Kaltim Gelar Festival Kemilau

October 13, 2009 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pariwisata akan menyelenggarakan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2009 tanggal 5-7 Nopember mendatang. Festival ini merupakan kalender tetap Dinas Pariwisata Kaltim dan telah diselenggarakan sebanyak empat kali.“Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2009 ini dalam rangka menyukseskan program Visit East Borneo, yang telah dicanangkan Gubernur kaltim Awang Faroek Ishak dan merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT Kaltim pada Januari mendatang,”  ujar Firminus Kunum.

Festival Kemilau yang semua kegiatannya dipusatkan di Stadion Madya Sempaja ini berlangsung selama tiga hari dengan beberapa agenda diantaranya pameran kepariwisataan oleh 14 kabupaten/kota, lomba memasak makanan khas Kaltim, festival tari pedalaman dan pesisir, lomba busana tradisional  serta lomba olahraga tradisional seperti Begasing, Menyumpit dan Belogo.

Acara Festival Kemilau ini akan diawali dengan acara welcome party dan malam tamah tamah dengan para undangan, diantaranya Menteri Pariwisata dan Budaya, Jero Wacik, Menteri Dalam Negeri , Duta Besar (Dubes) negara sahabat dan perwakilan dari 15 provinsi yang menjadi destinasy wisata Indonesia.

Usai upacara pembukaan, akan dilanjutkan dengan karnaval seni budaya dari 14 kabupaten/kota ditambah dengan partisipasi beberapa paguyuban seni yang ada di Kaltim. Upacara penutupan yang direncanakan pada malam hari akan disiapkan tarian missal dengan ratusan penari.

“Saat  acara penutupan, kita akan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan membuat taplak meja dari manik-manik sepanjang 100 meter dan dibawa oleh 100 orang penari ,” jelas Firminus Kunum.

Peserta Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam  ini akan diikuti oleh 14 kabupaten/kota yang ada di Kaltim dan didukung oleh mitra kerja kebudayaan, perwakilan 15 destiny pariwisata unggulan se Indonesia dan sejumlah industry pariwisata yang memeriahkan pameran wisata.(vb-01)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Kaltim Gelar Festival Kemilau"

  1. mardiansyah on Wed, 11th Jun 2014 3:12 pm 

    mohon untuk bisa mengirimkan undangan festifal kemilau seni budaya benua etam 2014. kami dari dinas budparpora kuantan singingi provinsi Riau.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.