SMPN-4 Kembangkan Bakat Jurnalis

September 16, 2009 by  
Filed under Serba-Serbi

Samarinda-vivaborneo.com- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)  4 Samarinda telah memberikan kesempatan kepada para siswa-siswinya untuk mengembangkan bakat jurnalistik serta kualitas menulis para siswanya.SMPN -4 kini telah  memiliki majalah sekolah hasil karya siswa -siswi dan  sudah mulai diterbitkan, menurut rencananya sebnayak empat  kali dalam satu tahun pelajaran dan edisi pertama terbit saat menjelang liburan semester lalu, demikian dikatakan Kepala Sekolah SMPN 4 Samarinda, Djoko Iriandono, baru-baru ini.

”Sesuai dengan program pengembangan diri, karya tulis menulis itu dilakukan oleh kalangan siswa sekolah bersangkutan khususnya mereka yang memprogramkan pengembangan diri di Majalah Sekolah,”  tambah Kepala Sekolah SMPN 4 Samarinda, Djoko Iriandono, diruang kerjanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mencoba mengembangkan majalah sekolah bekerjasama dengan sekolah lain di Samarinda hingga kemungkinan mencakup wilayah Kutai Kartanegara.

Menurutnya, bentuk penertiban tabloid yang berisi tentang lingkungan pendidikan, apabila rencana itu terlaksana, maka tabloid nanti akan mencakup isi berita berbagai sekolah di wilayah Samarinda.

”Sekolah-sekolah yang masuk dalam ikatan kerja sama, maka  majalah sekolah tersebut merupakan hasil karya siswa sekolah , tidak hanya dari SMPN 4 Samarinda  tetapi dari sekolah-sekolah lainnya.

Sementara itu, mengisi awal masuk sekolah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kaltim akan juga akan memberikan pelatihan dasar-dasar jurnalistik kepada pelajar pesantren yang ada di Samarinda.

Menurut Sekretaris kegiatan, Misman, pelatihan diberikan kepada para siswa pesantren bertujuan agar kegiatan jurnalistik dapat merata baik di sekolah umun maupun sekolah-sekolah khusus seperti pesantren.

Kegiatan ini rencanya akan diselenggarakan akhir September mendatang dengan dua gelombang yang masing-masing berisi 30 peserta.(vb/01/hms9)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "SMPN-4 Kembangkan Bakat Jurnalis"

  1. desy fajar rahayu widyanti on Fri, 24th Dec 2010 5:44 pm 

    sampe skarang majalah tdk prnah lagi diterbitkan.
    siswa sangat sedih , trutama bagi yg ikut serta dalam ekskul jurnalistik.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.