Ulang Tahun PMI, Wagub Donor Darah

September 17, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi ketika melaksnakan Donor Darah di PMI Samarinda

SAMARINDA – Ikut memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI), Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mendonorkan darahnya di unit transfusi darah (UTD) PMI Samarinda. Wagub melakukan donor darah sepulang menjadi khatib salat Jumat.

“Alhamdulillah, ini donor yang ke-12,” sebut Hadi Mulyadi, usai diperiksa dokter dan dinyatakan memenuhi syarat untuk donor darah. Lengan Wagub yang disedot darahnya adalah lengan sebelah kanan.

Pada kesempatan itu, Hadi Mulyadi menyampaikan selamat ulang tahun untuk PMI. “Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PMI yang selama ini bekerja membantu pemerintah dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, PMI termasuk berada di barisan terdepan khususnya dalam penanganan pandemi Covid 19. Karena itu tak berlebihan, menurut Wagub jika memberikan ucapan terima kasih kepada jajaran PMI di seluruh Tanah Air yang sudah bekerja dan kolaborasi dengan seluruh masyarakat dan pemerintah.

“Sekali lagi terima kasih untuk PMI,” kata Wagub.

Di saat yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, Endro S. Efendi, dan Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya juga mendonorkan darahnya. “Mohon maaf pak, saya duluan donor,” sapa Endro ketika Wagub Hadi Mulyadi masuk ruangan donor.

Hadi Mulyadi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk jajaran PWI Kaltim yang rutin melakukan donor. “Sayang kalau ada masyarakat yang belum pernah donor darah,” pungkas Hadi Mulyadi. (*)

 

 

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Paser Capai 22 Persen

September 17, 2021 by  
Filed under Paser

TANA PASER –Pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Paser hingga pertengahan September 2021 mencapai 22 persen. Pada minggu ketiga Agustus 2021 lalu, cakupan vaksinasi baru mencapai 14,5 persen, dan diperkirakan cakupan ini akan terus meningkat.

“Untuk vaksinasi saat ini masih berjalan 22 persen, ini terus dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas dan akan meningkat menjadi 25 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser I Dewa Made Sudharsana, Kamis (16/09/2021).

Menurut Dewa peningkatan cakupan vaksinasi dikarenakan bukan hanya vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Daerah saja, melainkan banyak pihak yang mendukung kegiatan ini diantaranya TNI-Polri, organisasi keagamaan, dan perusahaan.

“Kami telah mengirim petugas untuk mengambil 1.300 dosis vaksin, kemudian menyusul 2.300 dosis,” kata Dewa.

Pemerintah Daerah telah melakukan vaksinasi terhadap pelajar dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka. Sebelumnya Pemkab Paser menargetkan sasaran vaksinasi kepada 800 pelajar yang saat ini sudah dilaksanakan secara bertahap. Kemudian, TNI – Polri juga melakukan hal yang sama terhadap 500 pelajar SMA 1 Tanah Grogot.

Dewa mengatakan tetap melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat dan pelajar karena kedua-duanya sangat penting dalam membentuk Herd Imunity atau imunitas komunal/kekebalan tubuh kelompok (dalam jumlah banyak).

“Vaksinasi kepada masyarakat dan pelajar, dua-duanya kita kejar. Jenis vaksin sinovac diberikan kepada para pelajar. Ini sesuai arahan Bupati untuk persiapan pembelajaran tatap muka,” katanya.

Dewa berharap program vaksinasi ini dapat diikuti lapisan masyarakat sesuai dengan usia yang dipersyaratkan meski dalam kegiatan itu tidak semua masyarakat yang bisa divaksin.

“Masyarakat harus mau divaksinasi sesuai usianya walaupun di dalam vaksinasi itu ada kontra indikasi (kondisi di mana tubuh tidak bisa menerima obat/vaksin). Tentu sebelum divaksinasi dipastikan petugas akan memeriksa dulu, sehingga layak atau tidak (divaksin) dari hasil pemeriksaan petugas tersebut,” ujarnya. (*)

 

Status Level PPKM Turun, Bupati Minta Masyarakat Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

September 17, 2021 by  
Filed under Paser

TANA PASER – Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Paser telah turun status level PPKM, dari level 4 ke level 3. Meski demikian Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Walaupun berada di level 3 kita jangan lengah dan tetap waspada,” kata dr. Fahmi Fadli pada rapat evaluasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di ruang rapat Sadurengas kantor Bupati, Rabu (15/09/2021).

Bupati menekankan kepada tim Satgas Covid-19 untuk terus melakukan kegiatan 3T yaitu pemeriksaan dini (Testing), pelacakan (Tracing), dan perawatan (Treadment), serta kegiatan Operasi Yustisi secara humanis.

“Ke depan operasi yustisi akan humanis agar kejadian kemarin tidak terulang. Dalam operasi yang akan dilaksanakan kedepannya tidak akan ada lagi denda administrasi,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

Bupati juga meminta RSUD Panglima Sebaya untuk memastikan ketersedian ruang isolasi untuk pasien Covid-19. “Jika ruangannya sudah selesai digunakan, maka pastikan ruangan tersebut dapat digunakan lagi,” ucap dia.

Sementara Asisten Kesra Setda Paser Romif Erwinadi mengatakan turunnya status PPKM ke level tiga tidak lain berkat kerja keras Satgas Covid-19. “Bupati berharap tetap berada di level 3 ataupun bisa di level 2,” katanya.

Menurut Romif, penurunan status level PPKM dikarenakan menurunnya kasus pasien positif Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir.

“Data-data dari Dinas Kesehatan dan IDI, Kabupaten Paser bisa turun level cukup besar karena tim Satgas kecamatan bisa bersama dengan masyarakat untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Dikatakan juga Romif, kedepan kegiatan penegakkan yustisi, harus mengedepankan aspek humanis. “Bupati bilang tidak ada denda bagi masyarakat, jika pelanggar akan diberikan masker,” kata Romif. (adhitia)

 

 

Kutim Geber Vaksinasi Siswa Sekolah

September 16, 2021 by  
Filed under Artikel, Kutai Timur

SANGATTA– Dinas Kesehatan Kutai Timur (Dinkes Kutim) terus menggeber program vaksinasi COVID-19 bagi siswa sekolah. Hal ini dilakukan merespon kebijakan Pemkab Kutim melalui Satgas Pengendalian COVID-19, terkait rencana pembelajaran tatap muka (PTM) 20 September 2021 nanti.

“Dengan kemampuan seluruh petugas vaksinasi yang ada, Dinkes Kutim menargetkan 1000 siswa (dosis) setiap kali dilaksanakan vaksinasi,” kata Kadinkes Kutim dr Bahrani, disela-sela pelaksanaan vaksinasi siswa sekolah di Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Sangatta, Kamis (16/9/2021).

Didampingi Leli, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kutim, Bahrani menyebut pihaknya telah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 sejak pekan lalu. Sasarannya siswa SMP, SMA hingga mahasiswa di Kutim. Melibatkan Puskesmas Sangatta Utara. Jumlahnya mencapai ratusan dosis setiap kali vaksinasi. Menyesuaikan vaksin yang ada.

“Jadi kalau di total (vaksin) untuk anak pelajar sebagai persiapan pembelajaran tatap muka (PTM), sudah sekitar 3500 orang lebih,” tambah Bahrani yang mengenakan kemeja batik warna coklat.

Apabila sasaran program vaksinasi adalah siswa umur antara 12 sampai 17 tahun, maka jumlah murid yang akan di vaksin mencapai lebih dari 48 ribu anak. Jika vaksinasi terus digenjot dan saat ini sudah melewati angka 3500, maka hitungan persentasenya masih kecil dan belum akan selesai dalam waktu dekat. Kendati demikian, menurut Bahrani, pihaknya akan terus berupaya maksimal menyukseskan vaksinasi massal ini.

“Berapapun vaksin (COVID-19) yang datang, kita (Dinkes) akan distribusikan. Demi tercapainya herd immunity (di Kutim),” kata mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta tersebut.

Walaupun siswa sudah dibekali vaksin COVID-19, Bahrani tetap mengimbau sekolah agar benar-benar tegas dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan kepada siswa dan guru di sekolah.

Sementara program vaksinasi siswa di Sangatta terus digeber, Bahrani menyebut, mulai Jumat (17/9/2021), Dinkes juga akan melakukan program serupa di kecamatan lainnya. Sasaran paling dekat adalah Kecamatan Rantau Pulung. Tetapi dia tidak mengesampingkan kecamatan yang lain. Intinya apabila ada kecamatan yang siap, maka Dinkes akan tindak lanjuti. (*)

Alumni Lemhannas Kaltim Gelar Seribu Dosis Vaksin

September 16, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Kaltim, menggelar vaksinasi sebanyak seribu dosis untuk warga Samarinda, di kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman Jalan Banggeris, Kamis (16/9/2021)

Vaksinasi dilakukan sejak pukul 8.30 Wita dan dibuka Dekan FKIP Unmul Prof DR M Amir Masruhim, didampingi ketua IKAL Kaltim, Prof Dr Dwi Nugroho Hidayanto MPd.

Hadir meninjau pelaksanaan vaksin, Wakil Wali Kota Samarinda H Rusmadi, yang juga alumni Lemhannas. Rusmadi tiba di tengah pelaksanaan vaksinasi, dan sempat memberikan sambutan. Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiono juga hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi ini.

Rusmadi mengucapkanterima kasih atas dukungan IKAL Komisariat Kaltim atas kegiatan vaksinasi ini yang bekerja sama dengan Unmul dan PMI Kaltim. Kegiatan vaksinasi ini, diharapkan bisa mempercepat kekebalan komunal di Samarinda.

“Meski saat ini kasus Covid 19 terus melandai, tapi semua harus tetap waspada dan menaati protokol kesehatan,” sebut Rusmadi. Tak lupa, Rusmadi juga memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang terus tak kenal lelah menjadi pelaksana dalam kegiatan vaksinasi ini.

Tenaga kesehatan yang dilibatkan dalam kegiatan ini masing-masing dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Samarinda Kota, Segiri, Sempaja, Temindung, dan Lok Bahu.

Sementara, Dekan FKIP Unmul Samarinda Amir Masruhim menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai lokasi acara vaksinasi. “Tidak hanya untuk masyarakat, tapi juga mahasiswa dan tenaga pendidikan di Unmul bisa divaksin,” ujarnya. Diharapkan, vaksinasi ini bisa mengurangi penyebaran Covid yang telah mengganggu kegiatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Ketua IKAL Kaltim Dwi Nugroho menyampaikan, sebagai alumni Lemhannas yang berwawasan kebangsaan, ikut memikirkan masalah bangsa dan negara. Karena itu, ketika ada tawaran untuk vaksinasi 1.000 dosis kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kaltim, langsung disambut antusias.

“Kami kerja sama dengan FKIP Unmul untuk tempat pelaksanaan, dibantu badan eksekutif mahasiswa FKIP dan Fakultas Ekonomi Unmul,” sebutnya.

Kegiatan ini berjalan berkat dukungan banyak pihak, sehingga bisa berjalan. Ia menyampaikan, upaya maksimal bisa dilakukan dalam waktu singkat, dan berjalan dengan baik, terlepas berbagai kekurangan yang ada. “Semoga berlanjut untuk berikutnya, dan bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Ketua Panitia Vaksinasi Dr Rahmawati Thaha menambahkan, berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk mendukung program vaksinasi. “Sebagai alumni Lemhannas, kami berterima kasih sudah diberikan kesempatan untuk kegiatan ini,” sebutnya. Samarinda banyak pelajar dan mahasiswa serta warga belum divaksin, sehingga ia berharap program ini bisa mendukung pemulihan Samarinda dari Covid 19.

Sementara itu, Achmad Sofyan, bendahara panitia bersyukur kegiatan bisa berlangsung, sehingga masyarakat bisa segera pulih. “Masyarakat antusias, semoga Covid bisa segera meninggalkan kita,” katanya. Ia pun berterima kasih pada masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi.

Di lokasi vaksinasi, terlihat Ketua PMI Kaltim Sayid Irwan mengatur proses vaksinasi dengan lancar. Dibantu relawan PMI serta dari mahasiswa Unmul, masyarakat dengan tertib menjalani proses vaksinasi sesuai urutan yang sudah ditentukan.

Seperti diketahui, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) adalah pendidikan tertinggi negara, yang mencetak kader pemimpin nasional berwawasan kebangsaan. Tak sedikit alumni pendidikan Lemhannas yang berasal dari Kaltim, dan sudah berkiprah di berbagai sektor pembangunan. (*)

Next Page »