Pasar Tani Bantu Promosikan Hasil Produksi Petani

June 13, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan (P2TP) Kaltim menggelar pasar tani untuk membantu petani memasarkan produksi hasil pertaniannya. Adapun barang yang dijual mulai dari beras baru, buah, sayuran, serta aneka produk olahan pertanian, termasuk sembako dengan harga realtif lebih murah ketimbang harga pasaran.

Sebagai contoh beras baru dijual dengan harga Rp 40 ribu/bungkus kemasan 5 kg, bawang merah Rp 10 ribu/bungkus kemasan ½ kg, bawang putih Rp 10 ribu/bungkus kemasan ¼ kg, serta tempe bungkus daun Rp 5 ribu/bungkus isi 10 biji tempe.

“Kita setiap tahun mengadakan bazar petani. Dicoba sekali melaksanakannya selama Ramadhan 1438 Hijriah/2017. Mudahan bermanfaat membantu petani memasarkan produksinya dan masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan harga lebih murah,” sebut Kepala Dinas P2TP Kaltim, Ibrahim saat pasar tani, di Halaman Kantor Dinas P2TP Kaltim, Senin (12/6/2017).

Menurut Ibrahm pada pasar tani kali ini sebagian besar petani hadir mempromosikan dagangannya. Mereka membawa beras baru hasil produksi petani dari Kabupaten Paser yang merupakan binaan Pemprov Kaltim.

Sejauh ini pemprov memberi bantuan untuk pengembangan usaha pertaniannya mulai dari alat panen, alat pengering padi, hingga pengolah menjadi beras. “Hasil produksinya yang dijual disini dengan harga murah. Biasanya dijual di toko tani pedesaan dan kecamatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat,” katanya.

Biasanya bahkan produksi petani belum sempat dijual keluar sudah habis untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat setempat. Karenanya dinilai perlu terus ditingkatkan produksinya agar juga bisa dijual keluar, minimal memenuhi kebutuhan seluruh wilayah Kaltim.

Lainnya, petani menjual aneka buah dan sayuran segar, serta produk turunan pertanian seperti tempe dan tahu asal Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara yang terkenal kelezatannya.(arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.