72 Grup Kesenian Lokal dan 9 Negara Meriahkan Erau 2016

August 10, 2016 by  
Filed under Artikel, Erau, Wisata

TENGGARONG – VIVABORNEO.COM,  Sebanyak 72 Grup kesenian lokal menyatakan siap berpartisipasi pada acara Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) yang dihadiri sembilan negara peserta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni, Selasa (9/8)  mengatakan, grup kesenian daerah tersebut akan tampil di empat venue atau lokasi selama pelaksanaan Erau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni

Empat lokasi tersebut yaitu di panggung lapangan basket tepi Mahakam Jalan KH A Muchsin, panggung Erau Expo di lapangan parkir Kompleks Aji Imbut, dan plaza utama Pulau Kumala pada kegiatan street performance.

“Kami memberikan kesempatan luas kepada kesenian daerah untuk tampil. Jadi tidak benar bahwa saat EIFAF hanya menyaksikan kesenian mancanegara. Tetapi lebih banyak kesenian lokal yang akan tampil,” tegasnya.

Lanjut Sri Wahyuni, kesenian lokal itu akan tampil bergantian dengan tim kesenian dari  sembilan negara yaitu  Amerika Serikat (Idaho), Lithuania, Estonia, Bulgaria, Canada, Polandia, Rumania, Rusia dan Taiwan, selama Erau  berlangsung 20-28 Agustus.

Pada pelaksanaan EIFAF, pengunjung setiap hari dapat menyaksikan kegiatan sakral yang diselenggarakan oleh  Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bertempat di keraton atau Museum Mulawarman, sebagai rangkaian acara inti pelaksanaan Erau.

Selain itu yang tiap tahun sangat berkesan bagi warga asing adalah  kegiatan duduk makan bersama secara adat Kutai yang disebut Beseprah, dengan aneka macam makanan dan kudapan ala Kutai.

“Event-event  tersebut tentunya sangat menarik untuk disaksikan, Banyak. kegiatan unik yang hanya ada di Tenggarong,  khususnya kegiatan sakral oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,” jelas  Sri Wahyuni.(vb/hayru/yul)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.