Perumdam Tirta Kencana Kebut Pembangunan SPAM Sungai Kapih

August 1, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus kebut penyelesaian pembangunan SPAM Sungai Kapih. Direktur Teknik Ali Rachman AS bersama Manager Perencanaan Teknik H M Ady Fachrudy melalui Asisten Manager Humas dan Kesektariatan HM Lukman, saat mendampingi Anggota Dewan Pengawas H Abdullah dan Hargono saat meninjau ke lokasi pembangunan SPAM Sungai Kapih mengatakan pembangunan SPAM ini sebagai uapaya peningkatan pelayanan akan air bersih.

“Alhamdulillah kita kebut penyelesaian SPAM Sungai Kapih seiring di tahun ini adanya bantuan anggaran Keuangan dari Pemerintah Kota melalui PUPR Kota Samarinda yang Insya Allah akhir tahun 2021 sudah bisa kita operasikan untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Sambutan dan sekitarnya,” kata Ali Rachman, Minggu (1/8/2021)

Dijelaskan, IPA Sungai Kapih kapasitas 200 liter/detik ini sudah lama mangkrak sejak tahun 2014. Bahkan beberapa peralatan sarana dan prasarana banyak tidak ada. Karenanya Perumdam bekerja keras berjuang mencari dukungan anggaran baik ke Pemerintah Kota maupun Pemerintah Provinsi agar bisa dilengkapi kembali sarana dan prasarana sehingga SPAM Sungai Kapih nantinya bisa dioperasionalkan untuk melayani dan menambah kapasitan prosuksi air bersih untuk Kota Samarinda.

“Alhamdulillah dukungan Walikota Andi Harun dan jajarannya serta Gubernur Isran Noor, dukungan anggaran dikucurkan untuk penyelesaian SPAM Sungai Kapih ini, semoga proyek berjalan lancar dan target akhir tahun selesai dan bisa dioperasinalkan,” terang Ali.

Jika SPAM Sungai Kapih sudah bisa beroperasi diharapkan akan bisa menambah pasokan produksi air bersih untuk melayani masyarakat di kecamatan Sambutan termasuk Perumahan Sambutan Asri dan Handil Kopi yang selama ini aliran masih bergilir. Selain itu saat ini juga sedang proses pekerjaan pipa DN 300 mm dari jalur SPAM Makroman menuju Sambutan. Target akhir tahun ini juga perpipaan bisa terkoneksi.

“Mohon doa dan dukungannya Insya Alllah jika SPAM Sungai Kapih beroperasi akan mengurangi jadwal bergilir di wilayah Sambutan Asri dan sekitarnya. Diupayakan bisa mengalir 24 jam dan lancar jika pipa sudah terkonek dari jalur SPAM Makroman,” tutur Ali Rachman.

Bila pekerjaan tersebut telah selesai, maka Perumdam Tirta Kencana akan membuka penyambungan pelanggan baru di wilayah tersebut. (*/lk)

 

Donor Darah Perumdam Tirta Kencana Hasilkan 36 Kantong

July 28, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Agenda rutin donor darah di lingkungan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda bekerjasama dengan PMI Cabang Samarinda menghasilkan 36 kantong darah. Dari 37 pendaftar, 1 pendonor gagal karena HB dan tekanan rendah.

Kegiatan ini sudah menjadi agenda per 3 bulan. Pada masa pandemi Covid 19, peserta menurun karena kesibukan pegawai di lapangan atau ada hal lain. Pelaksanaan kegiatan donor darah ini dilaksanakan di ruang rapat kantor pusat Jl Tirta Kencana No 1 Samarinda. Selasa, 27 Juli 2021.

“Semoga hasil donor bermanfaat bagi pasien yang membutuhkannya segera sembuh dan kita semua sehat seberataan,” kata Koordinator Donor Darah Chamdany.

Sesuai anjuran Pemerintah kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tidak diperkenankan berkumpul dalam suatu ruangan, memakai masker dan selalu cuci tangan dengan handsanitizer atau sabun sebelum dan sesudah beraktifitas.

Chamdany bersyukur donor darah kali lancar terkendali. Walau dalam kondisi pandemi , pegawai Perumdam masih bisa berbuat kebaikan untuk mendonorkan darahnya .

“Kami yakin pihak PMI akan terbantu untuk mengisi kekosongan stock darah bagi pasien yang membutuhkannya , membantu sesama demi kemanusiaan. Semoga hasil donor sangat berguna bagi pasien yang membutuhkannya,” tutur Chamdany.

Sebelum donor peserta isi formulir di wajibkan cuci tangan dengan handsanitizer atau sabun yang telah disiapkan pihak Perlengkapan dan masuk dalam ruang tunggu yang sudah berjarak diatur sedemikian rupa oleh petugas PMI sebelum masuk ke ruangan donor darah.

“Kami Unit Donor Darah PMI kota Samarinda mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi rekan rekan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda dalam pemenuhan kebutuhan stok darah di PMI kota Samarinda,” ujar Dr Helda Fitriyani didampingi Nasrina dari UPTD PMI. (*/man)

Reses, Warga Keluhkan Infrastruktur dan Penerengan Jalan pda Anggota Dewan

July 23, 2021 by  
Filed under Samarinda

Novi Marinda Putri

SAMARINDA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Novi Marinda Putri menampung keluhan warga terkait masalah infrastruktur dan penerangan lampu jalan. Keluhan tersebut diterima saat menggelar reses yang pada Kamis (22/07/2021) di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang.

Dalam reses yang digelar mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 tersebut, Novi sapaan akrabnya banyak mendengarkan masukan dan keluhan masyarakat. Seperti halnya, keluhan soal infrastruktur seperti persoalan drainase dan vaksin covid-19 per Kecamatan

Menanggapi keluhan tersebut, Novi yang juga anggota Badan Anggaran itu akan segera melakukan koordinasi melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, sebelumnya dirinya sudah bertemu dengan dinas yang menangani namun terkendala anggaran.

“Warga meminta penerangan jalan utama Loa Bakung yang kini gelap pada malam harinya dan rawan terjadi tindak kejahatan maupun kecelakaan. Insya Allah tahun ini kalau tidak ada potongan lagi akan utuh dilaksanakan,” jelas Bendahara Fraksi PAN Samarinda

Lebih lanjut, Ketua Barisan Muda Penegak Amanat Nasional Kaltim (BM PAN) menambahkan, Rp10 miliar anggaran yang diperlukan untuk menuntaskan persoalan penerangan di Kota Samarinda. Banku provinsi dan Pusat.

“Terkait ini semua kita akan perjuangkan semua aspirasi masyarakat. Kita berdoa Mudah-mudahan semua bias direalisasikan,” tutupnya. (man)

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Sembelih 23 Hewan Kurban

July 22, 2021 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi memimpin langsung penyembelihan hewan kurban yang diadakan alumni SMP Negeri 1 Samarinda (SPANSA 84) di Jalan AW. Sjahranie, Kamis (22/7/2021).

Hadi Mulyadi yang merupakan salah satu alumni SMA 1 ini mengatakan, sampai dengan hari ke-3 Idul Adha, total hewan kurban yang disembelihnya berjumlah 23 ekor baik sapi maupun kambing. Pada hari ini tepatnya pukul 11.00 wita Hadi menyembelih 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Hadi yang hadir dengan membawa 10 pisau dari sekian banyak koleksinya dari berbagai daerah di Indonesia, mengaku sangat antusias untuk melakukan penjagalan terhadap hewan kurban.

“Selain mendapat pahala ini juga merupakan salah satu keahlian yang saya pelajari sejak tahun 2000, saya  mempelajari teknik penyembelihan sendiri, karena saya suka belajar sendiri dan apa saja saya kerjakan,” katanya.

“Hobi-hobi saya yang lain seperti olah raga dan seni pun saya belajar sendiri, di keluarga hanya saya saja yang bisa jagal hewan kurban,” imbuh Hadi.

Sementara itu Muhammad Faisal sebagai ketua panitia Qurban mengatakan hewan kurban yang telah disiapkan merupakan hasil kurban dari para alumni SMANSA angkatan 1984, yang mana daging kurban akan dibagikan kepada warga sekitar,

“Tentunya juga kepada para alumni yang berhak menerimanya dan para guru kami, sudah kedua tahun dilaksanakan dan insyaAllah jadi tradisi” ucap Kadis Kominfo Kaltim ini. (*)

Pemkot Samarinda Imbau Salat Idul Adha Di Rumah

July 19, 2021 by  
Filed under Samarinda

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samarinda dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 M (ist)

SAMARINDA – Pandemi Covid-19 yang masih tinggi menerjang Ibukota Kaltim Samarinda saat menjelang pelaksanaan hari raya Idul Adha, tentu pelaksanaannya akan berbeda dengan perayaan Idul Adha di tahun tanpa pandemi, protokol kesehatan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan Adul Adha 1442 Hijriyah/2021 M.

Demi kemaslahan umat disaat pandemi covid-19, Pemkot Samarinda menggelar rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samarinda dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 M, Kamis, (15/07/2021).

Sesuai surat edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 16 Tahun 2021 Tentang Pentunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi di Luar Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kagiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pemkot Samarinda pun akan mengikuti surat edaran Kementerian Agama RI tersebut dengan mengeluarkan beberapa arahan kepada umat muslim kota Samarinda yang akan melaksanakan Idul Adha. Seperti imbauan salat Idul Adha dirumah saja, penerapan protokol kesehatan saat salat Idul Adha, pemyembeliahan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH), hingga pembagian daging kurban dengan sistem antar ke rumah yang berhak.

“Maaf, perayaan Idul Adha seperti sholat idul adha, pemotongan hewan dan takbiran diwaspadai terjadi kerumunan. Kita harus mengantisipasinya, agar warga demi keselamatan dan kemaslahatan umat, bersemangat melaksanakan Sholat Ied di rumah aja,” ujar Dr. H. Rusmadi Wakil Walikota Samarinda.

Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian umat muslim kota Samarinda dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di saat hari raya Idul Adha :

Pertama, melaksanakan Salat Idul Adha sebaiknya di rumah masing-masing. Apabila tetap melaksanakan Salat Idul Adha di masjid, langgar, atau lapangan, maka harus memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu memakai masker, menjaga jarak minimal 1 (satu) meter, mencuci tangan, serta jumlah jamaah yang hadir maksimal 50 persen kepasitas tempat salat.

Kedua, panitia Idul Adha memastikan bahwa yang hadir salat Idul Adha benar-benar dalam keadaan sehat.

Ketiga, penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan di rumah pemotongan hewan (RPH) atau di tempat lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Keempat, pembagian hewan Qurban dilakukan dengan cara mengantarkan langsung ke rumah yang berhak oleh petugas untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Kelima, dilarang untuk melakukan takbiran keliling.

“Semoga Samarinda dijauhkan dari situasi yang semakin sulit. Mari kita bersatu padu atau BEBAYA & disiplin protokol kesehatan menghadapi Covid-19,” harap Rusmadi.

Jangan Kendor Untuk Sehat dan Terhindar dari Covid-19 yaitu dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) & 3T (Testing, Tracing, Treatment) & Vaksinasi. (*/hel)

Next Page »