Eropa dan Amerika Serikat Waspadai Ikan Basa Fillet Beku

February 14, 2017 by  
Filed under Artikel, Kesehatan

VIVA.co.id – Ikan basa sangat populer di seluruh Eropa dan Amerika Serikat, karena harganya yang relatif murah. Ikan basa merupakan bagian dari keluarga ikan lele yang terdiri dari 21 spesies yang berbeda.Mungkin Anda bertanya-tanya, dengan harganya yang relatif rendah, apakah ikan ini memiliki kualitas yang baik? Ya, beberapa fakta mengenai ikan basa berikut ini akan mengejutkan Anda.

Ikan basa (Pangasius) dijual dalam bentuk fillet beku di seluruh Eropa dengan harga yang sangat murah. Tapi, Anda harus sangat berhati-hati, karena ikan yang berasal dari Vietnam ini sangat rendah dalam hal kualitas dan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda.

Ikan basa fillet yang di impor dari Vietnam ini menjadi tidak sehat karena para ahli menduga air Sungai Mekong tempat hidup ikan yang dikenal sebagai “Ikan Patin” ini, habitatnya tercemar oleh logam berat seperti klorat, isomer, hexachloromenzene dan senyawa berbahaya lainnya.

Bahkan, Amerika Serikat resmi melarang peredaran ikan basa fillet ini, karena tingginya kontaminasi dan penggunaan antibiotic pada daging ikan beku ini.

ikan Patin alami dari Sungai Mahakam yang sehat dan bergizi karena hidupnya lepas liar di alam.(foto.dok vb)

Ya, ikan ini diduga disuntikkan suatu zat perangsang tumbuh sehingga ukuran dewasa ikan patin ini mencukupi untuk ekspor ke luar negeri. Namun akibat efek dari penyuntikan hormon ini sangat tidak baik bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa ikan ini dijual dengan harga murah di supermarket dengan maksud untuk menarik pembeli dan tidak menyadari kualitas ikan tersebut.

Ikan ini tidak mengandung nutrisi yang sehat dan tidak mengandung minyak omega-3 atau nutrisi penting lainnya yang biasa ditemukan di ikan alami.

Mungkin ikan ini hanya enak dalam rasa, namun sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Inilah alasan mengapa Anda harus menghindarinya.

Namun, kasus ini hanya terjadi di Eropa dan Amerika Serikat karena Indonesia tidak mengimpor daging beku fillet ikan Patin ini. Ikan Patin di Indonesia masih sangat sehat dan bergizi. Apalagi jika ibu-ibu membelinya di pasar tradsional yang terjaga kesegarannya.

Jadi, jangan khawatir memakan daging ikan Patin ini, kecuali Anda sedang berada atau sedang bermukin di Eropa dan Australia.(vb/yul)

Referensi : http://log.viva.co.id/news/read/880578-awas-jangan-konsumsi-ikan-ini-berbahaya-berita?ref=yfp

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.