Wartawan vivaborneo Lulus Uji Kompetensi Wartawan

December 13, 2011 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA – vivaborneo.com, Sebanyak 7 wartawan vivaborneo.com yang mengikuti uji kompetensi wartawan di gedung PWI Kaltim dinyatakan lulus. wartawan vivaborneo tersebut yaitu Munanto (wartawan utama), Yuliawan Andrianto, Wiwid Marhaendra, Samsul Arifin, Heldianur (Wartawan Madya), Masdiansyah, Arief Maulana (Wartawan Muda).

Uji Kompetensi yang dilaksanakan persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diikuti 33 wartawan dari berbagai media massa baik cetak maupun elektronik.

“Kompetensi ini wajib dimiliki setiap awak media baik cetak maupun elektronik guna mendukung kinerjanya. Sehingga melalui uji kompetensi ini akan didapatkan wartawan yang tersertifikasi dan profesional bukan wartawan jadi-jadian,” kata Kepala Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat Atal Depari saat membuka Uji Kompetensi Wartawan di Aula Gedung PWI Cabang Kaltim.

Menurut dia, saat ini dengan era kebebasan pers banyak masyarakat yang menyalah artikan maksud kebebasan tersebut. Bahkan dimana-mana telah terbit media masa yang isinya belum dapat dijamin keobjektifan beritanya.

Hal ini disebabkan para awak media atau wartawan yang menjalankan profesinya bukanlah orang-orang yang mengerti dibidangnya. Padahal, media masa merupakan wadah untuk menyampaikan berbagai informasinya bagi publik.

Selain, melalui media diharapkan akan dapat menambah pengetahuan masyarakat pembacanya. Karenanya, isi pemberiataan yang disampaikan haruslah benar dan sesuai dengan fakta yang terjadi maupun informasi yang akurat.

Karenanya, Dewan Pers sangat menyadari pentingnya wartawan yang profesional guna menjamin disampaikannya informasi yang benar dan baik untuk dikonsumsi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan uji kompetensi guna mendapatkan wartawan yang tersertifikasi menuju wartawan yang profesional,” harap Atal  Depari.

Ditambahkannya, untuk melaksanakan uji kompetensi ini Dewan Pers telah menunjukkan PWI untuk menyelenggarakannya serta didukung dan disetujui sekitar 19 media massa nasional baik cetak maupun elektronik.

Sementara itu Ketua Umum PWI Cabang Kaltim H Maturidi menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program yang ditetapkan Dewan Pers dengan melibatkan PWI pusat maupun daerah untuk menggelar uji kompetensi wartawan.

“Sertifikasi yang dimiliki para wartawan tentunya akan memberikan imbas yang sangat postif bagi peningkatrkan kualitas bagi wartawan itu baik kualitas tulisan maupun kualitas kinerjanya,” ujar Maturidi.

Sedangkan Kepala Bagian Kehumasan Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim Imanudin mengatakan Pemprov Kaltim pada dasarnya sangat mendukung atas kerja yang dilakukan jajaran PWI dalam upaya menciptakan wartawan yang berkualitas.

“Sekaligus, memberikan jaminan bagi nara sumber agar dapat memberikan informasi bagi wartawan sebagai bahan beriat untuk disampaikan kepada publik. Bahkan kerjasama semacam ini dapat terus dilakukan dalam upaya sinergitas dan jalinan kerjasama yang lebih baik bagi wartawan di Kaltim,” jelas Imanuddin.

Sertifikasi Wartawan atau Uji Kompetensi Wartawan ini digelar selama dua hari sejak 5-6 Desember 2011 di Aula PWI Cabang Kaltim. dengan menghadirka delapan penguji dari PWI Pusat yakni Atal Depari, Noeh Hatumena, Widodo Asmowiyoto, Usman Yatim, HA Ronny Simon, Theo Yusuf, Ismet Rauf dan Dirham Sabirin. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.