Lomba Masakan di Festival Mahakam

November 14, 2009 by  
Filed under Berita

SAMARINDA- vivaborneo.com- Nikmatnya masakan khas Mahakam merupakan bagian perlombaan dalam Festival Mahakam 2009 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Informasi dan Komunikasi (Infokom) kota Samarinda di tepian sungai Mahakam, Sabtu (14/11).

Sayur Santan Labu Merah (foto:bunda-arah)

Sayur Santan Labu Merah (foto:bunda-arah)

Acara yang penuh kreatifitas dari ibu-ibu PKK setiap kelurahan itu, dibuka resmi oleh ibu walikota Samarinda, Hj. Aminah Amien. Dalam Sambutannya ia mengatakan kegiatan tersebut harus tetap ditingkatkan setiap tahunnya, guna lebih meriah lagi.

“Acara ini tiap tahun terus jalan, harapan saya rumah-rumah makan yang ada di Samarinda juga dilibatkan, supaya kedepan lebih meriah lagi,” katanya. Ia mengakui bahwa masakan khas Indonesia menjadi favorit oleh orang luar negeri, pasalnya banyak mereka mengatakan masakan Indonesia, seperti contohnya nasi kuning sangat sesuai dengan lidah mereka.

“Saya pernah di Singapura, ternyata disana makanan yang paling dicari adalah masakan indonesia, ramai orang luar negeri bertanya mencari nasi kuning, itu harus dipertahankan, diharapkan ciptakan tata warna kreatifitas yang lebih baik,”ungkapnya.

Ia harapkan kepada para peserta setiap kelurahan yang mengikuti lomba masakan khas mahakam tersebut bisa mempertahankan menu kreatifitas cita rasa hidangan budaya kota Samarinda.

Acara tersebut sangat menarik, setiap keluarahan menampilkan masakan kreatifitas mereka masing-masing. kebanyakan hidangan yang disajikan merupakan menu khas Kutai yang ada di kota Samarinda.

Hidangan khas kutai itu terlihat sangat menggiurkan lidah, seperti grence haruan, sayur santan walu, sayur asam labu, terong bebanah, jukut pija goreng, sambal cempedak, rojak singkil, pepes ikan patin, dan lain-lain. Adapun penilaian masakan meliputi, hidangan penyajian dalam penataan makanan, cipta rasa, kandungan gizi dan tata warna.

Semakin teriknya matahari tidak mengurangi animo kemeriahan kegiatan, Dengan menyungguhkan sebuah tarian tradisonal yang energik dari Bina Seni Budaya Indonesia, yang menampilkan tari joget mahakam dan tari pesona mahakam.

Sang Juara masakan khas Mahakam pun diumumkan, akhirnya terpilih Kelurahan Air Hitam sebagai juara satu, Gunung Lingai juara dua, Loa Bakung juara tiga dan ditambah lima juara harapan yaitu, Simpang Pasir, Sungai Keledang, sungai Pinang Dalam, Sungai Pinang Luar dan Sungai Dama.(Man).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.