Kukar Tanam Padi Serentak di 85 Hektar Sawah Baru

September 24, 2016 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Kodim 0906 Tenggarong menggelar penanaman padi serantak secara nasional, yang secara simbolis dilaksanakan di desa Panca Jaya, kecamatan Muara Kaman, pada Jumat (23/9).

Wabup Kukar Edi Damansyah (batik biru) bersama Dandim 0906 Tenggarong Letkol Kavaleri Ari Pramana Sakti dan pejabat lainnya saat meresmikan penanaman serentak dilahan baru tersebut. (by hayru)

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kukar, Sumarlan mengatakan  pelaksanaan pekerjaan fisik sawah baru tersebut dilakukan dengan mekanisme swakelola bersama TNI, sehingga Kodim 0906 Tenggarong berposisi sebagai koordinator cetak sawah tersebut.

“Sawah baru seluas 85 hektar ini, merupakan hasil kegiatan perluasan sawah  dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Nasional) tahun anggaran 2016,”  ujar Sumarlan.

Lokasi 85 hektar sawah baru tersebut terdapat di tiga desa potensial pertanian di Muara Kaman, yaitu di desa Panca Jaya seluas 40 hektar lokasi dari kelompok tani Maju Jaya.

Kemudian di desa Sidomukti seluas 25 hektar, lokasi dari kelompok tani Subur Makmur, dan 20 hektar di Cipari Makmur yang merupakan lokasi kelompok Tunas Mekar.

Lokasi kegiatan perluasan sawah tersebut, menurut Sumarlan ditetapkan dengan mempertimbangkan tersedianya kelompok tani dan petani pemilik atau penggarap.

Kemudian, dilihat dari dinamika kelompok tani yang cukup baik, serta adanya indikasi dukungan yang cukup kuat dari pemerintah desa dan kecamatan setempat.

Untuk mempercepat pemanfaatan lahan pasca dicetak, Sumarlan mengatakan telah dilakukan pendampingan lapangan terhadap kelompok tani, kemuadian memberikan bantuan benih, pupuk, pestisida, herbisida, dan pompa air irigasi.

Sementara, Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Kavaleri Ari Pramana Sakti, menyampaikan harapan agar kedepan ada peningkatan dari petani baik dalam hal produksi maupun teknologi pertanian.

“Untuk mendukung hal tersebut, Kodim 0906 tenggarong siap membantu bekerjasama dengan pemkab Kukar,” ujarnya.

Kemudian dikatakannya, jika sudah berproduksi, diharapkan padi yang dihasilkan petani setempat bisa diserap Bulog dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kukar.(vb/hayru)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.