PWi Kaltim Gelar Pelatihan Jurnalistik

September 29, 2009 by  
Filed under Samarinda

Samarinda-vivaborneo.com, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pelatihan jurnalistik bagi kalangan santri di Pondok Pesantren dan siswa Madrasah Aliyah (MA) di Samarinda. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari 29-30 September 2009 ini diikuti sebanyak 29 peserta.Ketua PWI Kaltim Maturidi saat membuka acara berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih mengenal dunia jurnalistik. Dikatakan, profesi wartawan sebenarnya bisa berasal dari berbagai disiplin ilmu. ”Kemampuan menulis ini adalah merupakan ketrampilan, jadi siapa saja bisa menjadi wartawan,” kata Maturidi.
Ketua Panitia M Imron Rosyadi menjelaskan, pelatihan sengaja digelar untuk para santri dan sekolah yang bertumpu pada agama Islam karena masih dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Ftri, sehingga saat digelarnya pelatihan jurnaslistik itu masih dalam suasana lebaran.
Selain itu, lanjutnya, pelatihan digelar juga merupakan salah satu bentuk bakti sosial PWI Kaltim terhadap masyarakat luas. ”Kegiatan yang kita lakukan bukan hanya pelatihan jurnalistik untuk santri dan siswa MA saja, masih banyak kegiatan lain yang akan kami gelar,” katanya.
Saat ini, lanjutnya, PWI Kaltim masih mempersiapkan sejumlah agenda serupa yang dimungkinkan digelar pada 2009, antara lain, akan mengadakan pelatihan jurnalistik untuk para guru dan siswa SMA atau yang sederajat yang diutamakan sudah kelas tiga.
Tujuan diutamakan pelatihan jurnalistik untuk siswa kelas tiga SMA atau yang sederajat adalah, agar ketika para siswa lulus sekolah sudah memiliki bekal ketrampilan berupa penulisan berita atau produk jurnalistik lain, sehingga mereka bisa bekerja di berbagai media massa yang ada di Kaltim atau daerah lain.
Materi yang akan disajikan dalam pelatihan untuk santri dan siswa MA nanti adalah materi yang sifatnya ringan atau bersifat pengenalan, sebab para siswa belum pernah terjun langsung mencari berita dan disebarkan ke masyarakat luas.
Materi yang akan disajikan antara lain, teknik mencari dan menulis berita. Ada juga materi tentang dasar-dasar jurnalistik. Selain itu, paserta juga akan dikenalkan tentang organisasi PWI dan sejarah serta perkembangan PWI dari masa ke masa.
”Semua pembicara yang akan memberikan materi adalah para wartawan Kaltim senior dan sudah lama berkiprah di dunia jurnalistik, antara lain Syahrium, Andik Riyanto dan Endro S. Efendi. Kami berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi para peserta,” kata Imron Rosyadi. (vb-02)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.