Dinas Sosial Lakukan Verifikasi Data PBI Kemensos

July 12, 2017 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

VIVABORNEO.COM, Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan verifikasi data Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang bersumber dari bantuan Kementerian Sosial untuk warga miskin.

Sebelumnya terdapat selisih data sebayak 30 ribu jiwa antara data Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten PPU.  Ini menyebabkan, masih banyak warga miskin yang tidak masuk dalam penerima manfaat PBI ini.

Setelah dilakukan validasi dan verifikasi data pada tingkat kelurahan dan desa, selisih data hanya ditemukan sebesar 8.127 jiwa saja.

“Banyak data penerima PBI yang telah meninggal, pindah tempat, alamat tidak ditemukan, penerima anggota TNI dan PNS (yang terbilang mampu) serta, masih ada nama ganda,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab PPU, Herlambang saat verifikasi data, Selasa (11/7/17).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, H. Tohar menjelaskan data yang telah diverifikasi ini akan diserahkan kepada Kementerian Sosial paling lambat tanggal 26 Juli, sehingga warga miskin yang belum masuk dalam penerima bantuan iuran BPJS, dapat tercakup dalam data baru ini.

“Kami meminta masyarakat yang telah mampu secara ekonomi agar dapat menjadi peserta BPJS mandiri. Jangan ikut-ikutan memanfaatkan fasilitas yang diberikan untuk warga miskin,” tegasnya.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.