Inflasi Kaltim pada Juni 2017 Relatif Terkendali

July 16, 2017 by  
Filed under Kalimantan Timur

VIVABORNEO.COM, Kaltim mengalami inflasi sebesar 0,98% (mtm), meningkat dibandingkan inflasi Mei 2017 sebesar 0,36% (mtm).  Penghitungan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan dimana sejumlah barang kebutuhan meningkat.

“Capaian inflasi Kaltim bulan ini masih tetap sama yakni lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional yang mencapai 0,69% (mtm). Komoditas utama penyumbang inflasi bulan Juni 2017 adalah kenaikan biaya transportasi, bahan makanan dan penghapusan subsidi listrik tahap ketiga atau yang terakhir bagi pelanggan golongan 900 VA,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Muhammad Nur, awal Juli lalu.

Muhammad Nur menjelaskan, selain itu, terdapat beberapa komoditas pangan yang memberikan tekanan inflasi pada Juni 2017 yaitu ikan layang, tomat sayur dan kacang panjang. Sementara itu, komoditas pangan seperti bawang putih dan cabai rawit mengalami deflasi.

Dilihat dari pembentuknya, inflasi di Kaltim yang terjadi pada Juni 2017 sangat dipengaruhi oleh inflasi yang terjadi dari kelompok administered prices terutama dari angkutan udara dan tarif listrik. Sementara itu, pada kelompok core dan kelompok volatile foods inflasi disebabkan masing-masing oleh kenaikan harga pasir dan ikan layang.

Beberapa fokus utama  yaitu memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan pokok dan distribusi energi (BBM dan LPG), peningkatan kualitas infrastruktur.

Selain itu, Bank Indonesia secara konsisten melakukan asesmen terkait perkembangan perekonomian dan inflasi Kaltim terkini guna menuju sasaran inflasi akhir tahun sebesar 4+1% (yoy).

“Meskipun laju inflasi sepanjang Januari-Juni 2017 relatif masih terkendali, namun perlu tetap waspada atas beberapa risiko lonjakan harga menjelang periode musiman pasca Hari raya Idul Fitri. Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur bersama TPID akan terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan pergerakan inflasi secara khusus dan perekonomian secara umum baik domestik maupun eksternal,” ucapnya.(vb/yul)

 

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.