Kaltim Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

September 17, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Vivaborneo.com, Jakarta — Provinsi Kalimantan Timur diganjar dengan penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021. Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Kaltim H. Isran Noor dan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, di Jakarta pada Selasa (14/9/21).

Data Kementerian Pertanian yang tercatat pada sistem IQFAST di Karantina Pertanian Samarinda, produk pertanian unggulan ekspor asal Provinsi Kaltim, terus meningkat.

Peningkatan terjadi sebesar Rp. 6,7 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (Y oY). Adapun negara tujuan ekspor yaitu Cina, Haiti, Brazil, Malaysia, New Zealand, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, India dan Rusia.

Wapres KH Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi.

“Karena itu kita harus bersyukur bahwa di tengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” ujar Wapres yang didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Samarinda, drh. Cahyono menyampaikan melalui keterangan persnya mengatakan, data fasilitasi ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Kalimantan Timur meningkat sebesar Rp. 6,7 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (Y oY).

Adapun produk pertanian unggulan ekspor asal Provinsi Kaltim yaitu turunan produk kelapa sawit berupa RBD palm olein, RBD palm stearin, palm kernel oil, minyak sawit, palm kernel expeller, cangkang sawit, palm kernel stearin dan karet lembaran.

Karantina Pertanian Samarinda, ujar Cahyono, selain bertugas mengawasi keamanan pangan dan pengendalian mutu pertanian juga mendapat tugas khusus untuk mengawal kinerja ekspor pertanian dari Provinsi Kalimantan Timur.

“Peningkatan ini tentu sangat menggembirakan, dan semoga ini akan menambah semangat para pelaku usaha agribisnis baik petani, eksportir dan lainnya untuk terus meningkatkan kinerja ekspornya,“ ucap Cahyono.(Vb/*)

Produk Kaltim Dipromosikan pada Germas Bangga Buatan Indonesia

September 2, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Vivaborneo.com, Samarinda — “Diharapkan produk-produk dapat naik kelas dan mampu bersaing di pentas nasional bahkan global. Sehingga,  pertumbuhan ekonomi Kaltim yang saat ini masih didominasi oleh batu bara dapat menjadi lebih bernilai tambah tinggi,  inklusif dan berkesinambungan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Tutuk SH Cahyono saat soft launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) pada Rabu (1/9/2021). Read more

Gubernur Kaltim : Pelaku UMKM Paling Banyak Perempuan

August 13, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

SAMARINDA – Perempuan punya banyak kelebihan yang bisa menjadi kunci utama di dalam menjalankan dunia usahanya khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kunci sukses menggerakkan UMKM juga tidak terlepas peran kaum perempuan di dalamnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan penggerak perekonomian khususnya UMKM di Kaltim paling banyak dari kaum perempuan.

“Saya bangga disini ternyata lebih banyak perempuan sebagai pelaku usaha,”ungkapnya saat memberikan sambutan pada Gebyar Kewirausahaan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional tahun 2021, yang dilaksanakan secara online maupun offline, Kamis (12/8/2021)

Menurutnya, perempuan memiliki tanggung jawab yang luar biasa terutama dalam hal yang paling terdepan dan bertanggung jawab untuk kehidupan keluarganya.

“Kehebatan kaum perempuan kalau melaksnakan kegaitan lebih efesiensi dari laki-laki, itulah hebatnya perempuan,” ungkap Isran.

Menurutnya UMKM merupakan andalan Negara dan daerah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Potensi dan peran perempuan dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha sangatlah besar.

Untuk itu, perempuan sebagai pelaku usaha dari mayoritas UMKM sangat berjasa dalam menopang ekonomi bangsa, terutama bagi perempuan pelaku usaha.

“Pada seluruh UMKM mari terus kobarkan semangat dan motivasi berusaha untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kaltim,” tuturnya (

Hadir pada acara tersebut, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono, Kepala BRI Samarinda serta Pelaku UMKM se Kaltim.

Acara dirangkai dengan penyerahan bantuan produktif untuk usaha mikro (BPUM) yang diserahkan langsung Gubernur Isran. (Prb/ty)

POLNES Dampingi Desa Wisata Pela dalam Sambut Wisatawan

June 20, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis, Wisata

Vivaborneo.com, Samarinda — Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) mendampingi dan  Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pendampingan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi melalui Pengabdian Desa Binaan, khususnya kepada warga Desa Wisata Pela. Read more

Dispar Kaltim Hadir di  BBTF Bali Sebagai Wujud Bangkitkan Parekraf

June 13, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis, Wisata

Vivaborneo.com, Nusa Dua — Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur mengikuti pameran Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) Ke-7 di Nusa Dua,  Bali sebagai wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Read more

Next Page »