Lomba Foto Erau 2015 Masuki Tahap Pemilihan Foto Favorit

July 29, 2015 by  
Filed under Erau, Wisata

TENGGARONG – Sejak 13 Juli 2015, lomba foto Sparkling Erau 2015 yang dilakasanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) disponsori Bank Kaltim Cabang Tenggarong,  telah memasuki tahapan pemilihan Foto Favorit. 

Kadisbudpar Kukar Sri Wahyuni mengatakan, sampai hari Senin (27/7), dari 76 foto nominasi yang sudah memberikan tanda suka atau jempol sebanyak 4.041 orang, foto yang paling banyak disukai mendapatkan 313 tanda jempol. Untuk Polling dan dukungan foto favorit peserta cukup dengan menyatakan tanda suka atau pada foto nominasi, dengan membuka Facebook Visiting Kutai Kartanegara.

“Masih ada waktu sampai tanggal 13 Agustus 2015 bagi  peserta yang fotonya telah masuk nominasi untuk merebut juara favorit, dengan cara menggalang dukungan tanda suka jesebanyak – banyaknya dari masyarakat,” ujar Sri, Rabu (29/7).

Sri mengatakan dukungan terhadap foto nominasi ini, ternyata tidak hanya didukung oleh masyarakat dan pecinta photografi di Kalimantan Timur dan Indonesia, tetapi juga mendapat apresiasi dari luar negeri, yaitu termasuk para peserta Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) tahun 2015.

Menurut Sri, sambutan dan antusias masyarakat pada Lomba Foto Erau tahun ini cukup tinggi, yaitu dengan masuknya 123  peserta dengan jumlah 528  foto yang diterima panitia.

Fotografer Nasional Ray Bachtiar Drajad, yang juga juri lomba  foto tersebut berpendapat bahwa pelaksanaan lomba foto tahun ini progresnya lebih baik dari tahun sebelumnya, hal ini terlihat dari jumlah email dan foto yang masuk  serta kualitas foto peserta yang semakin baik.
Sehingga juri telah memilih sebanyak 76 foto Nominasi yang lebih banyak dari tahun sebelumnya yang berjumlah 30 foto nominasi. Selanjutnya dari foto nominasi ini akan dilombakan untuk pemilihan foto favorit dan pemilihan foto juara lainnya. untuk diketahui dari kiriman email dan foto yang masuk pada panitia, peserta lomba Foto Sparkling Erau  2015 diikuti dari dalam dan luar Kalimantan Timur

Lomba Foto Sparkling Erau 2015 ini memperebutkan total hadiah Rp 29,5 juta yang terdiri dari 2 kategori yaitu kategori Erau dan On The Spot Kirab Budaya International.

Penjurian dilakukan oleh Ray Bahtiar Drajad yang juga pendiri Kamera Lubang Jarum Indonesia, Bank Kaltim Cabang Tenggarong serta Kadisbudpar Sri Wahyuni.

Selain menjadi ajang kreatifitas bagi pecinta dan komunitas fotografi, melalui lomba foto tersebut diharapkan dapat memberikan informasi daya tarik wisata budaya kepada wisatawan. Serta lebih mengenalkan atau memperluas publikasi Potensi Wisata Budaya  dengan Event Erau Adat Kutai International Folk Art Festival ( EIFAF ).  (hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.