Islamic Center Kaltim Disarankan Jadi Destinasi Wisata Rohani Nasional

April 6, 2017 by  
Filed under Wisata

SAMARINDA – Masjid Baitul Muttaqin yang merupakan Islamic Center Kaltim diharap menjadi salah satu destinasi atau daerah tujuan wisata unggulan di Kota Samarinda. Karenanya Islamic Center Kaltim disarankan agar ditetapkan sebagai destinasi wisata rohani secara nasional.

“Sudah minta dengan Dinas Pariwisata Kaltim agar mengusulkan itu. Keindahan dan kemegahan Islamic Center dinilai layak ditetapkan jadi salah satu destinasi wisata rohani,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek, di Samarinda, Rabu (5/4/2017).

Kemegahannya disebut pernah mendapat pengakuan dari wisatawan mancanegara. Kala itu, kata gubernur, ia pernah diwawancarai wartawan dari Perancis yang mengaku kagum dengan kemegahan bagunannya. Terlebih seluruh biaya pembangunannya dibiayai APBD Kaltim tanpa sepeserpun menerima bantuan dari pihak luar.

Itu sebabnya, ia berharap agar Badan Pengelola Islamic Center ke depan lebih menyemarakan kegiatan di masjid. Tidak sebatas untuk melaksanakan ibadah shalat wajib berjamah, melainkan diharap menjadi pusat pedaban kegiatan islam.

“Setiap saat harus ada kegiatan rutin agar menjadi daya tarik tersendiri. Silahkan organisasi keagamaan memanfaatkan melaksanaa berbagai kegiatan masing-masing,” sebutnya.

Sebagai penunjang, fasilitasnya juga disarankan harus dilengkapi. Jika saat ini sudah ada perpustakaan pengelola diminta menggiatkan kegiatan pengkajian ajaran Islam di dalamnya.

“Bukunya silahkan dilengkapi. Saya pribadi sudah menyumbang buku untuk kepentingan pengembangan keilmuan di perpusatakaan masjid,” sebutnya.

Gubernur mengaku kebijakannya tersebut sesuai target pembangunan Kaltim mencari alternatif baru penggerak perekonomian daerah pasci migas dan batubara. Tindak lanjutnya Pemprov Kaltim terus berupaya menggali potensi sektor pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisata ke Kaltim yang dapat berimbas meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat.(arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.