Kaltim Fokus Kembangkan Karet Rakyat

February 22, 2017 by  
Filed under Agrobisnis, Berita

SAMARINDA – Membaiknya harga karet nasional membuat petani kembali bergairah mengurus kebun karet yang dimiliki. Begitupun, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim)  terus berupaya memacu peningkatan produksi getah karet dengan focus pada pengembangan tanaman rakyat.“Tahun ini kita kembali mendapat dukungan dana dari APBD maupun APBN untuk memacu pengembangan tanaman karet melalui kebun rakyat untuk perluasan lahan dan kegiatan peremajaan,” kata Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad, Senin (20/2).

Ujang menyebutkan melalui APBD mendapat alokasi  ekstensifikasi  lahan kebun rakyat seluas 20 hektar. Sementara alokasi bersumber dari APBN untuk kegiatan peremajaan kebun karet rakyat sekitar 100 hektar dilakukan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ujang menjelaskan pihaknya terus berupaya melakukan optimalisasi kegiatan pro rakyat khususnya pengembangan komoditi unggulan tanaman perkebunan selain kelapa sawit.

Dari data Disbun Kaltim, luasan lahan  kebun karet Kaltim sekitar 113.739 hektar sedangkan terluas berada di wilayah Kutai Barat mencapai 44.085 hektar.

Khusus kebun karet rakyat mencapai 58.262 hektar dari 113.739 hektar dan terluas berada di Kutai Barat sekitar 35.516 hektar.

“Perkebunan karet kita meliputi di sepuluh daerah atau seluruh kabupaten dan kota di Kaltim. Namun terbesar di wilayah Kutai Barat
sedangkan terkecil di Bontang,” ungkap Ujang.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.