Wartawan Harus Semakin Profesional

December 6, 2009 by  
Filed under Berita

SAMARINDA-Wartawan dengan profesinya dituntut untuk semakin meningkatkan profesionalismenya, karena dengan adanya organisasi kewartawanan atan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan wadah untuk para kuli tinta ini menempa pengetahuan dan meningkatkan kemampuannya sebagai seorang yang memiliki tanggungjawab untuk menyampaikan informasi yang benar tanpa melanggar norma-norma kemasyarakatan dan kode etik jurnalis.“Wartawan harus semakin profesional dan memperhatikan serta menerapkan etika penulisan atau kode etik jurnalistik, guna menjamin agar informasi yang disampaikan tidak menimbulkan sumber berita bahkan suatu kondisi yang tidak baik,” ujar Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim H Elto pada Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Kaltim di ruang Melati Hotel Mesra, Sabtu(5/12).

Para wartawan dengan kode etiknya akan memberikan dan menyajikan informasi dalam bentuk berita kepada masyarakat dengan penyampaian yang seobyektif mungkin tetapi tetap dalam batasan dan jalur yang wajar, tanpa harus menimbulkan berita yang bersifat menfitnah atau memencing timbulnya suatu kondisi yang menggangu ketertiban umum.

Sementara itu, Ketua PWI Kaltim H Maturidi mengatakan  Konfercab PWI Kaltim kali ini mengambil tema Independensi Pers untuk Kemajuan Kaltim merupakan komitmen PWI dengan para anggotanya untuk tetap bekerja dan berkarya secara profesional dan tetap menjunjung kode etik jurnalis serta tidak mengutamakan keberpihakkan kepada suatu institusi maupun kelompok dan perorangan.

“PWI selaku organisasi kewartawanan yang memiliki aturan yang berlaku secara menyeluruh dan harus ditaati para anggota PWI dan seluruh insan pers pada umumnya untuk menjamin agar profesi yang dilaksanakan tidak untuk mengganggu maupun menimbulkan kondisi yang tidak baik,”  ujar H Maturidi.

Selain daripada itu selama ini PWI Kaltim sangat berterimakasih kepada pemerintah Provinsi yang telah banyak membantu serta memberikan fasiltas atas semua kegiatankegitan yang dilaksanakan PWI Kaltim.

Dari event kegiatan yang bersifat lokal hingga kegiatan yang bersifat nasional seperti kegiatan Pekan Olahraga Wartawan nasional(Porwanas) yang dilaksanakan pada 2007 lalu, bantuan serta dukungan pemerintah daerah terhadap upaya PWI Kaltim untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan serta keahlian para anggotanya  dengan kegiatan Diklat maupun seminar.

“PWI Kaltim akan terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian para anggotanya agar benar-benar menjadi seorang profesional dan tetap berpegang pada etika penulisan atau kode etik jurnalistik, selain juga untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya,” ujarnya.(vb/016)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.