Gandeng BPKP Kaltim, Perumdam Tirta Kencana Gelar Workshop Manajemen Risiko

September 14, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda menggelar Workshop Manajemen Resiko bekerja sama dengan BPKP Propinsi Kalimantan Timur. Kegiatan yang berlangsung selama tanggl 14 hingga 16 September 2021 ini diikuti 22 pejabat Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda setingkat Manager dan Asisten Manager di Gedung Training Center Komplek Perumahan Cendana.

Kepala BPKP Perwakilan Propinsi Kaltim Supriyadi menyampaikan, kegiatan Workshop Manajemen Risiko ini sudah menjadi kewajiban dan keharusan yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan dan kemajuan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.

“Sebagai perusahaan pelayanan air bersih tentunya manajemen yang dikelolanua penuh dan akan ditemukan risiko baik kualitas air bersih hasil produksi maupun resiko pengelolaan keuangan,” terang Supriyadi.

Dalam worksop Manajemen resiko ini peserta akan diajarkan Overview Manajemen Risiko, praktik penerapan Manajemen Resiko di BUMD, pembentukan Kerangka Majemen Risiko, Prinsip Manajemen Resiko, Prosen Manajemen Risiko, Penilaian Risiko, Pembuatan Risk Register, Simulasi dan diskusi penilaian Manajemen Risiko.

Sementara itu mewakili Ketua Dewan Pengawas H Abdullah mengharapkan seluruh peaeeta Workshop dan mengapresisi kepada peserta yang sudah ikut dalam workshop Manajemen resiko.Sebagai Perusahaan Publik wajib ada peningkatann dan perubahan seeta inovasi .

“Mari kita ciptakan dan tanamkan dengan berikan pelayanan yang terbaij dan bermanfaat bagi masyarakat. Inilah pengabdian kita tugas utama dalam keseharian dan mendapatkan ilmu yang bisa bermanfaat bagi semua,” harap Abdullah.

Direktur Utama Nor Wahid Hasyim mengharapkan kepada peserta bisa memahami dan menerapkan ilmu yang diperolehnya selama pelatihan dalam kinerja untuk kemajuan dan meminimalisir Manajemen Risiko di Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda .

“Semoga ilmu yang diperolehnya bisa diterapkan dalam bekerja sehari hari untuk kemajuan dan meminimalisir resiko dalam bekerja demi peningkatan dan kemajuan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinsa,” tutur Nor Wahid Hasyim sekaligus membuka kegiatan Workshop Manajemen Rsiko yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan. (*/lk)

Perumdam Tirta Kencana Samarinda Siapkan Call Center 24 Jam

September 1, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

Petugas call center Perumdam Tirta Kencana Samarinda

SAMARINDA – Sebagai wujud percepatan pelayanan prima dan bentuk inovasi, Perusahaan Umum Daerah Air Minun (PERUMDAM) Tirta Kencana Kota Samarinda menyiapkan sejumlah strategi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Salah satunya memberikan kepuasan kepada pelanggan lewat call center yang beroperasi penuh selama 24 jam.

Dengan adanya call center ini, pelanggan tidak perlu lagi datang ke kantor Perumdam. Jika memiliki persoalan seputar Perumdam, bisa menghubungi Call Center 0541 – 2088100 dan melalui Chat WA 0811553536, 0811552226.

“Petugas Call Center dibagi 2 shift, Pukul 07.00 Wita sd 15.00 Wita dan Pukul 15.00 Wita sd 23.00 Wita, untuk petugas lapangan siap 24 jam dengan sistem shift dari distribusi. operator IPA dan perawatan mechanichal dan elektrikal.” kata Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda Ali Rachman AS melalui Humas Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda, HM Lukman.

Laporan ke call center akan mendapat nomor tiket. Berdasarkan nomor tiket petugas akan segera menindaklanjuti  dengan menyertakan aduan, alamat lengkap dan nomor telepon aktif agar memudahkan petugas.

 

“Nomor tiket tidak akan ditutup sebelum ada tindakan petugas,” kata Lukman.

Sementara keluhan bersifat administratif pelanggan dapat melakukan kunjungan ke konter customer service Perumdam Tirta Kencana Unit Wilayah Pelayanan (UPW) terdekat.

“Ada 4 UPW, diantaranya UPW 1 di Kantor Pusat, wilayah cakupan Kecamatan Samarinda Kota, UPW 2 disekitar Pasar Impres Merdeka, wilayah cakupan Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Utara, Samarinda Ilir dan Kecamatan Sambutan. UPW 3 Jalan Kadrie Oening wilayah cakupan Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda Ulu, UPW 4 Jalan S Hasanudin, wilayah cakupan Kecamatan Samarinda Seberang, Loa Janan Ilir dan Kecamatan Palaran, yang buka dari hari Senin hingga Jumat,” terang Lukman.

Perumdam terus berupaya memberikan layanan untuk masyarakat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota. Strategi yang dilakukan bukan hanya di level manajemen, tetapi juga meningkatkan SDM untuk mewujudkan pelayanan prima dan meningkatkan profesionalisme pegawai.

“Intinya kami upayakan memberikan kepuasan pelayanan air minum kepada masyarakat sesuai standar kesehatan dan terjangkau oleh masyarakat,” tuturnya.

Lukman juga meminta para pelanggan memahami kondisi dan hambatan yang dihadapi dalam proses pelayanan dari Perumdam. Sehingga melalui kesepahaman tersebut akan terjalin komunikasi yang baik antara kedua pihak.

“Jangan lupa bagi pelanggan yang melapor agar melengkapi identitas dan alamat. Jadi laporannya bisa segera kami teruskan ke bidang yang melayani dan direspon secara cepat, akurat, ramah serta efisien,” pesannya.(*/lk)

 

Pengurasan dan Pergantian Valve, Distribusi Perumdam Tirta Kencana Terganggu

August 31, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Adanya pekerjaan Pengurasan Bak Reservoir 1 di IPA Cendana dan Penggantian Valve Penghubung Reservoir 1 ke Reservoir 2 yang dilakukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM ) Tirta Kencana Kota Samarinda akan menyebabkan gangguan distribusi kepada pelanggan.

Direktur Teknik Ali Rachman AS didampingi Manager Produksi Syarif Rachman Hakim dan Asisten Manager IPA Cendana M Shokief Amirsyah melalui Asisten Manager Kesektariatan dan Humas HM Lukman menyampaikan, pekerjaan tersebut akan dil;akukan Kamis, (2/9/2021)

“Pekerjaan penggantian vakve penghubung dari reservoir 1 ke reservoir 2 dan pengurasan Bak Reservoir 1 di IPA Cendana mulai pukul 08.00 wita sampai selesai ,” jelasnya.

Dampak pekerjaan tersebut aliran distribusi akan terganggu jalur dari di IPA Cendana   diantaranya   wilayah Jalan Cendana, Jalan Selamat Riady, Jalan RE Martadinata, Jalan Cermai, Jalan Pasundan, Jalan KS Tubun, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Pahlawan, Jalan Dr Sutomo, Jalan Perniagaan, Perum Privab, Jalan AM Sangaji, Jalan Hasan Basri, Jalan Gatot Subroto, Jalan Elang, Jalan Achmad Yani, Jalan Pemuda, Jalan Nusantara, Jalan Remaja, Jalan Kemakmuran, Jalan Sentosa , Jalan Gerilya, Jalan Merdeka, Jalan P Antasari, Jalan Juanda, Jalan Kadrie Oening, Jalan AW Syahrani, Jalan M Yamin, Jalan Pramuka, Jalan KH Wahid Hasyim, Jalan PM Noor dan sekitarnya.

“Diimbau kepada masyarakat pelanggan yang berada di jalur tersebut untuk bisa menampung air sebagai persediaan, karena selama pekerjaan berlangsung aliran distribusi alami gangguan ” harapnya.

Atas nama Manajemen dirinya menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya layanan ini. Petugas tengah lakukan pekerjaan tersebut diupayakan bisa secepatnya selesai agar aliran distribusi bisa kembali normal dan lancar kembali.

Untuk informasi dan pelaporan bisa disampaikan ke hotline 0541 -2088100 atau Chat WA ke 0811553536 dan 0811552226. Atau indormasi juga bisa dilihat melalui media sosial FB dan IG. Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.(*/Luk).

Akhir September SPAM IPA Sungai Kapih Diuji Coba

August 30, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

Ali Rachman

SAMARINDA – Direktur Teknik Perumdan Tirta Kencana Samarinda, Ali Rachman beserta Dewan Pengawas meninjau proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Instansi Pengelolaan Air (IPA) di wilayah Kelurahan Sungai Kapih, Sabtu (28/8/2021).

Peninjauan dilakukan untuk melihat jalur kelistrikan, jalur pompa serta jalur pendistribusian air yang rencananya siap dialirkan pada awal bulan Oktober 2021. Aliran air akan di distribusikan di daerah sekitar baik itu di Sungai Kapihnya Maupun di Perumahan Kali Manis (PKL). Saat ini semua kelengkapan instalasi dan pipa sudah terpasang.

“Insyaallah di awal Bulan Oktober tahun ini, kita akan melakukan pra Commisioning test atau uji coba terhadap unit masing masing instalasi saluran,” ucapnya.

Sementara Dewan Pengawas Perumdan Tirta Kencana, H Abdullah mengatakan kunjungan ini untuk mempercepat sekaligus mengevaluasi proses pengerjaan yang dilakukan oleh para pekerja di lapangan agar dapat selesai di akhir tahun 2021.

“Kami melihat dengan adanya progres di lapangan saat ini Proyek SPAM IPA Perumdan Tirta Kencana dapat segera diuji cobakan. Saya yakini menjelang akhir tahun ini dapat terselesaikan semuanya. Tanpa harus memasuki tahun 2022,” ungkapnya.

Selain melakukan kunjungan di SPAM IPA di Kelurahan Sungai Kapih rombongan Perumdan Tirta Kencana Samarinda beserta Dewan pengawas berkunjung juga ke wilayah Kelurahan Makroman untuk melakukan peninjauan prosen penanaman pipa HDPE dn 300 mm jalur Makroman menuju Sambutan yang pekerjaannya dipastikan akan selesai di bulan Desember 2021. (*/luk)

Perumdam Tirta Kencana Percepat Layanan di Kecamatan Sambutan

August 8, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

Jajaran Dewan Pengawas Dan Direksi Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda saat peninjauan lapangan di lokasi penanaman Pipa HDPE DN 300 MM di Kelurahan Makroman

SAMARINDA – Upaya memaksimalkan pelayanan air bersih seusai dioperasionalkan IPA Makroman kapasitas 50 liter/detik, Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus bergerak melakukan pembenahan diantaranya dengan penanaman pipa HDPE dn 300 mm sepanjang 4,3 KM dari IPA Makroman hingga wilayah Kelurahan Sambutan Pelita 8. Saat ini sudah melakukan penggalian untuk penanaman pipa Seiring adanya bantuan anggaran dari APBN Pusat dengan alokasi bantuan DAK Tahun Anggaran 2021 melalui PUPR Kota Samarinda.

Direktur Utama Nor Wahid Hasyim bersama Direktur Teknik Ali Rachman AS , Direktur Umum Yusfian Noor saat mendampingi Ketua Dewan Pengawas H Aji Syarif Hidayatullah beserta anggota Dewan Pengawas H Abdullah dan Hargono didampingi Manager Perencanaan Teknik H Ady Fakhrudi dan Manager Distribusi Risdianto melalui Asisten Manager Humas dan Kesektariatan HM Lukman saat peninjauan lapangan di lokasi penanaman pipa di kelurahan Makroman mengatakan ada 3 segmen yakni segmen 1 sepanjang 600 meter di jalan Pembangunan Makroman, Segmen 2 di sepanjang jalan Purwobinangun Poros Makroman 1,4 Km dan Segmen 3 sepanjang Jalan Provinsi Makroman sampai Jalan S Sulaiman sejauh 2,9 Km.

“Alhamdulillah penanaman pipa HDPE DN 300 mm ini dari anggaran bantuan keuangan melalui PUPR Kota Samarinda untuk perluasan jaringan dan percepatan pendistribusian air bersih dari IPA Makroman ke wilayah Kecamatan Sambutan,” kata Ali Rachman, Selasa (8/8/2021).

Dijelaskannya, diawal untuk pengeluaran pipa distribusi hanya sebesar 6 inchi. Hal ini dirasakan terlalu kecil. Untuk itu Perumdam mengusulkan ke pemerintah untuk dianggarkan pipa yang lebih besar agar bisa membantu pasokan aliran ke wilayah kelurahan Sambutan yang selama ini aliran sangat minim.

“Semoga dengan sudah ditanamnya pipa yang diameternya lebih besar dari 6 inchi ke 12 inchi pasokan disrribusi bisa lebih besar sehingga bisa melayani warga di pelita 4,5,6, 7 dan 8 bisa lebih lancar aliran tanpa bergilir lagi, termasuk perumahan Purimas dan sekitarnya,” terang Ali.

Target akhir tahun 2021 penanaman pipa selesai dan bisa dialiri untuk membantu maksimalkan pelayanan wilayah Kelurahan Sambutan. Termasuk pengoperasian IPA Sungai Kapih diupayakan juga selesai akhir tahun.

“Harapan akhir tahun 2021 selesai termasuk SPAM Sungai Kapih. Sehingga untuk layanan air bersih di Kecamatan Sambutan dan sekitarnya akan mengalir lancar 24 jam. Termasuk penyambungam baru akan kami buka mengingat sudah bertambahnya pasokan produksi air bersih dari IPA Makroman dan IPA Sungai Kapih,” tutur Ali. (*/lk)

Next Page »