Kanhan Kaltim Harapkan RWP Terinegrasi Dengan RTRW Kaltim

July 21, 2017 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM, Dalam rangka penataan wilayah pertahanan negara khususnya di Kalimantan Timur (Kaltim), Kantor Pertahanan (Kanhan) Kaltim Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI bersama Bappeda Kaltim menggelar Rapat Kerja (Raker) Rencana Wilayah Pertahanan.

Pejabat PTP Kanhan kaltim Brigjen Rukman Ahmad. menjelaskan  melalui Raker ini diharapkan dapat memberi masukan kepada Pemda tentang  Wilayah pertahanan Dinamis dan Wilayah pertahanan Statis yang berada di wilayah Kalm.

“Tak dipungkiri pula, perbatasan menjadi wajah wilayah pertahanan. kawasan Perbatasan Negara (KPN) yang masuk dalam Kawasan Strategi Nasional (KSN) Kecamatan Long Apari dan Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) perlu keterpaduan kegiatan fisik dan non fisik antara Kemhan dan Pemerintah Daerah di perbatasan,” jelasnya.

Selain itu pembangunan jalur transportasi jalan dan jembatan dari Kutai Barat ke Mahulu, Mahulu ke perbatasan perlu diprioritaskan. Sedangkan Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) Kaltim adalah pertemuan JIPP Kaltara dan Kalbar pada 2018 mendatang.

“Sementara pos pemeriksaan pada jalur perbatasan-Mahulu-Kubar-Samarinda perlu dipertimbangkan. Hal ini penting karena besar kemungkinan akan menjadi jalur rawan kriminalitas,” katanya.

Disisi lain, Kepala Bappeda Kaltim,  Zairin Zain dalam sambutannya mengatakan, dalam beberapa pertemuan dari hasil evaluasi bahwa RTR Kaltim belum sepenuhnya valid karena beberapa faktor.

RTRWP Kaltim telah mengharmonisasi kebutuhan ruang bagi pemanfaatan Sumber Daya Alam secara bijak untuk mendukung ekonomi berkelanjutan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata;

“Kebijakan dan Strategi RTRWP Kaltim telah disinkronkan dengan Agenda Prioritas Pembangunan Nasional (Nawacita), RTRW Nasional, RTR Pulau Kalimantan, dan RTR Perbatasan Kalimantan, serta Kebijakan Sektor,” ujar Zairin.

RTRWP Kaltim, baik secara struktur maupun pola ruang, sudah sejalan dengan arah jangka panjang dan menengah pembangunan Kaltim yang dituangkan dalam RPJMD, RPJPD, dan Visi Kaltim 2030.

“Namun, kebutuhan ruang untuk peruntukan kawasan pertahanan dan keamanan belum disinkronisasikan dan diharmonisasikan dengan RTR Wilayah Pertahanan. Sehingga, besar harapan kami melalui rapat kerja ini menjadi awal sinergitas dokumen perencanaan. Sehingga RTR Wilayah Pertahanan dapat bersinergi dan terintegrasi dengan RTRW Provinsi Kalimantan Timur dan RTRW Kabupaten/Kot,a” sambung Zairin.

Raker yang berlangsung pada Kamis (20/7) di Ruang Propeda Bappeda Kaltim ini di hadiri oleh Dinas Perkebunan, Distamben, Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Dinas PUPR, Biro Infrastruktur, DPMPTSP dan Dinas Perhubungan.

Materi paparan diberikan oleh Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Irwan S P Siagian, Komandan Lanud Balikpapan melalui Kadis OPS Letkol Lek H Markonery, Asrendam VI/Mulawarman Dikson. (vb/rdg)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.