Tergerak Memajukan Kaltim, Agus Tantomo Putuskan Bersaing

February 6, 2009 by  
Filed under Profil Calog

TAK sedikit teman, keluarga & kolega yang bertanya mengenai benar tidaknya kabar yang menyebutkan saya menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR-RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Rata-rata ada dua pertanyaan yang dilontarkan. Pertama, apakah benar pindah dari PDIP ke PPP? Apa benar jadi caleg DPR-RI? Jawabannya pun ada dua,”ya” dan “ya”.
Saya jelaskan, adalah benar saya kini bersama PPP, partai berlambang Ka’bah. Kenapa? Ini persoalan aqidah. Bahwa ketika saya aktif di PDIP, Saya adalah non muslim.
Kini, Alhamdulillah, saya menjadi seorang muslim. Akhirnya, saya memutuskan untuk memilih ke PPP.
“Pertama kali saya berpolitik, terjun ke partai politik, saya masih non muslim. Tapi kini setelah saya menjadi seorang muslim, saya pun ingin berpolitik secara Islami. Tentu saya memilih partai yang berbasis pada keislaman, yakni PPP. Tidak ada masalah saya dengan partai sebelumnya. Ini hanya persoalan kemantapan hati sebagai seorang muslim,” ujar Agus yang keturunan etnis Tionghoa ini.
Aktivitas kepartaian sudah cukup lama saya tinggalkan, sejak habis masa tugas di DPRD Kaltim pada Fraksi PDIP tahun 2004. Saya lebih banyak mengurus pekerjaan dan memperdalam ke-Islaman saya. Sehingga wajar ketika muncul pertanyaan dari sejumlah sahabat, mengenai masuknya nama saya di daftar caleg PPP untuk DPR-RI.
Menjawab pertanyaan kedua, apakah benar saya menjadi caleg DPR-RI, saya selalu memberi keterangan yang cukup panjang lebar. Intinya, mengapa saya memilih (ketika diberi pilihan) untuk menjadi caleg DPR RI. Saya katakan, bahwa saya melihat terlalu banyak anggota DPR RI daerah pemilihan Kaltim yang justru bukan orang Kaltim.
Begitu juga di daftar caleg Pemilu 2009, hanya sekitar 25% yang orang Kaltim. Sebanyak 75% adalah titipan dari daerah lain. Ada yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat, ada juga orang Bandung dan beberapa daerah lainnya.
Lulusan Royal Melbourne Istitute of Technologi, Australia dengan gelar Bussines (Mbus) ini mengaku memahami persoalan Kaltim. Ia pun kerap diundang untuk menyampaikan pandangannya terhadap persoalan Kaltim di sejumlah kesempatan terutama masyarakat kampus.
“Syarat utama memperjuangkan kemajuan daerah adalah mengenal benar daerah yang akan kita perjuangan. Itupun masih belum cukup. Setelah kenal, kuasai persoalannya,” kata Agus.
Alasan kedua ia maju menjadi caleg DPRRI, karena ia menganggap perjuangan orang Kaltim di Jakarta, masih belum maksimal selama ini. Dengan kemampuan diri dan jaringan kerja yang ia bangun selama ini di pusat, ia yakin, sangat membantu upaya memperjuangkan hak-hak Kaltim di Pemerintah Pusat.
Jika bukan orang Kaltim, kita pun kemudian mempertanyakan semangat ke-Kaltim-an nya, khususnya dalam memperjuangkan aspirasi rakyat Kaltim. Lantas, siapa yang kita harapkan untuk dapat memperjuangkan aspirasi rakyat Kaltim?
Situasi inilah yang kemudian mendorong Saya untuk menjadi caleg DPR-RI yang kelak (jika terpilih) akan total bekerja untuk provinsi Kaltim.(agus tantomo/advertorial)

Respon Pembaca

4 Komentar untuk "Tergerak Memajukan Kaltim, Agus Tantomo Putuskan Bersaing"

  1. suwardi(TARAKAN) on Sun, 8th Feb 2009 11:17 am 

    semngat pak…tunjukan klo bapak bisa

    buktikan jngan janji aja yah???

    key…..

  2. rendy (tarakan) on Tue, 10th Feb 2009 4:58 pm 

    say bangga klo bapak seorang mualaf…
    terus berjuang..moga sukses pemilihan nanti, saya insya allah mendukung

  3. ichank on Thu, 12th Feb 2009 7:23 pm 

    kalau mw meraih suara atau dukungan dari anak muda tolong perhatikan kebutuhan mereka. bnyak sekali mahasiswa yg ingin meminta bantuan sosial kepada para anggota DPRD untuk kegiatan kemahasiswaan atau dalam rangka meningkatkan kapasitas keilmuan. saya berani tantang bapak apakah bapak siap membantu baik moril maupun materil terhadap kegiatan kemahasiswaan maupun pendidikan??? kalau perlu qt bikin kontrak politik. masalahnya anda caleg DPR RI apakah komunikasi antara kami dengan anda (mahasiswa) akan berjalan dengan baik???

  4. Mahardian on Fri, 28th Aug 2009 2:12 pm 

    Sebentar lagi caleg terpilih akan dilantik, wah harus begitu, kita harus bersaing untuk memajukan Kaltim ini-moga kaltim selalu maju dan bersemangat seperti visi/misi yg telah diutarakan caleg-caleg utusan Kaltim- Oke Membangun untuk semua bukan untuk menjual hasil alam Kaltim semua.-

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.