Pelajar SD Antusias Ikuti Malam Pengamatan Bulan Internasional

October 11, 2016 by  
Filed under Kuliner

TENGGARONG – Puluhan pelajar nampak antusias mengikui malam pengamatan bulan Internasional atau Inomn (International Observe the Moon Night) di halaman SD Negeri 008 Kelurahan Baru, Tenggarong, Sabtu (08/10/2016) malam lalu mulai pukul 20.00 Wita. 

Ketua Komunitas Pencinta Astronomi (Kompas) Kukar, Wedy Handoko, mengatakan, malam pengamatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Kompas Goes To School dalam rangka memberikan edukasi tentang bulan.

“Ini bertepatan dengan malam pengamatan bulan Internasional, dan dipilihnya sekolah ini karena sebelumnya pelajar disini ingin kegiatan pengamatan Kompas dilaksanakan di sekolah mereka,” ujarnya.

Antusiasme para pelajar pun cukup tinggi, ini terlihat saat puluhan murid secara bergantian melihat bulan menggunakan 2 buah teropong jenis Star Hoc 90-11. “Mereka cukup antusias menyaksikan fenomena pengamatan bulan,” tutur Wedy.

Faktor cuaca yang memasuki musim penghujan sempat membuat bulan terhalang awan beberapa saat, namun demikian kondisi ini tidak mengurangi semangat para pelajar untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

“Untuk bulan sendiri masuk ke kuartir awal, mengapa kita pilih kuartir awal, karena pada saat ini fase-fase bulan lebih terlihat dari pada purnama. Kalau purnama sangat terang sehingga kita tidak bisa mengamati kawah-kawah yang ada di bulan,” terangnya.

Selain pengamatan, kata Wedy, para pelajar juga diberikan edukasi tentang astronomi. Rencananya Kompas Kukar juga akan menggelar pengamatan matahari di sekolah ini.

Kegiatan Kompas Goes To School sendiri telah berlangsung sejak tahun 2014, dan ada 6 sekolah dasar yang sudah dikunjungi. “Untuk SMU sederajat kita  sudah mengunjungi 3 sekolah dan untuk SMP ada 4 sekolah di seputar wilayah Tenggarong,” bebernya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 008, Encik Juraidah, merasa bersyukur dengan kehadiran Kompas Kukar yang telah memberikan edukasi astronomi serta kesempatan kepada anak didiknya untuk mengamati bulan menggunakan teleskop.

“Kegiatannya sangat berkesan dan saya berterima kasih atas kedatangan Kompas Kukar, karena ini juga ada kaitannya dengan pelajaran siswa kelas 6 tentang astronomi,” tukasnya.

Juraidah berharap, nantinya kegiatan serupa bisa kembali dilaksanakan di sekolahnya. “Saya berharap ini bermanfaat sehingga murid-murid disini bisa saling sharing dan bertukar pengalaman,” pungkasnya. (hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.