UKW Balikpapan Luluskan 23 Wartawan yang Berkompeten

April 22, 2017 by  
Filed under Balikpapan

VIVABORNEO.COM,   Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltim Angkatan ke-10 yang dilaksanakan oleh PWI Kota Balikpapan diikuti oleh 28 peserta.

Di akhir UKW,  saat acara penutupan  pada Jumat (21/4/17) siang, para penguji dari PWI Pusat menilai dan memutuskan terdapat lima orang wartawan  peserta yang dinyatakan tidak kompeten.

Acara yang digelar selama dua hari di Hotel Platinum Balikpapan ini diawali dengan Safari Jurnalistik oleh PWI Pusat berlangsung dari  tanggal 20—21 April 2017. Kegiatan Safari Jurnalistik yang disponsori oleh PT Nestle Indonesia ini, tidak saja dilaksanakan di Kota Balikpapan tetapi juga dilaksanakan di  Kota Pangkal Pinang, Balikpapa, Solo, Jayapura dan Bandung.

Dalam pelaksanaan UKW, terdapat tiga tingkatan yaitu wartawan muda yang diikuti 14 peserta, wartawan madya diikuti 7 peserta dan wartawan utara diikuti sebanyak 7 peserta.

Sekretaris Jenderal PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan pekerjaan seorang wartawan dituntut selalu professional dan elegan. Untuk itulah wartawan harus memiliki kemampuan yang profesional, berwawasan dan beretika.

Mewakili PWI Pusat, Marah Sakti Siregar menjelaskan bahwa saat ini terdapat 14.000 wartawan anggota PWI di seluruh  Indonesia dan baru 7.000 orang yang telah mengikuti dan memiliki sertifikasi UKW.

“UKW ini berkaitan dengan perkembangan media yang begitu cepat. Jika dahulu yang menyampaikan berita adalah wartawan yang memiliki media, maka saat ii siapa saja dapat menyampaikan informasi melalui tehnologi yang dimiliki dan berkembang begitu cepat. Untuk membedakan produk itulah perlunya dilakukan sertifikasi bagi wartawan yang benar-benar bekerja untuk media,” tegasnya.

Ketua PWI Balikpapan Sumarsono mengatakan kegiatan UKW yang dilaksanakan di Balikpapan ini tidak saja diikuti oleh peserta dari tuan rumah, tetapi juga diikuti oleh beberapa kabupaten lainnya seperti Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Sementara itu, Ketua PWi Kaltim, Endro S. Efendi mengatakan PWI Kaltim menjelaskan UKW adalah satu syarat yang diwajibkan oleh Dewan Pers agar setiap wartawan memiliki sertifikasi atau kompeten.

“Wartawan adalah orang yang dapat mengoreksi dan mengkritisi kebijakan pemerintah dalam mengawal pembangunan. Jangan sampai wartawannya sendiri justru tidak memperbaiki diri di tengah media sosial yang berkembang pesat seperti ini,” ujarnya.

Kepada 23 orang yang lulus uji kompetensi ini, Dewan Pers yang menaungi seluruh media di Indonesia akan mengeluarkan sertifikat dan kartu UKW, yang menyatakan pemegang kartu adalah benar-benar wartawan yang memiliki media dan dapat bekerja secara profesional, berwawasan dan beretika dalam meliput serta menuliskan berita yang di dapat di lapangan.(vb/yul)

 

 

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "UKW Balikpapan Luluskan 23 Wartawan yang Berkompeten"

  1. Elly Darmawati on Fri, 19th May 2017 9:04 am 

    Sangat bermanfaat, safari jurnalistik ini. Kegiatan safari benar-benar bikin semangat.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.