Pariwisata dan Olahraga, Media Tepat untuk Promosi Kaltim

December 29, 2009 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) Firminus Kunum mengatakan olahraga dan pariwisata tidak dapat dipisahkan. Keduanya bisa saling mendukung dan saling memberi pengaruh positif. “Menurut saya olahraga dan pariwisata akan saling mendukung. Saya kira  ini masukan bagi kami dan juga dinas terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim untuk lebih mengkomunikasikan dan mensinergikan bidang keolahragaan dan kepariwisataan yang di dalamnya termasuk unsur-unsur seni budaya,” kata Firminus di tengah sesi diskusi Lokakarya Penentuan Cabang Olahraga Unggulan Sekolah Khusus Olahragarawan Terpadu Menuju Prestasi Internasional di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (29/12).

Ada banyak contoh yang bisa ditarik dari penyatuan olahraga dan pengembangan pariwisata di Kaltim. Firminus menyebut beberapa event olahraga nasional yang digelar di Kaltim beberapa tahun terakhir. Ada Pekan Olahraga Pelajar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas) dan event paling bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Juli 2008 lalu.

Saat gelaran event-event nasional tersebut, rangkaian seni budaya terkait pariwisata Kaltim selalu menjadi penghias kemeriahan acara. Perlahan gaung pariwisata Kaltim pun ikut terangkat lewat berbagai kesempatan tersebut.
“Berbagai gelaran event olahraga nasional di Kaltim menjadi lebih semarak dan bergairah dengan penampilan beragam karya seni budaya daerah Kaltim. Jadi ada keterkaitan yang kuat di sini. Sebab itu,  ke depan hal ini perlu kita kelola agar lebih baik lagi,” kata Firminus Kunum.

Salah satu bentuk paduan olahraga dan pariwisata yang sukses digelar di penghujung 2009 adalah Borneo Equator Expedition Offroad dan Wisata Rally Nasional 2009 yang berakhir di Samarinda, pekan lalu.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim H Masri Hadi mengaku sangat sependapat dengan pola pikir tersebut. Menurutnya olahraga sangat potensial untuk mendukung gairah pariwisata Kaltim begitupun sebaliknya.

“Olahraga dan pariwisata adalah  media promosi yang tepat untuk Kaltim. Ini masukan yang baik dan kami akan mensinergikannya dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Masri Hadi usai acara. (vb-04)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.