Potong Sapi Betina Produktif Bakal Didenda Ratusan Juta

August 9, 2018 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Walaupun menjadi bagian dari perayaan hari besar keagamaan Idul Adha 1439 Hijriah, pemotongan hewan ternak (ruminansia) betina produktif tetap dilarang. Termasuk dalam kategori ruminansia besar yakni sapi dan kerbau sedangkan ruminansia kecil yaitu kambing dan domba. Larangan itu berefek hukum bagi masyarakat yang melakukan pemotongan penyembelihan hewan kurban dalam kategori ruminansia besar maupun kecil betina produktif. Read more

Peternak Panen, Harga Ayam Stabil

August 7, 2018 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Setelah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan beberapa pekan terakhir, harga ayam ras pedaging (ayam potong) di pasaran mulai stabil. Stabilnya harga ayam khususnya ayam ras pedaging (ayam broiler) disebabkan produksi sudah meningkat dan panen di tingkat peternak. Read more

Kelapa Sawit Siap Diremajakan Seluas 28.000 Hektar

August 3, 2018 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA –  Kaltim hingga saat ini memiliki 28.000 hektar tanaman kelapa sawit yang rusak atau perlu direflenting (peremajaan) termasuk di perkebunan besar. Terkait hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad pada pertemuan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit  Rakyat di Samarinda, Kamis (2/8). Read more

Aplikasi e-benih Tunjang Manajemen Usaha Tani

July 26, 2018 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA – Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui UPTD Pengawasan Benih Perkebunan menggelar bimbingan teknis (bimtek) produsen benih dan implementasi sistem informasi perbenihan perkebunan atau program e-benih.

Menurut Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad, peningkatan produktivitas dan mutu hasil perkebunan akan berpengaruh pada peningkatan daya saing produk dan pendapatan petani.

“Guna mendukung produktivitas dan daya saing itu diperlukan penerapan sistem manajemen usaha tani yang baik,” katanya.

Selain itu, diperlukan koordinasi dan peningkatan pengawasan serta bimbingan teknis (bimtek) produsen benih sekaligus sosialisasi peraturan terkait. Karenanya, Disbun melalui kegiatan APBN telah dialokasikan pelaksanaan bimtek guna peningkatan sumber daya manusia produsen benih perkebunan termasuk penyamaan persepsi.

Secara mendasar ujanya, bimtek dilakukan sebagai pembinaan kepada pelaku usaha produksi benih perkebunan sehingga mendukung peningkatan produksi dan produktivitas. Selain itu juga dilakukan peningkatan penguatan kelembagaan pengawasan benih melalui peningkatan kapabilitas pengawas benih tanaman (PBT) perkebunan dan petugas teknis lainnya.

“Bimtek guna melaksanakan kegiatan sertifikasi dan pengawasan peredaran benih tanaman perkebunan serta terdatanya sebaran benih unggul tanaman perkebunan,” ungkapnya.

Ditambahkan Ujang, bimtek bertujuan meningkatkan koordinasi antara pusat dan daerah sehingga kegiatan perbenihan berjalan dengan baik. Dalam kegiatan ini diperkenalkan aplikasi e-benih sebagai sistem informasi benih perkebunan yang dikembangkan Direktorat Perbenihan Ditjenbun Kementan.

Kegiatan selama dua hari diikuti 40 peserta dengan narasumber dari Direktorat Perbenihan Ditjenbun Kementan dan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya. (mas)

Pakan Cukup Rahasia Penggemukan Kepiting

May 2, 2018 by  
Filed under Agrobisnis

VIVABORNEO.COM, Ada anggapan yang berkembang di masyarakat, jika membeli kepiting hendaknya saat bulan dalam keadaan purnama, atau setidaknya hampir purnama. Kenapa? Karena mitos yang berkembang, disaat-saat itulah daging kepiting sedang banyak-banyaknya. Read more

Next Page »