ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Yusran Aspar : Penambahan Tinggi Jembatan Teluk Balikpapan Omong Kosong

March 29, 2017 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Share this news

VIVABORNEO.COM, Setelah sempat menolak lahannya dilalui oleh pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU),  kini   PT Pertamina meminta ketinggian jembatan ditambah dari rencana awal 50 meter menjadi 61.03  meter.

Konsekuensi dari penambahan ketinggian jembatan  adalah membengkaknya biaya yang akan dikeluarkan  hingga mengubah rancangan dan struktur jembatan kelak.

Padahal, Bupati Yusran Aspar menginginkan agar pembangunan jembatan yang diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat ini, dapat dilakukan pemancangan tiang jembatan (ground breaking) di tahun ini.

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar  sempat berang mengetahui surat dari PT Pertamina ini. Menurutnya, semua perencanaan pembangunan telah melalui serangkaian uji dan kajian yang matang

“Pada tahap awal kami telah menyewa jasa ITS (Institut Tekhnologi Surabaya  untuk FS (feasibleity studies) dan final FS kami gunakan ITB (Institut Tekhnologi Bandung). Semua menyatakan ketinggian jembatan aman untuk pelayaran,” ujar Yusran dengan nada tinggi, ketika ditemui Rabu (22/3/17).

Menurut Yusran Aspar, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pun sudah setuju jika ketinggian jembatan ini hanya  50 meter. Menurut gubernur,  ketinggian 50 meter sudah sangat ideal dan masih bisa dilalui kapal-kapal besar dibawahnya.

Yusran Aspar sangat menyayangkan sikap PT Pertamina, yang seolah-olah menolak pembangunan jembatan tol tersebut, dengan berbagai alasan  mulai dari tidak setuju lahannya dilalui jembatan hingga alasan ketinggian jembatan yang dapat menghambat kapal-kapal milik Pertamina yang lalu lalang mengangkut minyak di sisi Kota Balikpapan.

“Urusan ketinggian bukan urusan Pertamina tapi urusan Kementerian Perhubungan. Kami tutup mata saja saat ini. (Pembangunan) akan kami lanjutkan sesuai rencana,” tegasnya.

Pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan ini nantinya selain menghubungkan Kota Penajam dan Balikpapan,  juga akan menjadi jembatan yang akan langsung terhubung dengan Bandara Internasional Sepinggan dan jalan tol Balikpapan-Samarinda.(vb/yul)

 

 

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.