18 Peserta UKW Dinyatakan Kompeten

May 8, 2014 by  
Filed under Berita

 TENGGARONG – vivaborneo.com, Dari 28 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan PWI Cabang Kaltim, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan media online vivaborneo.com, yang dinyatakan kompeten sebanyak 18 peserta.

Kegaitan yang berlangsung selama dua hari  (7-8/Mei) ini diikuti kelompok peserta wartawan  utama sebanyak 7 peserta dan yang dinayatakan kompeten 2 orang, wartawan madya diikuti 7 peserta dinayatakan 5 orang serta  wartawan muda diikuti sebanyak 14 peserta dan yang kompeten sebanyak 11 orang.Mewakili PWI Pusat, salah seorang penguji Encup Subekti mengharapkan bagi wartawan yang belum lulus untuk terus meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan meningkatkan kemampuan dalam berbagai hal terkait kerja wartawan.

“Sebenarnya tidak ada yang tidak lulus, hanya belum berkompeten. Jadi peserta yang belum berkompeten ini dapat mengikuti UKW di lain waktu. JAdi teruslah belajar dan meningkatkan pengetahuan dan pergaulan,” ujarnya.

Menurutnya, penilaian seseorang berkompeten atau tidak menjadi wartawan tergantung dari wartawan itu sendiri. Saat ujian, tidak ada yang dapat dipelajari karena semua materi uji adalah tentang keseharian pekerjaan wartawan, yaitu menulis berita, menyunting, membuat rencana, membuat tajuk dan analisa, wawancara, jejaring dengan narasumber dan lain-lain.

Sementara itu, Wiwid Marhaerndra Wijaya yang merupakan Wakil Sekretaris PWI Cabang Kaltim yang juga panitia UKW di Kota Tenggarong ini menjelaskan anggota PWI Cabang Kaltim saat ini berjumlah 334 orang anggota dengan 115 orang anggota yang telah lulus Uji Kompetansi Wartawan.

“Memang jumlahnya belum mencapai 50 persen dari keseluruhan anggota PWI Kaltim. Untuk itu kita terus mendorong para anggota PWI di kabupaten/kota untuk ikut UKW ini di masa mendatang,” ujarnya.

UKW yang juga dirangkai dengan kegiatan Safari Jurnalistik ini berlangsung di Pendopo Wakil Bupati Kutai Kartanegara dan mayoritas diikuti oleh wartawan-wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Kabupaten Kutai Kartanegara.(vb/yul/foto:dok vb)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.