Sail Derawan dan Sail Komodo Dapat Dilaksanakan Bersamaan

April 20, 2012 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com – Pelaksanaan Sail Derawan diperkirakan akan berbenturan dengan Sail Komodo yang telah lebih dahulu mendapat restu Pemerintah Pusat melalui Keputusan Presiden.

ikan asin derawan

ikan asin usaha warga derawan

Walau demikian, kegiatan Sail Derawan dapat dilaksanakan bersamaan dengan Sail Komodo, karena dalam pengalaman  sebelumnya telah membuktikan bahwa Sail Wakatobi di Provinsi Sulawesi Tenggara dilaksanakan bersamaan dengan Sail Bitung  di Provinsi Sulawesi Utara.

“Bedanya jika telah mendapat restu pusat melalui Keppres, maka segala kegiatan akan didanai oleh pusat, sedangkan jika melaksanakan sendiri, pendanaan akan murni oleh daerah yaitu provinsi dan kabupaten penyelenggara,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, H Achmad Adha di Samarinda.

Dijelaskan Achmad Adha, dalam setiap kegiatan sail, selalu mengundang para  pelayar-pelayar kelas dunia dari berbagai Negara, khususnya Eropa yang senang berwisata dan berburu laut dengan segala keindahannya. Biasanya peserta sail datang dengan kapal-kapal layar mewah (yacht).

Dijelaskan Adha, walaupun kegiatan dua sail ini bersamaan pada  tahun 2013, para pelaut dari berbagai mancanegara yang berlayar dari Darwin, Australia dapat mengunjungi  Sail Komodo terlebih dahulu. Sedangkan pelaut-pelaut dari Filipina dapat  masuk Indonesia dan mengunjungi Sail Derawan sebelum mengunjungi Sail Komodo.

Rasa optimisme pelaksanaan Sail Derawan dan Komodo secara bersamaanini, lanjutnya,  karena pada tahun 2011 pernah dilaksanakan dua sail secara bersamaan walaupun tempatnya  berbeda  yaitu Sail Wakatobi di Provinsi Sulawesi  Tenggara dengan Sail Belitung  di Sulawesi Utara.

“Kita terus bekerja dan berkoordinasi, untuk suksesnya Sail Derawan 2013 ini sesuai dengan harapan Gubernur, yang ingin menjadikan Kepulauan Derawan sebagai obyek wisata bahari  tujuan dunia,” ujarnya.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.