Merebahkan Ayu Akhiri Pesta Adat Erau

July 9, 2013 by  
Filed under Erau

TENGGARONG – vivaborneo.com, Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura secara resmi mengakhiri pelaksanaan pesta Erau Adat Pelas Benua dan Internasional Folklore and Art Festival (EIFAF) 2013 melalui upacara adat Merebahkan Ayu.

Upacara adat berlangsung khitmad dan sederhana itu digelar di Keraton Kutai Kartanegara atau Museum Mulawarman, Tenggarong, Senin (8/7).

Prosesi Merebahkan Ayu itu dilakukan oleh 4 orang kerabat Keraton dan pejabat, termasuk didalamnya Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf, dan Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong Kartim.

Sementara Menteri Sekretaris Keraton HAP Gondo Prawiro bertugas menyambut ujung/kepala Ayu. Prosesi tersebut disaksikan oleh Sultan Kutai H Adji Mohammad Salehoeddin II Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat serta para kerabat Keraton.

Setelah Ayu direbahkan, dilanjutkan dengan ritual tepong tawar oleh seorang pawang perempuan yang disebut Dewa, Arbaenah (85). Pertama-tama, wanita sepuh ini memercikkan air ke Ayu yang telah dibaringkan, selanjutnya kepada Sultan HAM Salehoeddin II, Putra Mahkota serta kerabat Keraton lainnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan do’a selamat yang dipimpin oleh seorang kerabat Keraton tanda rasa syukur kepada Allah SWT bahwa Erau telah berlangsung sukses.

Usai melaksanakan upacara merebahkan Ayu, seluruh kerabat Keraton mulai dari panitia, petugas adat, Belian dan Dewa hingga pasukan Kesultanan, menghaturkan sembah dan menyalami Sultan Kutai bersama ketiga putranya.

“Dengan dilaksanakannya Merebahkan Ayu, maka Erau Adat Keraton Kutai Kartanegara resmi berakhir,” ujar HAP Gondo Prawiro yang juga mantan Sekretaris Kabupaten Kukar ini saat ditemui usai acara tersebut.

Sementara Wakil Bupati Kukar Ghufron Yusuf, mengungkapkan bersyukur karena pelaksanaan Erau 2013 berjalan lancar dan sukses. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya Erau tersebut. Diantaranya Pemprov Kaltim, Pemkab Kukar, perusahaan-perusahaan, serta seluruh masyarakat Kaltim dan Kukar khususnya,” ujarnya usai acara tersebut.(vb/rahman)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.