Perpustakaan Bontang Wakili Kaltim di Tingkat Nasional

August 7, 2012 by  
Filed under Bontang

SAMARINDA – vivaborneo.com, Perpustakaan Kelurahan Lok Tuan Bontang tahun ini akan mewakili Kaltim untuk mengikuti penilaian Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan tingkat Nasional yang digelar Perpustakaan Nasional.

“Perpustakaan kelurahan asal Bontang itu telah menjadi juara pertama pada ajang penilaian Perpustakaan Umum Desa/Keluarahan tingkat provinsi, maka secara otomatis berhak mewakili Kaltim pada ajang nasional,” kata Kepala Badan Perpustakaan Daerah (Baperpusda) Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumindar, Senin (6/8).

Penilaian terhadap perpustakaan-perpustakaan umum yang dikelola pemerintah daerah melalui perpustakaan desa maupun kelurahan se-Kaltim telah menetapkan lima perpustakaan umum yang masuk sebagai nominator terbaik dan diberikan penghargaan atas prestasi kerjanya.

Selain Perpustakaan Lok Tuan Bontang, Perpustakaan Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang Seberang (juara kedua) dan Perpustakaan Karang Jati Balikpapan (juara ketiga) serta Perpustakaan Karang Asam Ulu Samarinda (Harapan I) dan Perpustakaan Kampung Enam Tarakan Timur (Harapan II).

Menurut dia, Baperpusda dalam memotivasi pembangunan dan pengembangan perpustakaan umum menggelar lomba perpustakaan tingkat provinsi yang diikuti seluruh perpustakaan yang dikelola pemerintah daerah maupun swasta.

Dalam lomba ini Baperpusda memberikan penilaian-penilaian sesuai kategori standar penilaian terhadap perpustakaan desa/kelurahan yang ditetapkan Perpustakaan Nasional khususnya tata kelola dan ketersediaan bahan bacaan perpustakaan.

Sehingga dengan standarisasi tersebut, maka perpustakaan umum mampu mengembangkan organisasi dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat serta terbaik bagi masyarakat.

Apalagi, pemerintah terus berupaya secara maksimal untuk mensukseskan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang berkualitas melalui sektor pendidikan yang salah satunya perpustakaan ikut berperan didalamnya.

Karena, perpustakaan ikut berperan dan memiliki program yang strategis dalam upaya meningkatkan SDM yang berkualitas. Salah satunya lembaga ini harus menyiapkan bahan-bahan bacaan maupun literature sebagai referensi bagi masyarakat.

“Keberadaan perpustakaan ikut berperan serta berkontribusi untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan masyarakat. Melalui pendidikan minat baca dan membudayakan generasi gemar membaca,” jelasnya. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.