200 Perusahaan Mitra Kerja TEPI Ikuti Forum Komunikasi K3LL

February 22, 2017 by  
Filed under Profil

BALIKPAPAN, VIVABORNEO.COM, Total E&P Indonesie (TEPI) kembali mengadakan forum komunikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3LL) atau Health, Safety & Environment (HSE) bertajuk HSE Communication Forum 2017 di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada Rabu (22/2/2017)Pada kegiatan ini, TEPI mengundang 200 mitra kerja yang mempunyai kontrak pengadaan barang dan jasa dengan kualifikasi usaha kecil, menengah, dan besar yang masih berlaku pada periode 2016 – 2017 dan ataupun yang pernah terdaftar pada tahun 2016. Acara ini dihadiri pula para pejabat dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, maupun SKKMigas Perwakilan Kalimantan – Sulawesi.

Ketika membuka forum komunikasi ini,  President & General Manager TEPI, Arividya Noviyanto mengharapkan agar melalui kegiatan ini tercapai suatu pemahaman bersama akan pentingnya peningkatan kemitraan yang berlandaskan pada komitmen HSE yang telah disepakati.

“Dengan pemahaman yang sama terhadap standar HSE, akan tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan operasi yang aman. Pada ujungnya akan terjadi peningkakan produktifitas dan keuntungan bagi semua pihak dalam operasi jangka panjang, baik itu Total E&P Indonesie maupun para mitra kerja,“ katanya, kepada sekitar 400 hadirin.

Pada pertemuan ini  Manajemen TEPI memaparkan  pencapaian kinerja HSE  2016 dimana dicapai rekor setahun penuh tanpa terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan kehilangan hari kerja (Lost Time Injury atau LTI), dan fokus pencapaian HSE pada 2017.

Kemudian, diserahkan pula Mahakam Award 2016, yang merupakan penghargaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Perlindungan Lingkungan kepada para mitra kerja TEPI yang dinilai berprestasi.

Para penerima Mahakam Award 2016 adalah:

–       Safety Performance of High Risk Contract >400.000 Man-Hours: PT Elnusa, Tbk

–       Safety Peformance of High Risk Contract 200.000 to 400.000 Man-Hours: PT Adimas Kertajaya

–       Safety Performance of High Risk Contract <200.000 Man-Hours: PT Logindo Samudra Makmur, Tbk

–       Safety Performance of Medium Risk Contract: PT Inconis Nusa Jaya

–       The Most Improved Camp Accommodation: PT  Surveyor Indonesia (Handil)

–       The Most CeRMAT Frequency: PT Halliburton Indonesia

–       The Best HSE Management System Contractor Mentorship Program: PT Warga Kusuma Jaya

–       Societal Award: PT Meindo Elang Indah (Lifting operation at Handil II Base)

–       Environmental Award: PT Holcim Indonesia,Tbk

–       HSE Appreciation for Contractor Employee: Bambang Irawan dari PT. Nesitor

Selanjutnya, pada siang harinya di tempat yang sama,  berbagai perusahaan mitra kerja TEPI tersebut mengikuti kegiatan Forum Komunikasi Rantai Pengadaan Barang dan Jasa 2017 (Supply Chain Communication Forum 2017) untuk mengikuti paparan tentang pencapaian kinerja sepanjang 2016, dan pemaparan mengenai rencana kerja di tahun 2017.

Bekapai Phase 2B Project salah satu lapangan migas andalan yang dikelola Total Indonesie.(foto:TEPI)

Pada kesempatan itu dijabarkan pula mengenai sistem kontrak dan pengadaan barang dan jasa di masa transisi. Pada acara SCCF 2017 ini, hadir pula perwakilan Pertamina Hulu Mahakam, yang adalah operator baru Blok Mahakam mulai 1 Januari 2018.

Penghargaan juga diberikan kepada kontraktor dengan kinerja terbaik selama pelaksanaan kontrak di tahun 2016 untuk pengadaan barang dan pengadaan jasa dengan kategori perusahan usaha besar, perusahan usaha menengah dan perusahaan usaha kecil.

 

Sekilas Tentang Total di Indonesia

Total telah beroperasi di Indonesia sejak 1968 dengan mengoperasikan blok lepas pantai Mahakam (50% partisipasi sebagai operator, 50% INPEX Ltd) di Kalimantan Timur. Lapangan-lapangan di Blok Mahakam meliputi Peciko dan Tunu (gas), Tambora dan South Mahakam (gas dan kondensat),  serta Bekapai dan Handil (minyak).

Total juga menjadi operator di lapangan gas Sisi-Nubi dengan partisipasi 47,9%. Operasi yang begitu besar menempatkan Total pada 2012 sebagai operator produsen gas dan minyak terbesar di Indonesia (dalam skala barel  setara minyak). 

Total saat ini menyuplai 80% kebutuhan gas kilang LNG Bontang dengan produksi gas pada 2016 sebesar 1.638 MMSCF/d dan 64.000 BOD untuk likuid (minyak dan kondensat).

Sebagai bagian dari program CSR di Indonesia, Total terlibat aktif dalam pemberdayaan dan pengembangan kapasitas masyarakat yang tertuang dalam berbagai program pendidikan dan riset, kesehatan dan nutrisi, pemberdayaan ekonomi, serta pelestarian lingkungan dan pengembangan energy alternative. Upaya-upaya ini sejalan secara konsisten dengan komitmen Total dalam menjawab tantangan pembangunan yang berkelanjutan. (VBYUL/*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.