Dua Puluh Tim Ikuti Festival Dragon Boat Internasional

June 12, 2015 by  
Filed under Erau, Wisata

TENGGARONG – Sebanyak 20 tim dari 4 Negara mengikuti Festifal Dragon Boat Internasional Mahakam ke-2 atau The 2nd Mahakam International Dragon Boat Festival (MIDBF) 2015, dalam rangka Erau & International Folk Art Festival (EIFAF), di Tenggarong.
Empat Negara yang terlibat dalam MIDBF 2015 tersebut yaitu Rusia, Australia, Malaysia dan Indonesia. Tuan rumah diwakili beberapa tim dari beberapa Provinsi yaitu Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, serta beberapa tim dari kabupaten/kota di Kaltim.

Peserta dari Rusia dan Australia saat akan merapat di dermaga usai melaksanakan lomba. (hayru abdi)

MIDBF 2015 yang dilaksanakan mulai 11-13 Juni 2015 itu kegiatannya dipusatkan di Pualu Kumala, dengan lintasan lomba alur sungai Mahakam antara pulau wisata tersebut dengan jalan Wolter Monginsidi Timbau, Tenggarong.

Ketua Panitia MIDBF 2015, Junaidi mengatakan nomor yang dilombakan pada tahun ini yaitu 500 meter putera, puteri, dan mix (campuran) 10 pendayung, 500 meter mix 20 pendayung, kemudian 1000 meter putera, puteri, dan mix (campuran) 10 pendayung, serta 1000 meter campuran 20 pendayung.

“Pemenang berhak atas hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan,” ujar Junaidi saat ditemui disela-sela perlombaan, Jumat (12/6).

Junaidi mengatakan, tahun ini merupakan yang ke dua kalinya Kukar sebagai tuan rumah MIDBF, setelah 2014 lalu Kukar sukses menggelar event yang pertama. Sehingga menurutnya Kukar  telah tercatat sebagai anggota International Dragon Boat Federation (IDBF).

“Tercatatnya Kukar sebagai anggota IDBF itu, maka kita bisa melaksanakan MIDBF ini rutin tiap tahun,” ujarnya.

Junaidi mengatakan, selain memacu perkembangan olahraga Perahu Naga daerah, MIDBF sekaligus dapat memperkenalkan Kukar di mata Internasional.

Menurutnya, Tenggarong dilintasi Sungai Mahakam dan keberadaan Pulau Kumala yang didalamnya terdapat Resort untuk menginap, sangat mendukung berlangsungnya MIDBF tersebut.

“Peserta dari luar negeri umumnya terkesan dengan tempat pelaksanaan MIDBF ini, karena Pulau Kumala ini rindang dan cukup indah,” ujarnya.

Kedepan pihaknya akan terus membenahi pelaksanaan MIDBF, agar pelaksanaan event Inetrnasional tersebut semakin baik, dan diikuti peserta lebih banyak lagi. (hayru/vb)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.