Petani Diajak Lanjutkan Gerakan Tanam Singkong

April 6, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

KAUBUN – Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak mengajak para petani untuk terus melanjutkan gerakan tanam singkong di lahan pertanian masing-masing. Sebab singkong merupakan salah satu komoditi pangan yang diangap potensial dikembangkan menjadi agroindustrI.

“Jangan berhenti disini. Yang sudah dilakukan cukup bagus. Terus lanjutkan dan dikembangkan dengan baik,” kata Gubernur Faroek saat meresmikan Pabrik Mocaf UKM, di Desa Kadungan Jaya, Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, baru-baru ini.

Menurut gubernur, produksi hasil petani nantinya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan bahan baku industri pengolahan yang sedang dikembangkan di Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK).

Tahap awal, telah dikembangkan pabrik pengolahan tepung singkong dan tepung pisang. Kedepan gubernur berharap akan terus dikembangkan menjadi berbagai produk turunan berupa gas metan untuk bahan bakar kendaraan bermotor alternatif.

“Nantinya kita akan membentuk perusda yang secara khusus mengumpulkan hasil produksi petani. Dibeli dengan harga tinggi. Jadi hasil produksi petani pasti terbeli untuk bahan baku industri pengolahan tersebut,” sebutnya.

Selain itu, petani setempat juga bisa memproduksinya di pabrik mocaf yang dikembangkan melalui koperasi petani. Apalagi informasinya potensi yang dikembangkan cukup besar, yakni 1.500 kilogram perhari. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.