Sebanyak 183 Atlet Ikuti Turnamen Taekwondo Wali Kota Samarinda

September 18, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

Wawali Samarinda Rusmadi melakukan ekshibisi mematahkan selembar papan tripleks dengan sekali pukulan

SAMARINDA – Turnamen Taekwondo Wali Kota Samarinda Open resmi digelar. Kejuaraan yang berlangsung sejak Jumat (17/9/2021)akan berakhir Minggu (19/9/2021) besok dilaksanakan di Gedung Dojang Taekwondo Kaltim, Polder Air Hitam, Jalan AW Sjahranie, Samarinda Ulu. Sebanyak 183 atlet dari 14 klub yang berasal dari lima kabupaten/kota di Kaltim meramaikan turnamen yang digarap Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Samarinda ini.

“Turnamen ini merupakan bagian dari pembinaan atlet-atlet muda, sehingga selesai dari kejuaraan nanti, pelatih bisa langsung mengevaluasi atletnya apa yang kurang selama latihan kemarin. Tujuannya agar bisa langsung diperbaiki ke depannya,” kata Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Rusmadi saat membuka turnamen Sabtu (18/9/2021) pagi.

Rusmadi memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah mengupayakan kejuaraan tersebut tetap berlangsung di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini.

Turnamen Taekwondo Wali Kota Samarinda Open ini merupakan momentum dalam pembinaan atlet berprestasi. Sehingga ia berpesan kepada para atlet yang berlaga pagi itu, agar melalui kejuaraan ini, setidaknya bisa dijadikan medan dalam mengasah keterampilan.

“Kalau ada yang menang dalam turnamen ini jangan langsung jemawa. Begitupun yang kalah juga jangan putus asa. Melainkan kita harus mengambil hikmah hasil dari pertandingan hari ini. Paling penting turnamen ini tetap mengedepankan sportifitas,” pesan Rusmadi. (*)

10 Tim Ramaikan Kejurkot Korfball Kota Samarinda

September 18, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Puluhan atlet putra putri cabang olahraga Korfball yang tergabung dalam 10 tim meramaikan Kejuaraan Kota (Kejurkot) Korball Kota Samarinda, yang digelar oleh Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PKSI) Kota Samarinda, Jumat hingga Minggu (3-5/9/2021) lalu, di lapangan olagraga SMK Medika Jalan Padat Karya Sempaja Samarinda.

Ketua PKSI Kota Samarinda Muhammad Novan Syahronny Pasie mengatakan Kejurkot Korfball Kota Samarinda ini digelar untuk mencari seleksi tahap awal atlet korfball Samarinda, guna mengikuti ajang kejuaraan di tingkat provinsi Kaltim maupun tingkat nasional.

“Kejuaraan ini untuk menjaring atlet korfball potensial yang kita persiapkan untuk diturunkan di level kejuaraan provinsi maupun nasional. Apalagi PKSI Samarinda selalu menyabet gelar juara di Kejurprov Kaltim, tentu kita ingin mempertahankan gelar Juara ini,” ujar Novan.

Selain itu, Ia mengatakan Kejurkot ini adalah ajang pembentukan dan Pembinaan karakter atlet dalam mencapai prestasi. “PKSI Samarinda memandang pembentukkan karakter dalam olahraga korfball sangat penting, sehingga sejak dini dibentuk karakter yang sportif dan respek, apalagi Korfball adalah olahraga yang mixing gender dimana dalam 1 tim terdapat pemain pria dan wanita,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PKSI Provinsi Kaltim M. Barkati saat membuka secara resmi Kejurkot Korfball samarinda, mengapresiasi digelarnya Kejurkot Korfball Kota Samarinda oleh PKSI Kota Samarinda.

Menurutnya, Kejurkot Korfball Samarinda adalah ajang mencari bibit-bibit atlet muda berbakat, mengingat sebagian besar atlet korfball Kaltim sudah menjadi pemain senior.

“Saya melihat yang ikut bertanding di Kejurkot ini sebagian adalah atlet senior, semoga melalui Kejurkot tahun 2021 ini bisa menjaring atlet-atlet muda korfball yang berbakat dan potensial,” harap Barkati.

Ditambahkan mantan Wakil Walikota Samarinda ini, cabor Korfball Kaltim setiap terjun bertanding di kejuaraan ditingkat nasional selalu membawa pulang piala, artinya Kaltim cukup diperhitungkan di kancah nasional.

Selama 3 hari, pertandingan diikuti 10 tim Korfball di Kota Samarinda seperti King Queen, Samarinda Korfball Club, Borneo Korfball Club dan Black Pink, menghasilkan juara baru club Korfball di Kota Samarinda yakni Samarinda Korfball Club sebagai juara umum dengan meraih juara K4 dan penghargaan top scorer serta pemain terbaik-MPV. Sedangkan juara K8 diraih klub korfball King Queen.

Olahraga Korfball merupakan olahraga beregu yang berasal dari negeri Belanda diperkenalkan Nico Broekhuysen pada tahun 1902, olahraga yang mencampurkan putra dan putri dalam satu tim ini cukup menarik dan mulai menjadi perhatian, serta diminati anak muda di Kota Samarinda.

Berbeda dengan olahraga Basket, pada olahraga Korfball saat menerima bola, pemain tidak boleh menggiring bola, berjalan atau berlari dengannya, tetapi bisa menggerakkan satu kaki dengan satu kaki yang tersisa. Memblokir dan menahan tidak diizinkan di dalam olahraga Korfball.

Ada dua katagori yang dipertandingkan dalam Kejurkot Korfball Samarinda yakni kategori K4 dimana satu tim terdiri atas 2 orang pemain pria dan 2 orang pemain wanita. Sedangkan dalam kategori K8 dimana satu tim terdiri atas 4 orang pemain pria dan 4 orang pemain wanita. Tim yang paling banyak memasukkan bola dalam ring (keranjang) selama 2x 25 menit dinyatakan sebagai pemenang. (hel)

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, SBC Gelar Gowes Samarinda-Melak

August 14, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

SENDAWAR – HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan Klub Sendawar Bike Community (SBC) dengan menggelar Gowes Touring Adventure Salak 2 (Samarinda-Melak), dengan jarak tempuh sejauh 350 kilometer (KM), berlangsung sejak tanggal 14-17 Agustus 2021.

Gowes yang bertajuk ‘Mewarisi Semangat Juang 45’ ini diikuti 13 orang dan secara resmi diberangkatkan dari Dermaga Pelabuhan Melak, Sendawar menggunakan kapal motor angkutan umum di perairan Sungai Mahakam menuju ke Kota Samarinda, Jumat 13 Agustus 2021. Mereka terdiri dari 12 merupakan gowes, dan 1 orang sebagai pengganti/support menggunakan sepeda motor.

Ketua SBC Kubar Sadli mengatakan, anggota SBC Kubar akan menempuh perjalanan mengayuh sepeda dari Kota Samarinda menuju Melak, Kubar, sepanjang 350 KM

“SBC akan melakukan perjalanan mengayuh sepeda dari Kota Samarinda sejak Sabtu 14 Agustus 2021 siang. Keberangkatan dari Samarinda rencananya akan ditemani oleh komunitas sepeda Tenggarong, Kukar,” kata Alex, panggilan akrab Sadli kepada wartawan, sesaat sebelum rombongannya berangkat di dermaga pelabuhan Melak, Jumat (13/8/2021) petang.

Dikatakan Alex, setelah tiba di Tenggarong, SBC akan dilepas, langsung menuju Kubar. Perjalanan melintasi akses Trans Kaltim Kukar-Kubar. Estimasi SBC akan tiba di Kubar pada 16 Agustus 2021.

Dijelaskan, dalam perjalanan, ada dua titik para gowes akan menginap di perjalanan yaitu di Kota Bangun, Kukar, dan Kampung Jambuk Makmur (Resak), Kubar.

“Selanjutnya tancap gas menuju Sendawar. Karena perlu istirahat untuk mengantisipasi kesehatan dan stamina para gowes,” tandasnya.

Kegiatan gowes ini juga mendapat dukungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kubar. .

“Komunitas SBC berlindung dibawah Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kubar. Artinya anggota ISSI Kubar,” jelas Sekretaris Umum KONI Kubar, Tobiyas F Kainawa, yang melepas keberangkatan rombongan SBC di dermaga Pelabuhan Melak.

Dikatakan Tobiyas, bentuk dukungan kepada SBC saat ini bukan dukungan anggaran. Karena SBC hanya sebuah komunitas. Menurut Tobiyas, KONI hanya bisa mendukung peralatan yang diperlukan untuk berlatih.

“KONI tidak bisa memberikan bantuan dalam bentuk dana. Itu khusus untuk cabor. KONI hanya bisa membantu untuk komunitas hanya berupa barang, serta alat-alat untuk latihan saja,” ucapnya.

Ia berharap melalui komunitas SBC, bisa terjaring bibit atlet muda untuk sepeda melalui Cabor ISSI.

Salah satu peserta Gowes Salak 2, Widodo mengakui misi yang diemban SBC dalam mengayuh sepeda sejauh 350 KM ini untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

“Saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga kami perkuat protokol kesehatan. Namun melalui gowes ini, semangat kami hidup. Kami bangga mewarisi semangat juang 45 untuk membangun Indonesia,” katanya. (*/arf)

Gubernur Berharap Prestasi Olahraga Kaltim Lebih Baik

July 6, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

Gubernur Kaltim Isran Noor memberi motivasi para atlet dan pelatih agar olahraga Kaltim lebih baik di masa-masa mendatang.

BALIKPAPAN – Gubernur Kaltim Isran Noor membuka Rakornis Program Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan se-Kalimantan Timur Tahun 2021 di Balikpapan, Senin (5/7/2021).

Isran Noor berpesan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) agar membuat program terbaik guna meningkatkan kualitas sumber daya atlet, pelatih dan tenaga keolahragaan di semua cabang olahraga.

Mantan bupati Kutai Timur ini menaruh harapan besar kepada seluruh peserta agar membangun bidang kepemudaan dan keolahragaan secara masif dan terarah sebagai sumber daya manusia penggerak penopang pembangunan bangsa dan Kaltim khususnya.

“Saya dan seluruh masyarakat berharap, setelah acara ini peserta lebih berkompeten dan profesional. Terlebih para atlet mampu berprestasi secara maksimal. Terlebih kita akan dihadapkan dengan rencana ibu kota negara nanti,” harapnya.

Rakor dibuka dengan pemukulan gong oleh Gubernur Isran Noor yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bola (sepak bola dan voli) kepada Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto.

“Penyerahan bola sebagai bentuk dukungan Pemprov Kaltim dalam kegiatan olahraga. Tentunya tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19,” ungkap orang nomor satu Benua Etam ini.

Selama acara berlangsung Gubernur mengingatkan agar seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rakornis juga dihadiri Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Moh Jauhar Efendi, Kepala Dispora Kaltim Agustianur serta Kepala Dispora Kabupaten/Kota se-Kaltim. Acara berlangsung di Hotel Grand Senyiur Balikpapan. (mas/adv)

Prihananto Kembali Pimpin GABSI Kota Samarinda Periode 2021 – 2025

June 16, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Prihananto kembali dipercaya menjadi Ketua Pengurus Cabang Olahraga Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Kota Samarinda periode 2021 – 2025, berdasarkan musyawarah mufakat jajaran pengurus GABSI Kota Samarinda dan club-club anggota GABSI Kota Samarinda pada Musyawarah Kota (Muskot) Pengcab GABSI Kota Samarinda, Selasa (15/06/2021).

Muskot GABSI yang di gelar di sekretariat GABSI Jalan Danau Meninjau Kota Samarinda ini juga dihadiri Wakil Ketua II KONI Kota Samarinda Deni Fahrianur dan dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Pengprov GABSI Kaltim Iskandar.

Dalam sambutannya Wakil Ketua II KONI Samarinda, Deni Fahrianur, mengharapkan agar Muskot GABSI Kota Samarinda dapat menghasilkan program peningkatan prestasi Cabor Bridge minimal bisa mempertahankan raihan medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Porprov Kaltim) yang akan datang.

“Seperti yang telah disampaikan Walikota Samarinda Andi Harun, Samarinda akan menargetkan menjadi juara umum pada Porprov Kaltim di Berau, dan kami mengharapkan cabor Bridge kembali bisa menyumbangkan mendali emas,” ujar Deni.

Prihananto

Prihananto Ketua terpilih GABSI Kota Samarinda usai Muskot mengatakan ada 2 visi dalam kepengurusan GABSI yang dia pimpin yakni Masalisasi atau memasyarakatkan cabang olahraga Bridge di Samarinda dan peningkatan prestasi.

Untuk mencapai visi tersebut maka GABSI Kota Samarinda melakukan beberapa misi diantaranya adalah melaksanakan sosialasasi dengan program Bridge Masuk Sekolah, namun program ini belum bisa dilaksanakan mengingat kondisi pandemi Covid-19 dimana sekolah masih diliburkan.

“Kami hanya bisa menunggu kebijakan sekolah dan pemerintah dimasa pandemi covid-19, dimana jika sekolah sudah bisa offline atau tatap muka, kami segera melanjutkan program yang tertunda ini” ujarnya.

Kemudian misi selanjutnya adalah pembinaan prestasi, dimana GABSI Samarinda akan meningkatkan intensitas latihan atlet baik secara offline maupun online melalui aplikasi Bridge Base Online (BBO).

Terkait target Walikota dan KONI Samarinda untuk menjadi juara umum pada Porprov di Berau yang akan datang, GABSI Samarinda sangat mendukung dan akan mempertahankan prestasi yang sudah diraih GABSI Kota Samarinda, dimana mereka pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2018 lalu meraih medali emas.

“Secara keseluruhan tim GABSI Samarinda baik pada kejuaraan nasional maupun even internasional tidak kalah dan mampu bersaing dengan daerah lain dan yang lebih membanggakan kami adalah kami saat mengikuti even baik nasional maupun internasional selama ini menggunakan pemain lokal murni Kota Samarinda tanpa pemain import dari daerah lain,” tambah Anto panggilan akrab Ketua GABSI Samarinda ini. (hel)

Next Page »