Durian Lai Kutai Barat Diakui Sebagai Buah Unggul Nasional

January 14, 2015 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA, vivaborneo.com,  Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian Kementerian Pertanian  merilis buah Durian Lai sebagai bibit buah unggul nasional. Durian Lai yang berasal dari Kabupaten Kutai Barat ini, dikenal dengan nama lokal sebagai Holai Sentawar.

Durian Lai adalah perpaduan rasa antara durian (Durio zibethinus) dan durian lai (Durio Kutejensis). Buah Holai Sentawar ini perpaduan buah lai yang berwarna jingga dengan bentuk besar memanjang seperti buah durian.

Salah satu varietas buah Lai (DurioKutejensis) yang merupakan buah asli dari Kutai

“Tahun ini buah Holai yang merupakan buah khas lokal Kaltim dinyatakan sebagai bibit unggul nasional. Pengajuan buah Holai Sentawar dilakukan Bupati Kubar pada Oktober tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, Ir. Ibrahim, Rabu (14/1).

Pengakuan Kementan ini menurut Ibrahim, terus menambah daftar buah atau varietas unggul nasional asal Kaltim yang selama ini sudah banyak dinyatakan sebagai bibit unggul nasional.

Diantara bibit unggung nasional yang telah dirilis adalah  Durian Mawar dan Durian Ligit asal Kecamatan Long Iram Kubar serta Durian Salisun asal Nunukan. Durian Lai Kayan dan Duku Bulungan dari Bulungan maupun Lai Mahakam, Lai Kutai, Lai Batuah dan Lai Mandong asal Kutai Kartanegara.

Selain itu ada juga komoditi Jeruk Nipis Borneo asal Kubar dan Jeruk Keprok Borneo Prima dan Salak Sangatta asal Kutai Timur, Cempedak Malinau dan Manggis Malinau asal Malinau dan Pisang Kepok Gablok asal Samarinda.

“Tidak kurang ada 16 varietas atau buah  asal Kaltim termasuk Kaltara yang telah dinyatakan sebagai bibit unggul nasional. Selain itu ada tanaman pangan seperti Padi  Adan asal Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan yang telah mendapat sertifikat indikasi geograsis,” jelasnya.(vb/mas/yul)

 

Respon Pembaca

4 Komentar untuk "Durian Lai Kutai Barat Diakui Sebagai Buah Unggul Nasional"

  1. AhmadWitro on Mon, 18th May 2015 11:24 am 

    Sebagai warga asli Kaltim saya ikut merasa bangga atas prestasi buah lokal kita yang telah dinyatakan sebagai Varietas buah unggul nasional. Sebenarnya masih banyak buah lokal asli Kaltim yang belum diangkat potensinya. Tinggal bagaimana kerja keras kita agar buah asli Kaltim bisa tumbuh, berkembang dan lestari, Selamat dan Sukses buat penangkar buah Kubar.

  2. Didik hariyanto. on Sat, 21st Oct 2017 10:23 pm 

    bagaimana saya bisa membeli biji bibit durian Lay Kutei, lay mahakam dan Lay Rencong.mohon Pencerahannya Dinas Pertanian dan Holtilkultura

  3. Didik hariyanto. on Sat, 21st Oct 2017 10:25 pm 

    bagaimana saya bisa membeli biji bibit durian Lay Kutei, lay mahakam dan Lay Rencong.mohon Pencerahannya Dinas Pertanian dan Holtilkultura
    Kamarinda atau Kutei )

  4. Nurkolis on Mon, 21st Jan 2019 12:18 am 

    Kepingin dapat bibit yang di maksud dan yang berkualitas tidak baru di tanam dan buah sekali mati.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.