Ekstensifikasi Kebun Karet akan Pertahankan Tanaman Spesifik

April 21, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA,  Dinas Perkebunan Kalimantan Timur (Kaltim) kembali melakukan kegiatan ekstensifikasi atau penanaman baru komoditi karet seluas 20 Ha. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai kesinambungan sektor perkebunan yang menjadi andalan. Read more

Petani Diajak Lanjutkan Gerakan Tanam Singkong

April 6, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

KAUBUN – Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak mengajak para petani untuk terus melanjutkan gerakan tanam singkong di lahan pertanian masing-masing. Sebab singkong merupakan salah satu komoditi pangan yang diangap potensial dikembangkan menjadi agroindustrI.

“Jangan berhenti disini. Yang sudah dilakukan cukup bagus. Terus lanjutkan dan dikembangkan dengan baik,” kata Gubernur Faroek saat meresmikan Pabrik Mocaf UKM, di Desa Kadungan Jaya, Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, baru-baru ini.

Menurut gubernur, produksi hasil petani nantinya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan bahan baku industri pengolahan yang sedang dikembangkan di Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK).

Tahap awal, telah dikembangkan pabrik pengolahan tepung singkong dan tepung pisang. Kedepan gubernur berharap akan terus dikembangkan menjadi berbagai produk turunan berupa gas metan untuk bahan bakar kendaraan bermotor alternatif.

“Nantinya kita akan membentuk perusda yang secara khusus mengumpulkan hasil produksi petani. Dibeli dengan harga tinggi. Jadi hasil produksi petani pasti terbeli untuk bahan baku industri pengolahan tersebut,” sebutnya.

Selain itu, petani setempat juga bisa memproduksinya di pabrik mocaf yang dikembangkan melalui koperasi petani. Apalagi informasinya potensi yang dikembangkan cukup besar, yakni 1.500 kilogram perhari. (arf)

Gempita Inginkan Pemuda Jaga Ketahanan Negara Melalui Pertanian

April 5, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) disebut lahir sebagai bentuk kepedulian Kementerian Pertanian mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo. Tujuannya ingin menggerakan pemuda agar ikut terlibat menjaga ketahanan negara melalui pertanian dengan mewujudkan ketahanan pangan. Read more

BI Kaltim Kembangkan Pertanian Organik Tekan Inflasi

April 2, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM, Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Timur terus mengembangkan pertanian organik baik berupa padi, cabai hingga peternakan sapi yang terintegrasi dengan pertanian yang memanfaatkan kotoran sapi. Read more

Target Ekspor Perikanan Kaltim Capai 29,22 Juta USD

March 16, 2017 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA –  VIVABORNEO.COM, Target nilai ekspor hasil perikanan Kaltim untuk tahun 2017 ini sebesar 29,22 juta dolar Amerika (USD) atau setara Rp369,86 miliar. Read more

Next Page »