Kabupaten PPU telah Launching Kartu Identitas Anak

March 18, 2017 by  
Filed under PPU

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) secara resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang ditandai dengan penerbitan awal KIA  yang diserahkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Alimuddin,  pada launching KIA  di kantor Disdukcapil, Rabu (08/03/17).

“Kabupaten Penajam Paser Utara terpilih sebagai satu dari 50 kabupaten  dan kota di Indonesia untuk meluncurkan KIA ini di tahun 2016 sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” terang Kepala Disdukcapil, Suyanto kepada vivaborneo.com.

Pada penerbitan awal KIA  di PPU  ditandai dengan penyerahan KIA kepada para  Kepala Sekolah Tingkat SD dan SMP.

Ketentuan KIA  berdasarkan Permendagri Nomor 2 tahun 2016, anak-anak usia 0 tahun hingga 17 tahun kurang 1 hari, akan dibuatkan kartu identitas yang sama fungsinya dengan Kartu Tanda Penduduk milik orang dewasa.

KIA  akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus paspor atau ke Puskemas hingga urusan kepolisian dan perbankkan.

KIA  juga setara dengan Kartu Tanda Penduduk sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai nanti waktunya anak-anak ini berkewajiban memiliki KTP yang berlaku seumur hidup.

Penerbitan KIA ini sesuai dengan ketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia dan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Pemkab PPU  menyambut baik dan siap melaksanakan program penerapan KIA  sebagai wujud kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi anak,  terutama dalam mewujudkan salah satu program Kabupaten PPU yaitu sebagai kabupaten layak anak” ujar Alimuddin.

Kartu Identitas Anak kedepannya akan memberikan manfaat dan nilai tambah karena dapat digunakan sebagai persyaratan perjanjian dan kerjasama dengan pihak ketiga yang bergerak dibidang toko buku, taman bacaan, tempat bermain, tempat rekreasi dan usaha ekonomi lainnya.

Alimuddin menghimbau kepada instansi terkait dan pengusaha lainnya untuk dapat melakukan kerjasama dalam memaksimalkan penggunaan dan pemanfaatan kia sehingga dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat di bumi benuo taka ini.(vb/yul/ike/*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.