Paser Tetapkan Empat Kawasan Strategis Pariwisata

September 11, 2021 by  
Filed under Wisata

TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser telah menetapkan empat kawasan strategis pariwisata (KSP) yang dibangun secara bertahap hingga direncanakan tuntas pada tahun 2024. Tahun ini empat KSP sudah ditetapkan dan segera dibangun bertahap. Keempat KSP itu antara lain KSP Gunung Boga, KSP Tahura Lati Petangis, KSP Sungai Tuak dan KSP Pasir Mayang.

Muksin

“Untuk tahun 2022 KSP Gunung Boga akan menjadi prioritas untuk dilengkapi sarana dan prasarananya sehingga menjadi kawasan wisata yang representatif, ” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Paser Muksin, Kamis (9/9/2021)

Seperti diketahui Wisata Gunung Boga atau Gunung Embun yang terletak di Desa Luan Kecamatan Muara Samu, sempat viral dan masuk dalam 10 destinasi dataran tinggi terpopuler .

Menurut Muksin, penetapan empat KSP ini, merupakan upaya pengembangan sektor pariwisata yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

” Tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah tetapi juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,”katanya.

Menurut Muksin, pembangunan sektor pariwisata ini sangat penting ditengah ketergantungan pemerintah terhadap penerimaan daerah dari sektor tambang.

“Pendapatan dari sektor tambang lambat laun akan berkurang sehingga perlu alternatif lain mendapatkan pendapatan dari sektor lain non-tambang seperti sektor pariwisata, ” katanya. (rop)

Dispar Kaltim Angkat Kearifan Lokal melalui Festival Tiga Danau

September 10, 2021 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, Samarinda — Pandemi Covid-19 diperkirakan masih akan berlangsung lama. Tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan pendemi ini akan berakhir.

Namun, hal ini tidak menjadi halangan bagi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi.

Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan beberapa kegiatan secara virtual , kini Dinas Pariwisata Kaltim pada tanggal 17-19 September juga akan menyelenggarakan live event “Festival Tiga Danau 2021”. Tiga danau besar di Kaltim dipilih sebagai tema tahun ini, yaitu Danau Semayang (13.000 ha), Danau Melintang (11.000 ha) dan Danau Jempang (15.000 ha).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan dipilihnya nama “Festival Tiga Danau”, karena tiga danau besar ini masuk dalam Program Pemprov Kaltim, yang ingin meningkatkan sektor ekonomi masyarakat melalui berbagai program kegiatan.

“Pemilihan nama Festival Tiga Danau ini sesuai dengan program unggulan Gubernur Kaltim yang diproyeksikan tiga danau tersebut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Kaltim dengan potensi pariwista, perikanan dan potensi konservasi,” ujar Sri Wahyuni, dalam konferensi pers bersama awak media di atas Kapal Wisata Bentong pada Kamis sore, (9/9/2021).

Saat ini , tegas Sri, orang luar Kaltim hanya memandang provinsi kaya ini dengan hutan. Padahal, Kaltim memiliki potensi lainnya, khususnya wisata yaitu tiga danau besar yang masuk dalam 10 danau-danau besar di Indonesia.

“Masih banyak danau-danau yang ada di Kaltim. Tetapi kita fokuskan pada tiga danau besar ini sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Bagaimana peningkatan pendapatan masyarakat, adanya kajian-kajian ilmiah dan peningkatan capacity building,” ujarnya.

Dalam Festival Tiga Danau yang mengangkat tema “Pesona Ekowisata Danau di Timur Borneo” akan disiarkan secara virtual melalui Instagram, Facebook dan kanal Youtube, “Paradise of the East Dinas Pariwisata Kaltim”pada pukul 16.00-18.00 Wita.

Untuk menikmati sungai dan danau, ujar Sri, pengunjung haruslah melakukan susur sungai. Moda transportasi darat nantinya akan terkoneksi dengan moda transportasi air. Bahkan tahun depan, ujar Sri, dipersiapkan sebuah kapal wisata mewah untuk menyusuri danau-danau tersebut.

Dispar Kaltim pada Festival Tiga Danau ini juga mengajak beberapa orang influencer untuk mempromosikan potensi dan keindahan tiga danau ini. Sri Wahyuni berharap dengan bergabungnya influencer dan generasi milenial untuk promosi wisata diharapkan generasi muda melihat potret wisata yang selama ini belum banyak dikenal.

“Mereka tidak hanya diajak untuk mempromosikan saja tetapi kita juga perlu mendengat testimoni mereka , masukan-masukan mereka, apa yang harus kami lakukan, yan gmungkin selama ini terabaikan oleh kita,” harapnya.(Vb/Yul)

Kubar Miliki Ratusan Destinasi Wisata

September 2, 2021 by  
Filed under Wisata

Salah satu destinasi wisata Hemaq Beniung, di kampung Juaq Asa Kubar

SENDAWAR – Kabupaten Kutai Barat memiliki ratusan destinasi wisata. Potensi wisata di kabupaten ini banyak menonjolkan wisata alam dan budaya. Tercatat lebih 200 objek wisata dari alam,situs buatan, serta bangunan keagamaan ragam destinasi wisata yang tersebar di beberapa kampung di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Kepala Dinas Pariwisata Kubar Bahtiar melalui Kasi Bina Usaha Sarana dan Jasa Pariwisata (BUSTP) Yiska

Jumeiana mengatakan, destinasi pariwisata yang ada di Kubar sangat banyak diantaranya wisata alam, Hutan Hemaaq Beniung (Kampung. Juaaq Asa), Jantur, Danau Jempang ( Kampung Jaan), pegunungan (gunung S pada Kampung Lakan Bilem), Arung Jeram (bumi perkemahan Lakan Bilem), Anggrek Hitam (Gersik Kerbangan kampung Sekolaq Darat).

Hutan adat Hemaaq beniung

“Ini sebagian saja yang kita sebutkan yang tergolong wisata alam,”kata Yiska saat ditemui vivaborneo.com, Rabu (1/9/2021).

Dikatakan Yiska, untuk destinasi Wisata dibidang budaya mulai dari tari tarian daerah, belian (upacara adat Dayak Tunjung/Benuaq), hudoq kawit area Tering dan Long Iram, serta banyak lagi seni budaya yang ada pada Kabupaten Kutai Barat yang sangat bagus untuk dikembangkan oleh bidang ekonomi kreatif dan budaya.

“Kesenian budaya kita di Kubar ini sangat banyak sekali,”ungkap Yiska.

Yiska menuturkan, langkah yang telah diambil untuk memajukan pariwisata Kubar dimasa pandemi covid 19 sejak awal 2020 lalu khususnya pada bidang pengembangan destinasi pariwisata secara umum Dinas Pariwisata merencanakan dan melakukan penertiban dokumen administrasi dalam hal legalitas lahan objek wisata yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten dan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam kemajuan kepariwisataan Kubar.

“Dinas Pariwisata Kubar sudah banyak menerbitkan dokumen legalitas obyek wisata selama pandemi ini,” jelas Yiska.

Dampak pandemi covid 19 terhadap pariwisata di Kubar sangat terasa terutama bagi pelaku usaha dan obyek wisata yang dimiliki perorangan, swasta maupun pemerintah. Pelaku usaha hotel dan makanan minuman turun drastis hingga kurang dari 65 persen.

Yiska menuturkan, selama pandemi Dinas Pariwisata mendapatkan arahan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim untuk menutup sementara objek wisata yang ada sejak April 2020. Dinas Pariwisata kabupaten kemudian menyampaikan pada server petinggi atau kepala desa untuk menindaklanjuti dengan protokol kesehatan yang sudah dibuat.

Yiska Jumeiana

Upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan warga dengan bekerja sama pada OPD terkait melalui DPUPR, DPMPK, PERKIM, dalam memenuhi sarana dan prasarana pada setiap objek wisata yang dimiliki oleh pemerintah daerah Kubar.

“Standar aturan pemerintah dalam membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana obyek wisata tersebut harus memiliki legalitas tanah,”ungkapnya.

Pada tahun 2021 dinas pariwisata bersama para kepala desa serta jajarannya telah berupaya membentuk kurang lebih 14 Pokdarwis yang ada di 16 kecamnatan se-Kabupaten Kutai Barat. Munculnya Pokdarwisipokdarwis ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pariwisata yang berpotensi di wilayah masing-masing.

“SK pokdarwis dikeluarkan Dinas Pariwisata dengan cara kelompok sadar wisata mendaftarkan kelompoknya ke Dinas Pariwisata kabupaten,”tutup Yiska. (arf)

POLNES Bantu Peralatan Homestay di Desa Pela

September 2, 2021 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, KUKAR — Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat, memberikan sejumlah barang kepada 9 unit rumah yang difungsikan sebagai homestay oleh warga Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara. Read more

Desa Wisata Pela Tampil Kekinian melalui Sarana Website

August 30, 2021 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, Kukar — Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, kini tampil kekinian dengan hadirnya sebuah laman (website) untuk mempromosikan potensi dan keunggulan desa tersebut. Read more

Next Page »