas Makasar menjadi momentum duta-duta Kaltim agar dapat meraih prestasi gemilang dan yang terpenting adalah dapat menjaga nama baik Provinsi Kaltim,” kata Meiliana saat melepas kontingen Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Provinsi Kaltim yang akan berlaga pada ajang Pomnas XV di Unhas Makassar 14-21 Oktober 2017. Pelepasan kontingen dilakukan di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (11/10/2-17).

Meiliana mengatakan, keberhasilan pembinaan atlet tidak hanya dipengaruhi faktor latihan, ketersediaan sarana dan prasarana latihan, namun juga kesempatan untuk menunjukkan kemampuan lewat kompetisi guna menambah pengalaman, penempaan mental, serta mematangkan teknik dan strategi yang telah diberikan pelatih.

Menjadi komitmen bersama, bahwa olah raga perlu ditingkatkan kualitasnya karena merupakan sarana pembinaan karakter bangsa yang tidak terbatas pada segi fisik saja, tetapi juga mental.

Menurutnya, olahraga dapat menciptakan seseorang menjadi insan berprestasi, kreatif, berbudaya, menghargai cipta dan karsa. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pendidikan yaitu membentuk manusia yang berkarakter. Manusia Indonesia seutuhnya adalah beriman, bertakwa, cerdas, terampil dan pantang menyerah.

“Olahraga juga memiliki aspek pembangunan nama bangsa, yakni bahwa tinggi rendahnya kualitas olahraga akan turut menjadi cermin bagi penentuan sebuah martabat daerah maupun bangsa di tengah pergaulan masyarakat dunia. Itulah mengapa olahraga dianggap sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa,” kata Meiliana.

Sementara Sekretaris Umum Bapomi Kaltim Gufran mengatakan jumlah atlet Kaltim yang mengikuti Pomnas XV di Unhas Makassar sebanyak 98 atlet dengan 30 official, terdiri mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Mereka akan mengikuti 13 cabang olahraga (cabor) dari 16 cabor yang dipertandingkan. Diantara cabor yang diikuti Kontingen Pomnas Kaltim diantaranya futsal, atletik, kempo, karate, pencak silat, selam, renang dan lainnya.

“Pomnas memang tidak menentukan target. Tetapi terpenting agar bagaimana atlet-atlet kita bisa mewakili negara pada ajang POM ASEAN dan Universiade. Walaupun demikian kita harapkan para atlet bisa memberikan yang terbaik bagi daerah, ya minimal bisa masuk 5 besar,” ucap Gufran. (sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.