Ekstensifikasi Kebun Karet akan Pertahankan Tanaman Spesifik

April 21, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA,  Dinas Perkebunan Kalimantan Timur (Kaltim) kembali melakukan kegiatan ekstensifikasi atau penanaman baru komoditi karet seluas 20 Ha. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai kesinambungan sektor perkebunan yang menjadi andalan.
Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan dalam upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan tahun 2017, tidak hanya mengembangkan komoditi unggulan berupa kelapa sawit saja, tetapi juga dengan mengembangkan komoditi unggulan lainnya, seperti karet.

“Kegiatan ekstensifikasi perkebunan karet seluas 20 hektar, rencananya akan dilaksanakan di desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara,” papar Ujang, saat ditemui Senin (17/04/17).

Sebelumnya, Disbun Kaltim juga telah melakukan ekstensifikasi untuk beberapa komoditi unggulan Kaltim untuk komoditas lada, kelapa sawit dan juga karet ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah menambahkan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi di wilayah ekstensifikasi perkebunan tersebut

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat petani dan lahan serta untuk memelihara komoditi spesifik lokal.
Tanaman spesifik lokal  yang sebelumnya sudah ada tetap  dipertahankan keberadaannya, dipelihara dan ditingkatkan produktivitasnya.

Dengan adanya ekstensifikasi ini, diperlukan juga sosialisasi calon petani dan calon lahan (CP/CP) untuk bantuan bibit dan saprodi. Selain itu, diharapkan  petani nantinya penerima bantuan agar mampu menambah dan memperluas lapangan kerja bagi petani pekebun karet. (vb/yul/rey/disbun)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.