Kutim Geber Vaksinasi Siswa Sekolah

September 16, 2021 by  
Filed under Artikel, Kutai Timur

SANGATTA– Dinas Kesehatan Kutai Timur (Dinkes Kutim) terus menggeber program vaksinasi COVID-19 bagi siswa sekolah. Hal ini dilakukan merespon kebijakan Pemkab Kutim melalui Satgas Pengendalian COVID-19, terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM) 20 September 2021 nanti.

“Dengan kemampuan seluruh petugas vaksinasi yang ada, Dinkes Kutim menargetkan 1000 siswa (dosis) setiap kali dilaksanakan vaksinasi,” kata Kadinkes Kutim dr Bahrani, disela-sela pelaksanaan vaksinasi siswa sekolah di Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (16/9/2021).

Didampingi Leli, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kutim, Bahrani menyebut pihaknya telah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 sejak pekan lalu. Sasarannya siswa SMP, SMA hingga mahasiswa di Kutim. Melibatkan Puskesmas Sangatta Utara. Jumlahnya mencapai ratusan dosis setiap kali vaksinasi. Menyesuaikan vaksin yang ada.

“Jadi kalau di total (vaksin) untuk anak pelajar sebagai persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), sudah sekitar 3500 orang lebih,” tambah Bahrani yang mengenakan kemeja batik warna coklat.

Apabila sasaran program vaksinasi adalah siswa umur antara 12 sampai 17 tahun, maka jumlah murid yang akan di vaksin mencapai lebih dari 48 ribu anak. Jika vaksinasi terus digenjot dan saat ini sudah melewati angka 3500, maka hitungan persentasenya masih kecil dan belum akan selesai dalam waktu dekat. Kendati demikian, menurut Bahrani, pihaknya akan terus berupaya maksimal menyukseskan vaksinasi massal ini.

“Berapapun vaksin (COVID-19) yang datang, kita (Dinkes) akan distribusikan. Demi tercapainya herd immunity (di Kutim),” kata mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta tersebut.

Walaupun siswa sudah dibekali vaksin COVID-19, Bahrani tetap mengimbau sekolah agar benar-benar tegas dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan kepada siswa dan guru di sekolah.

Sementara program vaksinasi siswa di Sangatta terus digeber, Bahrani menyebut, mulai Jumat (17/9/2021), Dinkes juga akan melakukan program serupa di kecamatan lainnya. Sasaran paling dekat adalah Kecamatan Rantau Pulung. Tetapi dia tidak mengesampingkan kecamatan yang lain. Intinya apabila ada kecamatan yang siap, maka Dinkes akan tindak lanjuti. (*)

Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim Siap Kolaborasi Mandiri KEK MBTK

September 15, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SAMARINDA – Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim Siap Kolaborasi Mandiri Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK).

Kolaborasi mandiri siap dilakukan jika perusahaan yang masuk dalam konsorsium menarik diri.

Dalam pengelolaan di KEK MBTK, ada tiga perusahaan yang masuk dalam konsorsium yaitu Perusda MBS dari Pemprov sebagai perwakilan provinsi serta dua perusahaan swasta yakni PT Trans Kalimantan Economic Zone (TKEZ) bergerak di sektor tambang batu bara dan PT Batuta Chemical Industrial Park (BCIP) di metanol.

“Hingga kini dua perusahaan tersebut belum memberikan kontribusi dan pemikiran dan sebagainya di KEK MBTK. Justru mereka ingin membentuk kawasan sendiri sehingga KEK MBTK ini menjadi sulit untuk ditindaklanjuti,” kata Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman usai dialog evaluasi progres KEK MBTK di Ruang Tepian I Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan Ardiansyah, Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim menghormati keputusan manajemen dua perusahaan tersebut. Jika memang dua perusahaan ini mau keluar dari KEK MBTK, akan disarankan KEK MBTK grup menyetujuinya.

“Jadi tinggal komitmen dan menjadi fokus Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim untuk penyelesaian KEK MBTK. Intinya hanya provinsi dan kabupaten berkolaborasi mandiri,” kata Ardiansyah.

Dalam waktu dekat ini, Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim akan menyelesaikannya dan akan segera disampaikan ke Dewan Ekonomi Nasional KEK MBTK termasuk juga laporan ke Menko Perekonomian RI untuk lebih memahami terkait permasalahan ini.

“Jangan sampai ini berlarut-larut, kita fokus percepatan operasional KEK MBTK,” tegasnya.

Namun, Ardiansyah menegaskan pihaknya bersama Pemprov Kaltim akan menyelesaikan kelanjutan KEK MBTK pasalnya Perusda MBS sudah banyak mengeluarkan anggaran operasional.

“Untuk itu kita akan selamatkan. Mudah-mudahan tahun ini sudah mulai ada tanda baik untuk penyelesaian KEK MBTK,” urainya.

Rapat evaluasi progres KEK MBTK di Ruang Tepian I Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim Abu Helmi mengutarakan jika KEK MBTK segera dapat berkembang dan terealisasi pengoperasionalannya.

“Kendala yang masih dihadapi memang masih di sektor internal soal birokrasi di Kementerian Perekonomian,” ulasnya.

Saat ini investor sudah masuk di KEK MBTK sudah ada 14 perusahaan dan semuanya sudah siap. Namun untuk beroperasinya di KEK MBTK masih ada hambatan dari birokrasi.

“Untuk itu regulasinya harus segera diselesaikan oleh Perusda MBS ke arah 100 persen,” tegasnya.

Selanjutnya memang yang masih mengganjal terkait persyaratan yang harus dipenuhi dan perkembangan membangun dan mengelolanya.

” Kita sekarang sedang memenuhi persyaratan yang mereka minta, sebagian besar sudah dipenuhi jadi tinggal melengkapi kekurangannya sambil berjalan,” bebernya. (irfan)

Kutim Akan Mulai Pembelajaran Tatap Muka

September 15, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA– Pembelajaran Tatap Muka Tertabatas (PTMT) di Kabupaten Kutai Timur telah disepakati akan dimulai 20 September 2021 mendatang.

”Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kutai Timur (Kutim) akan merekomendasi pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), kata Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat memimpin rapat evaluasi PPKM level-3 mewakili Bupati di Kantor BPBD, Selasa (14/9/2021).

Proses  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dilaksanakan dengan catatan (siswa dan guru) sekolah tersebut harus sudah divaksin 50-70 persen. Namun demikian, tidak bisa semua sekolah yang mengusulkan PTMT dapat melakukan kegiatan proses belajar di sekolah. Selain harus menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah pusat, pihak sekolah wajib melakukan pengecekan terlebih dahulu sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Nanti tim Satgas Dinas Pendidikan akan turun ke lapangan. Jangan sampai ada hal yang kita tidak inginkan saat proses belajar mengajar berlangsung. Karena sudah lama tidak digunakan,” tegas Kasmidi lagi.

Hal lain seperti program vaksinasi juga disampaikan Kasmidi agar menjadi fokus perhatian. Dia meminta agar program vaksinasi untuk anak umur 12-17 tahun terus berjalan. Dengan melibatkan TNI-Polri selaku stakeholder. Agar capaian vaksinasi untuk pelajar usia diatas 12 tahun cepat terpenuhi

Kepala Dinas Pendidikan Kutim Syahrir menyampaikan, sekolah yang mengajukan dan siap untuk pelaksanaan PTM jumlahnya mencapai puluhan. Rinciannya yakni 46 Taman Kanak-Kanak (TK) 29 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 20 Sekolah Menegah Atas (SMA). Menurut Syahril, persiapan PTM sudah dilalukan sejak awal 2021. Namun karena tren penyebaran COVID-19 masih tinggi, rencana implementasi PTM mesti ditunda.

”Kita juga akan meminta kepada orang tua murid untuk memperbaharui surat izin mengikuti pembelajaran tatap muka,” kata Syahril. (*)

Bupati Kutim Apresiasi BUMDes yang Berinovasi

September 13, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA– Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terus melakukan inovasi. Bukan hanya melalui jenis usaha, namun juga dari sisi kerjasama melibatkan stakeholder. Apalagi BUMDes bisa menyakinkan perusahaan di sekitarnya agar mau berkontribusi memberikan bantuan demi kemajuan usaha.

Penyataan dimaksud disampaikan Ardiansyah saat menghadiri acara penandatanganan kerjasama antara PT KPC dengan BUMDes Sangata Utara Sejahtera dan BUMDes Makmur Sejahtera, serta MoU antara BUMDes Sangatta Utara dengan Gapoktan Cipta Karya Kaubun, di jalan Abdul Muis, Sangatta Utara, Senin (13/9/2021).

“Ini kemajuan yang luar biasa, makanya kita akan dorong terus agar BUDes ini bisa terus bergerak. Salah satunya (mendukung pengembangan) di bidang ekonomi kerakyatan, khususnya untuk Desa Sangatta Utara,” kata Ardiansyah yang mengenakan pakaian dinas harian warna coklat.

Bupati berharap BUMDes Sangatta Utara bisa menjadi satu contoh untuk perkembangan pemberdayaan masyarakat. Karena mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

“(BUMDes) Ini bisa menjadi salah satu pioneer (pelopor) di dalam ekonomi kerakyatan di kabupaten Kutai Timur,” tutup Ardiansyah dihadapan seluruh undangan termasuk manajemen PT KPC dan Camat Sangatta Utara M Basuni.

Sebelumnya Direktur BUMDes Sangatta Utara  Sejahtera Ahmad rifandi SE menjelaskan bahwa kerjasama antara pihaknya dengan Gapoktan Cipta Karya terkait pengadaan beras. BUMDes Sangatta Utara Sejahtera sudah mempunyai 1200 target terikat atau pelanggan tetap yang disalurkan melalui program bantuan pangan non-tunai, masing-masing 5 kilogram, serta melakukan kerjasama pemasaran dengan mini market yang berada di Sangatta.

Secara umum acara berjalan lancar dengan undangan terbataa dan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan 1 unit mobil pick up dari CSR PT KPC untuk oprasional BUMDes Sangatta Utara Sejahtera. (hms8/hms3)

Sembilan Nama Lolos Seleksi Administasi Calon Dewas Perumda Air Minum Kutim

September 10, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Panitia Seleksi Calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Tuah Benua Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2025 meloloskan sembilan nama dalam seleksi administrasi guna mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Ketua Pansel calon anggota Dewas Perumda Air Minum Tirta Tuah Benua Kutim Irawansyah dalam pengumumannya mengatakan sembilan nama tersebut dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya.

“Berdasarkan pengumuman panitia seleksi bakal calon anggota dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Tuah Benua Kutim Nomor: 003/PANSEL-DEWAS-PERUMDA/IX/2021 tanggal 6 September 2021, dengan ini diberitahukan bahwa hasil seleksi administrasi yang memenuhi persyaratan (9 orang),”tulisnya dalam pengumuman tersebut, Kamis (9/9/2021).

Sembilan nama yang lolos itu dari unsur non pemerintah adalah Drs H Arjohansyah M.Si, Eka Ayu Rachmawati SE, Agri S.Pd, Andi Adly Ashari SE, Miswan Prima Putra S.Sos, Dr. Ir. Rusmiyati MP, Hariyadi SP dan Akhmad Warsip Setiyono ST. Sementara itu dari unsur pemerintah ialah Suroto SE M.Si.

Kesembilan orang tersebut akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya yaitu seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Proses seleksi UKK berlangsung dari tanggal 13 sampai dengan 16 September ini di Kantor BKPP Kutim. (hms7)

Next Page »