Sungai Surut, Harga Barang di Mahakam Ulu Melonjak

September 1, 2016 by  
Filed under Berita

VIVABORNEO.COM. Hujan yang tidak kunjung turun di hulu sungai Mahakam menyebabkan harga-harga kebutuhan pokok dan beberapa barang di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur, mengalami lonjakan yang sangat tinggi akibat distribusi yang terganggu.

Selama ini distribusi barang kebutuhan pokok dan beberapa bahan bangunan dilakukan oleh masyarakat melalui jalur sungai Mahakam yang  sangat tergantung terhadap pasang-surutnya air sungai.

Perahu panjang yang berfungsi mengangkut barang kebutuhan pokok kerap "istirahat" manakala air sungai sedang surut karena hujan yang tak kunjung turun.(dok.vb)

Jika air terlalu pasang, distribusi juga kerap terhambat karena kapal panjang bermesin ganda yang disebut “long boat” tidak mampu  melawan arus air yang sangat deras. Bagitupun sebaliknya, jika air surut seperti saat ini, kapal-kapal long boat ini kerap kandas di batuan sungai yang runcing dan tajam.

Sumber vivaborneo online di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Magdalena Tipung melaporkan harga-harga kebutuhan pokok seperti beras isi 25 kg seharga Rp450.000/ zak, Gula pasir Rp.25.000/kg, Bawang Merah dan Putih  Rp80.000/kg, Cabai rawit Rp.50.000/kg.

Untuk harga ayam potong hidup Rp450.000/ ekor (berat 2 kg), daging babi Rp50.000/kg,  ayam potong beku seharga Rp120.000/kg,   telor ayam seharga Rp4.000/butir atau Rp120.000/piring isi 30 butir.

Sementara itu harga bensin premium saat ini seharga Rp30.000/liter, minyak goreng merek Bimoli Rp60.000/2 liter dan harga tabung gas isi 3 kg dipatok harga Rp450.000 per tabung.

“Kondisi (harga)  ini biasanya akan turun 25-35 persen jika distribusi barang oleh pedagang lancar. Kami berharap, hujan segera turun dan distribusi barang kembali lancar dan harga sedikit turun,”harap Magdalena.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.