Petani Karet Peroleh Bantuan Peralatan Produksi

October 7, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan memberikan bantuan berupa peralatan pasca panen produk karet alam yang diperuntukkan bagi sembilan kelompok tani di Kaltim.

Beberapa kelompok tani yang tersebar di tiga kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Kota Balikpapan, akan mendapatkan perlatan pasca panen tersebut. Sementara untuk kabupaten/kota lainnya akan diprogramkan di tahun mendatang.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan bantuan ini dalam upaya mendukung peningkatan produksi dan produktivitas serta kualitas komoditi perkebunan, khususnya karet.

“Untuk tahun anggaran 2017, kami memperoleh dukungan dana Angggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) dari Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun, Satker 05), Kementerian Pertanian guna mendukung kegiatan penanganan pasca,” kata Ujang Rachmad, di Samarinda, Selasa, (03/10/17).

Ujang memaparkan, Kaltim merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan, termasuk komoditi karet. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar produksinya menjadi lebih berkualitas.

Apalagi harga karet mulai berangsur-angsur membaik sehingga diharapkan petani mulai bergairah untuk memelihara kebun-kebun karet yang selama ini menurun produksinya.

“Adapun peralatan pasca panen berupa pisau sadap, mangkok sadap, ring mangkok sadap, talang sadap, bak pembeku dan bahan pembeku lateks. Diharapkan bantuan ini dapat memacu produksi karet alam yang berkualitas dan sesuai standar karet nasional,” ujar Ujang.

Bantuan akan diberikan kepada tiga kelompok tani di Kutai Barat, yaitu  Poktan Sinar Harapan Lima, Poktan Sentosa Satu dan kelompok tani Suka Tani Satu.

Sementara itu bantuan juga diterima  tiga kelompok tani di Kutai Kartanegara yaitu Poktan Muda Berkarya, Setia Kawan dan Sumber Rejeki  serta tiga kelompok tani di Balikpapan yaitu Poktan Tunas Lada, Bina Tani Sejahtera dan Poktan Tawakal.(vb/yul/reza-disbun)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.