Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang Terpapar Covid-19

November 27, 2020 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – Kabar mengejutkan datang dari pesan berantai di berbagai group whatapps, yang diterima vivaborneo.com. Isi pesan chat menyebutkan bahwa Walikota Samarinda Syaharie Jaang terkonfirmasi positif terpapar virus covid-19, Rabu (25/11/2020).

Informasi bahwa Syaharie Jaang terpapar covid-19 pun akhirnya terkonfirmasi, lewat Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin yang membenarkan Kabar Jaang (sapaan akrab Syaharie Jaang) positif terpapar Covid-29 dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala).

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang

Saat ini orang nomor satu di Kota Samarida itu telah menjalani isolasi mandiri di Rumah Dinas Walikota Samarinda, Kalimantan Timur di Jalan S Parman Samarinda.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Samarinda Ismed Kusasih, membenarkan status Wali Kota Samarinda positif Covid-19 “Kondisi beliau baik, doakan cepat pulih dan sehat,” ucap dia.

Ismed yang juga berprofesi Dokter, sempat mengunjungi Wali Kota dan memastikan Syaharie Jaang dalam kondisi baik.

“Kami telah melakukan pemeriksaan, tanda-tanda vital baik, mulai tensi, nadi, saturasi, pernapasan, hingga suhu badan dalam batas normal,” katanya.

Ismed juga sempat menemani Wali Kota Samarinda itu saat berjemur, untuk meningkatkan imunitas tubuh. “Saya sempat menemani Pak Wali berjemur,” katanya.

Sebelum terkena virus tersebut Syaharie Jaang melakukan lawatan ke Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat pekan lalu, juga sempat menghadiri tiga acara resmi di Pemerintah Kota Samarinda dan hari minggu (22/11) menghadiri acara pernikahan/pesta perkawinan di 2 tempat.

Namun, hingga kini belum diketahui dari mana dan dimana orang nomor satu di Samarinda itu tertular Covid-19. Setelah dinyatakan positif Covid-19, Syaharie Jaang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas sejak dilakukan swab antigen, Rabu (25/11/2020).

Kemudian beredar pesan chat yang ditulis oleh walikota Syaharie Jaang di sebuah group Whatapps, dimana Syaharie Jaang menyatakan bahwa terkonfirmasi positif covid-19 sesuai hasil swab test antigen dan swab PCR.

Jaang pun mengingatkan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. “Selalu memakai masker itu salah satu pencegahan yang efektif,”tulis walikota 2 periode ini. (hel)*

Prokes Covid-19 di Pilkada Kota Samarinda

November 26, 2020 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Kota Samarinda kurang dari 2 pekan lagi yakni pada tanggal 9 Desember 2020. Pilkada dalam rangka memilih calon walikota dan wakil walikota Samarinda masa bakti 2021-2026 ini, digelar di masa pandemi Covid-19. Read more

Perumdam Tirta Kencana Benahi Power PLN dan Genset di Intake Gajah Mada

November 23, 2020 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda akan melakukan pembenahan Power PLN dan Genset di Intake Gajah Mada, Rabu (25/11/2020)

Direktur Teknik Ali Rachman AS didampingi Manager Perawatan Sugianto dan Asisten Manager Perawatan Mekanikam Elektrikal & Bengkel Kaharudin melalui Asisten Manager Kesektariatan dan Humas HM Lukman menyampaikan, kegiatan ini akan berdampak pada gangguan produksi dan distribusi di IPA Tirta Kencana,” jelasnya.

Dijelaskannya pekerjaan pembenahan power PLN dan genset di intake Gajah Mada ini antara lain interkoneksi Kabel Power baru dari Trafo ke LVMDP, iInterkoneksi Kabel Genset ke LVMDP, iInterkoneksi LVMDP ke 4 Unit Pabel Pompa dan pemindahan dan pemasangan panel pompa.

Adapun wilayah yang terdampak diantaranya wilayah   Samarinda Kota, Kampung Jawa, Jalan KS Tubun, Jalan Wolter Monginsidi, Jalur Reservoir Segiri, Jalan A Yani, Jalan Sentosa, Jalan Kemakmuran, Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Gerilya, Jalan Proklamasi, Jalan Sebulus Salam dan sekitarmya.

“Diimbau kepada masyarakat pelanggan di jalur tersebut untuk bisa menampung air selagi masih mengalir sebagai persediaan karena disaat pekerjaan berlangsung aliran distribusi sementara dihentikan,” terangnya.

Atas nama Manajemen dirinya menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya layanan ini. Pekerjaan dimaksudkan untuk kelancaran aliran produkai dan distribusi di IPA Tirta Kencana an diupayakan bisa secepatnya selesai agar aliran distribusi bisa kembali normal dan lancar. Sebagai info biasanya jika pekerjaan selesai dan dialirkan di aliran pertama air agak keruh karena saat ada aliran endapan lumpur didalam pipa terbawa arus, akan jernih sendiri jika aliran sudah normal.

Untuk informasi dan pelaporan bisa disampaikan ke hotline 0541 -2088100 atau chat WA ke 0811553536 dan 0811552226. Informasi juga bisa dilihat melalui Media Sosial FB dan IG Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.(*/Luk).

Dirut Perumdam Tirta Kencana : Hemat Air Walaupun Harus Rajin Cuci Tangan

November 19, 2020 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA : Berbagai upaya menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Kota Samarinda, dilakukan berbagai pihak termasuk pihak perusahaan swasta, dalam hal ini Perumdam Tirta Kencana, perusahaan air minum milik Pemerintah Kota Samarinda ini pun turut melaksanakan berbagai langkah strategis yang telah ditetapkan Walikota Samarinda dan Satgas Covid-19.

Dirut Perumdam Tirta Kencana Samarinda, Noor Wahid Hasyim

Menurut Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana Noor Wahid Hasyim, Perumdam saat pandemi Covid-19 ini mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh Wali Kota dan Satgas covid 19 yakni disiplin ketat Protokol Kesehatan Covid-19 dalam upaya menekan penularan Covid-19.

Berbagai langkah kebijakan telah dilaksanakan seperti melaksanakan rapid test dan swab test untuk seluruh karyawan, mitra dan rekanan dilingkungan perumdam. Melengkapi seluruh petugas dan tempat pelayanan perumdam dengan alat pelindung diri (masker, hand sanitizer, pembatas petugas dgn pelanggan).

“Kami juga sudah membuat tempat cuci tangan untuk area pelayanan pelanggan dan beberapa titik tempat fasilitas umum di Kota Samarinda,”ujar Noor Wahid Hasyim.

Kemudian untuk membantu meminimalisir penularan covid-19, Perumdam juga telah melakukan penambahan pemberian disinfektan diberikan pada air yang didistribusikan ke masyarakat namun tetap dalam batas kadar standar kesehatan.

Noor Wahid Hasyim meminta karyawan dan pelanggan Perumdam Tirta Kencana Samarinda tetap menerapkan dengan disiplin untuk protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dimanapun berada, sekaligus berharap masyarakat pelanggan air perumdam tetap berhemat air walaupun harus rajin cuci tangan. (Hel)*

Gusti Putri Kagumi Sarung Samarinda dan Masker Etnik

November 18, 2020 by  
Filed under Samarinda

vivaborneo.com – Stand Pemerintah Kota Samarinda dikunjungi oleh Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam X, Istri Wakil Gubernur DI Yogjakarta biasa dipanggil Gusti Putri usai acara pembukaan (12/11/2020) pameran terpadu Indonesia Quality Expo 2020 di Jogja City Mall, 12-15 November 2020.

Didampingi oleh Istri Wakil Gubernur Kaltim Hj. Erni Makmur serta Kepala Badan Standarisasi Nasional Kukuh S.Achmad, Gusti Putri melihat proses pembuatan sarung tenun Samarinda.

“Wah tampak rumit ya proses pembuatannya, berapa hari ini bikinnya? Benangnya dari sutera? Berasal darimana sutera nya?” tanya Gusti Putri kepada perajin sarung tenun Samarinda Herlina.

Selanjutnya secara berganti dijelaskan proses pembuatan sarung tenun samarinda ini oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nina Endang Rahayu dan Kadisperin Muhammad Faisal, serta Hj. Erni Makmur.

Gusti Putri juga melihat-lihat dengan seksama masker etnik yang ada dipamerkan,

“Masker nya juga unik dan etnik sekali ini, saya suka coba segera nanti berkoordinasi kebetulan kami mengadakan Pameran Masker mulai besok di Galleria” lanjut Gusti Putri bersemangat mengajak turut serta berpameran.

Selang beberapa jam, stand juga dikunjungi Walikota Samarinda H.Syaharie Jaang, dan Ketua Dekranasda Hj. Puji Setyowati. Dihari berikutnya juga hadir Sekda H. Sugeng Chairuddin dan Asisten H. Tejo Sutarnoto, kemudian juga ada berkunjung Ibu Hj.Norbaiti Isran Noor isteri Gubernur Kaltim yang juga Ketua Dekranasda Prov Kaltim.

Sementara di acara penutupan pada hari Minggu (15/11), Pemkot Samarinda meraih juara 1 sebagai stand terbaik pada kegiatan pameran ini. Urutan selanjutnya sebagai juara adalah Disperindagkop Kaltim, DPMPTSP Kaltara, DPMPTSP Bandung, Dinas Pangan Ngawi dan Disperindag Kab.Dogiyai.

“Alhamdullillah, saya apresiasi dan bangga dengan semua tim yang terlibat pada kegiatan expo kali ini khususnya DPMPTSP kota Samarinda dan juga Dekranasda yang telah berusaha maksimal menampilkan yang terbaik, kepada pengrajin sarung samarinda yang ikut saya ucapkan terima kasih” ucap Hj Puji Setyowati sambil tersenyum bangga.

Lebih lanjut dia mengatakan senang dengan pola kerjasama antara DPMPTSP, Disperin dan Dekranasda seperti ini saling melengkapi untuk menghasilkan yang terbaik,

“Mudahan bisa dilanjutkan saling kolaborasi antar OPD seperti ini kalo mengikuti kegiatan pameran, sehingga dapat menghasilkan yang terbaik sekaligus bisa efektif dan efisien” kata Puji Setyowati. (*/adv)

Next Page »