Ardiansyah Sebut, Peran Jurnalis Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Sukseskan Pilkada

February 26, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Peran jurnalis dalam fungsi menyerbarluaskan informasi tentang pentingnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2024, Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang. Apresiasi tersebut disampaikan usai resmi dilantik, Jum’at (26/2/2021).

Hal itu, sambung Ardiansyah dapat dilihat dari angka partisipasi masyarakat Kutim yang mencapai 48 persen pada pilkada 2015, kemudian meningkat menjadi 65 persen pada Pilkada 2020.
Menurut Ardiansyah, hal itu juga tidak lepas dari peran awak media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan dari awal hingga berakhirnya pilkada.
“Ini artinya masyarakat sangat memberikan partisipasinya dalam pemilihan ini. Makanya, makna dari kemenangan ASKB ini adalah kemenangan dari rakyat Kutai Timur pada umumnya,” ucap Ardiansyah dalam konferensi pers usai pelantikan oleh Gubernur Isran Noor melalui virtual, diruang Meranti Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi.

Lebih lanjut, Ardiansyah yang sebelumnya pernah menjadi Bupati Kutim ini menyampaikan terima kasih kepada media cetak maupun online dan lainnya, juga awak media yang di Kutai Timur, Kalimantan Timur, maupun nasional, karena telah memberikan berita yang terbaik. Meningkatnya partisipasi masyarakat ini juga berkat peran serta media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. (**)

Tunjangan Mobilitas Pencegahan Karhutla, Pemkab Kutim Serahkan 28 Kendaraan Patroli

February 8, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Guna menunjang mobilitas dalam upaya penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Pemerintah Kabupaten Kutim, menyerahkan bantuan 28 kendaraan patrol. Terdiri dari 12 kendaraan roda empat (mobil) patrol dan 16 kendaraan roda dua (motor).

Penyerahan oleh Plt Bupati H Kasmidi Bulang, didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, Syafruddin, usai pelaksanaan Apel Gabungan Karhutla 2021, Senin (8/2/2021) di Halaman Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim.

Adapun rinciannya, 2 motor diberikan keada Dinas yakni, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Selanjutntya, 14 motor itu diserahkan kepada 14 Kecamatan di Kutim. Sedangkan untuk mobil patrol, diberikan kepada Polres Kutim, Kodim 0909/Sangatta dan selebih diberikan kepada 10 Kecamatan.

Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang berharap dengan adanya bantuan kendaraan patrol itu, bisa membantu mobilitas petugas dilapangan, dalam upaya penanganan dan pencegahan Karhutla diwilayah Kutim. (hms15)

Dermaga Penyeberangan Tanjung Keramat Segera Dibangun

January 28, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVII Kaltim-Kaltara segera membangun penyeberangan Tanjung Keramat menuju dermaga Peridan, Sangkulirang, Kutim.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin usai memimpin rakor lintas sektor percepatan pembangunan dermaga penyebarangan Tanjung Keramat, di Ruang Rapat, Kantor Dishub Kutim, Rabu (27/1/2021). Diikuti pula oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Kadishub Rizali Hadi, Plt Kadis PU Witono dan undangan lainnya.

“Hal ini harus dikerjakan secara bersama-sama, sebab sinergi dan kebersamaan itu penting. Artinya dari urusan lahan yang paling terpenting, pelayaran, pelayanan di ramu secara sistemik, komprehensif dan secara berlanjutan dalam perencanaan transportasi,” kata Avi Mukti.

Avi Mukti berharap, terbangunnya dermaga Tanjung Keramat ini, bisa meningkatkan roda ekonomi di Sangkulirang dan wilayah Kutim, sehingga Kaltim bisa cepat berkembang mandiri. Ia mengatakan target selesai pembangunan berdasarkan kondisi yang ada di wilayah Sangkulirang, sebab perlu ditambahkan pengembangan-pengembangan lainnya. Karena, banyaknya perusahaan disekitar wilayah Sangkulirang membutuhkan koneksivitas dari pulau satu ke pulau lainnya.

“Sinergisitas menjadi kunci dalam pembangunan wilayah itu sendiri. Melihat Pemdes pun kooperatif mendukung terlaksananya pembangunan dermaga tersebut,” bebernya.

Untuk nominal biaya pembangunan, kata Avi Mukti, secara Dipa anggaran kurang lebih Rp 3 Miliar, sesuai dengan kajian teknis. Kemudian dilapangan diperkirakan bisa berkembang lebih dari nominal tersebut. Sumber dana itu berasal dari APBN yang didorong oleh Dapil Kaltim Anggota DPR RI, Komisi VI dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan.

“Saya kira ini, merupakan peluang bagi Kaltim untuk pengembangan wilayah dan ekonomi,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suroto mewakili Plt Bupati Kutim, menyambut baik pembangunan penyeberangan tersebut. Ia berharap seluruh instansi terkait bisa terlibat memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan dan jika bisa selesai diakhir tahun 2021 ini.

“Pemkab Kutai Timur mendukung dan mengapresiasi pemerintah pusat dalam pembangunan dermaga. Semoga saja segera terwujud, agar memudahkan transportasi laut antar pulau di kecamatan Sangkulirang,” ujarnya. (hms7)

 

 

Kutai Timur Siap Suntikan Vaksin Sinovac Tahap Pertama

January 27, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Pemkab Kutai Timur siap melakukan penyuntikan vaksin Sinovac Tahap Pertama. Sebanyak 6.160 dosis vaksin Sinovac atau vaksin pencegahan COVID-19 telah tiba di Kutai Timur (Kutim), Selasa (26/1/21) sore tadi.

Vaksin Sinovac ini diterima oleh Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim disaksikan Badan POM dan Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko.

“Kutai Timur sudah menerima vaksin sebanyak 6.160, sekitar pukul 14.30 WITA,” kata Kadinkes Kutim dr Bahrani.

Bahrani  mengatakan rencananya 6.160 dosis vaksin Sinovac tersebut akan dipergunakan untuk 2 kali tahap penyuntikan. Untuk tahap pertama penyuntikan ada sebanyak 3.080 orang yang bakal disuntik vaksin. Dari ribuan warga terdapat 10 tokoh Kutim yang akan dipilih untuk mempelopori kegiatan vaksin di tahap pertama. Seperti Seskab Kutim Irawansyah dan beberapa tokoh lainnya seperti dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

“Untuk 10 tokoh Kutim ini, Sabtu, (30/1/2021) mendatang akan mulai penyuntikan perdana,” jelas Bahrani.

Selain itu, sambungnya, karena vaksin ini sudah tiba di Kutim, maka mulai Rabu (27/1/2021) besok, vaksin tersebut sudah mulai di ditribusikan ke setiap fasilitas kesehatan (Faskes). Termaksud Puskemas di seluruh Kecamatan. Dia berharap vaksin yang ada segera diambil oleh pihak faskes.

Bahrani kembali menerangkan bahwa untuk nakes, sebelum 30 Januari 2021 di perbolehkan melakukan penyuntikan vaksin. Sebab, setiap tenaga kesehatan sebelum 31 Januari 2021 diwajibkan sudah selesai melakukan penyuntikan vaksin tahap pertama.

“Karena jika dimulai tanggal 30 Januari ditakutkan waktunya tidak mencukupi,” imbuhnya.

Terakhir, Bahrani mengatakan penyuntikan tahap 2 dilakukan 14 hari setelah penyuntikan tahap pertama. Vaksinnya nanti disimpan di faskes masing-masing. Artinya mulai besok setiap faskes sudah mengambil vaksinnya untuk dua tahap vaksinasi. (hms7/hms3)

Wartawan Harus Bergabung di Organisasi Pers Resmi

January 19, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi

Vivaborneo.com, Sangatta — Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi usai melantik Pengurus PWI Kutim periode 2020-2023 menyampaikan beberapa hal. Khususnya menyangkut organisasi resmi profesi wartawan. Dikatakan, pentingnya seorang jurnalis bergabung dalam organisasi profesi dibawah naungan Dewan Pers Nasional.

Endro menegaskan bahwa PWI merupakan organisasi konstituen Dewan Pers. Selain PWI, Dewan Pers juga mengakui organisasi penerbit media yakni SPS, SMSI dan ANSI.  “Sementara untuk organisasi profesi pers tentunya PWI, AJI, IJTI serta PFI,” sebutnya di Hotel Royal Victoria, Senin (18/1/2021).

Ditambahkan olehnya, Undang-Undang Pers penting untuk memberikan perlindungan kepada wartawan, apabila ada sengketa pers yang menjerat jurnalis atau media.

Media tak berbadan hukum dan tidak masuk organisasi profesi wartawan serta tak memegang UKW tidak terverifikasi tentunya tak bisa dilindungi oleh regulasi dimaksud.

“Syarat untuk menjadi anggota PWI harus lulus UKW (uji kompetensi wartawan). Dengan kata lain, wartawan PWI sudah pasti berkompeten. Ada wartawan muda dengan kartu biru, madya dengan kartu warna silver dan utama dengan kartu gold,” jelasnya.

Sebagai bentuk profesionalitas di dunia jurnalistik, Endro menegaskan wartawan wajib bersertifikasi atau pernah lulus UKW. Berikutnya, narasumber juga berhak menolak wartawan tak bersertifikasi.

PWI, sambung Endro, tentunya memberikan pemahaman bagi wartawan, agar bergabung dengan organisasi profesi yang tepat. Sehingga saat bekerja bisa profesional dan terhindar dari persoalan hukum.Terakhir dia berharap pengurua PWI Kutim yang baru dapat mengemban amanah dengan memajukan organisasi kearah yang lebih baik. (vb/*/foto:tejo)

Next Page »