Pemulihan Ekonomi Kaltim Msaa Pandemi Diyakini Lebih Cepat

February 28, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Kalimantan Timur diyakini menjadi salah satu daerah yang cukup diuntungkan segera bangkit, karena pondasi ekonomi Kaltim dipengaruhi olehp erekonomian global.

Hal itu disampikan Pimpinan Bank Indonesia Samarinda, Tutuk Cahyono dalam paparan yang disampaikan kepada wartawan secara virtual, terkait dengan upaya pemulihan ekonomi Kaltim, di tengah penanganan pandemi Covid-19, di Samarida, Jumat (26/2/2021).

Dia mengatakan, selama ini Kaltim sangat tergantung pada ekspor bahan tambang, terutama batubara dan minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO), sehinga kondisi ekonomi gobal mempengaruhi ekonomi Kaltim, termasuk pada saat pandemi Covid-19.

“Hal itu dibuktikan, sejak kwartal IV 2020, Kondisi ekonomi Kaltim terus membaik seiring menigkatnya volume ekspor yang diikuti dengan kenaikan harga batubara dan CPO di pasar internasional,” kata Tutuk Cahyono.

Tujuan ekspor Kaltim untuk kedua komoditas tersebut adalah China dan India. Kedua negara tersebut, saat ini mampu melakukan penanganan Covid-19 dengan baik, sehingga kegiatan ekonomi negara tersebut kian bergairah dan meningkatkan permintaan batubara dan CPO.

Dimulainya pemberian Vaksin Covid-19 disejumlah negara, termasuk Indonesia akan membawa angin segar dalam pemulihan ekonomi nasional, termasuk Kaltim. Namun bedanya Kaltim diperkirakan akan lebih cepat karena akan terimbas oleh membaiknya eknomi global, khususnya negara-negara yang selama ini menjadi pembeli CPO dan batubara.

Karena itu, Tutuk berharap pelaksanaan vaksinasi di Kaltim berjalan lancar sesuai target, sehingga memicu bergairahnya aktifitas masyarakat dalam mendorong bergeraknya ekonomi di Benua Etam untuk mendukung pertumbuhan nasional.
Dia mengingatkan, vaksin dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan sangat menentukan cepat atau lambatnya pemulihan ekonomi Kaltim. Jika masyarakat berperan aktif memperlancar kegiatan vaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan, maka penanganan Covid-19 akan berhasil dan ekonomi secara otomatis membaik.

“Jangan sampai akibat lalai terhadap protokol kesehatan dan engan divaksin, membuat angka Covid-19 tinggi dan pemerintah terpaksa harus membatasi aktifitas rakyat dan dampaknya adalah pergerakan ekonomi melambat,” ujar Tutuk.

Kendati pemulihan ekonomi dinilai lebih cepat dibanding daerah lain karena terdongkrak dengan hasil komuditas ekspor, namun kegiatan UMKM dan pariwisata tidak boleh diabaikan. Justru kedua kegiatan usaha ini perlu digenjot untuk mendukung pemulihan ekonomi yang langsung dirasakan masyarakat.

Penanganan Covid-19 terus dilakukan secara global dan jika semua negara mampu keluar dari krisis pandemi ini, maka sektor yang pertama kali bersiap adalah sektor pariwisata dan UMKM pendukungnya.

Karena itu, Bank Indonesia melakukan berbagai kegiatan pelatihan dan pendapingan untuk menyiapkan sumber daya wisata dan sumber daya manusia andal menyambut datangnya para wisatawan domistik dan mancanegara.(*)

 

Kunjungi Korban Kebakaran, Wali Kota Beri Bantuan

February 27, 2021 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA- Wali Kota Samarinda Andi Harun mengunjungi warga yang terkena musibah kebakaran di Jalan Pangeran Bendahara, Kecamatan Samarinda Seberang, Jumat (26/2/2021)

Andi Harun bersama Kepala Dinas Sosial Ridwan Tasa selain meninjau langsung wargaj jugamemberikan bantuan berupa beras,supermi serta perlengkpan bayi. Wali Kota juga secara pribadi memberikan santunan sebesar Rp5 juta.

“Hari ini saya meninjau untuk mencari informasi apa yang menjadi penyebah terjadinya kebakaran. Lnfonya karena kabel listrik yang sudah tua akhirnya terjadi konsleting.”kata Wali Kota disela kunjungannya.

Andi Harun mengatakan prihatin terhadap kejadian tersebut. Walaupun tidak ada korban jiwa, ia berharap peristiwa tersebut menjadi pembelajaran bagi warga untuk lebih memperhatikan instalasi listrik rumah tangga.

“Saya minta kepada camat dan lurah untuk selalu memonitor wilayahnya yang padat dengan pemukiman dengan bangunan kayu agar selalu menyosialisasikan tentang instalasi listrik yang rawan terjadinya konsleting,”pintanya.

Akibat pristiwa kebakaran yang terjadi Kemarin (26/2)/2021), mengakibatkan 12 rumah hangus terbakar, ditambah 3 rumah bangsal 13 pintu juga ikut dilalap api. Kejadian ini juga 108 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. (*/smd)

Ardiansyah Sebut, Peran Jurnalis Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Sukseskan Pilkada

February 26, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Peran jurnalis dalam fungsi menyerbarluaskan informasi tentang pentingnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2024, Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang. Apresiasi tersebut disampaikan usai resmi dilantik, Jum’at (26/2/2021).

Hal itu, sambung Ardiansyah dapat dilihat dari angka partisipasi masyarakat Kutim yang mencapai 48 persen pada pilkada 2015, kemudian meningkat menjadi 65 persen pada Pilkada 2020.
Menurut Ardiansyah, hal itu juga tidak lepas dari peran awak media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan dari awal hingga berakhirnya pilkada.
“Ini artinya masyarakat sangat memberikan partisipasinya dalam pemilihan ini. Makanya, makna dari kemenangan ASKB ini adalah kemenangan dari rakyat Kutai Timur pada umumnya,” ucap Ardiansyah dalam konferensi pers usai pelantikan oleh Gubernur Isran Noor melalui virtual, diruang Meranti Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi.

Lebih lanjut, Ardiansyah yang sebelumnya pernah menjadi Bupati Kutim ini menyampaikan terima kasih kepada media cetak maupun online dan lainnya, juga awak media yang di Kutai Timur, Kalimantan Timur, maupun nasional, karena telah memberikan berita yang terbaik. Meningkatnya partisipasi masyarakat ini juga berkat peran serta media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. (**)

Setelah Dilantik, Ardiansyah-Kasmidi Fokus Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

February 26, 2021 by  
Filed under Bontang

SANGATTA- Setelah resmi dilantik Gubernur Isran Noor berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri yang ditandatangani Tito Karnavian dengan Nomor 131.64-318, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengaku akan langsung bekerja.

“Mengingat periode sekarang sangat singkat, hanya tiga tahun enam bulan, berdasarkan hitungan sementara, tanpa adanya perubahan. Sehingga, mana yang bisa dikerjakan di awal harus dikerjakan. Persiapan kerja 2020, kami fokus pembangunan infrastruktur lanjutan, penataan tata kelola pemerintahan, kepegawaian, dan keuangan. Semua sudah masuk tatanan rencana kerja,” beber Ardiansyah kepada awak media dalam jumpa pers di lobby Kantor Bupati Kutim kawasan Bukit Pelangi, Jumat (26/2/2021).
Intinya Ardiansyah bersama Kasmidi akan fokus dalam pembangunan lanjutan di Kutim.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor secara langsung melantik wali kota-wakil wali kota dan bupati-wakil bupati di enam Kabupaten/Kota di Kaltim. Enam kabupaten/kota tersebut yakni Berau, Paser, Mahakam Ulu (Mahulu), Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim) dan Samarinda. Pelantikan dilangsungkan secara virtual.

Namun hanya kepala daerah Mahulu yang dilantik secara langsung di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada.

Adapun enam kepala daerah yang dilantik pada hari ini antara lain Andi Harun-Rusmadi Wongso sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Samarinda, Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutim, Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mahulu.

Kemudian, Fahmi Fadli-Syarifah Masitah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paser, Edi Damansyah-Rendi Solihin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kukar. Terakhir, Sri Juniarsih- Gamalis sebagai Bupati dan Wakil Bupati Berau.

“Di tengah-tengah kondisi COVID-19 ini, kita dapat melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti TNI-Polri dan lembaga-lembaga yang menangani penanggulangan COVID-19. Ini tugas mendesak, maka dalam melaksanakan tugas-tugas ini tentu sudah ada pedoman serta petunjuk-petunjuk dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih dan memberi penghargaan sebesar-besarnya kepada kepala daerah yang telah selesai melaksanakan tugasnya beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Isran menegaskan bahwa bupati dan wali kota itu bukan bawahan gubernur, tapi mitra gubernur. Jadi kepala daerah yang baru saja dilantik tidak perlu khawatir, sebab ia sangat senang apabila kepala daerah memberi pandangan-pandangan lainnya.
“Saya siap jika diberikan masukan, mari bersama-sama memperjuangkan dan membangun Kaltim dengan tugas serta tanggung jawab yang dibebankan kepada kita,” tegasnya. (**)

Andi Harun – Rusmadi Resmi Pimpin Samarinda

February 26, 2021 by  
Filed under Samarinda

SAMARIDA-Andi Harun –Rusmadi resmi memimpin Samarinda sebagai Wali Kota danWakilWali Kota Samarinda periode 2021-2024. Pelantikan dilaksanakan secara virtual oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dari Gedung Odah Etam,kompleks Kantor Gubernur Kaltim,Jumat (26/02/2021).

Pelantikan Wali Kota Samarinda ini dilantik secara bersamaan dengan 5 kepala daerah lainnya di Kalimantan Timur yaitu Bupati Paser Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Paser Masitaf Asegaf, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaimandan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin, Bupati Berau Sri Juniarsih dan WakilBupati Gamalis serta Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan Wakil Bupati Yohanes Avun.

Andi Harundan Rusmadi menjalani prosesi pelantikan secara virtual di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta mantan pelaksana harian (plh) Wali Kota Samarinda Sugeng Chairuddin.

Isran Noor pada kesempatan tersebut mengingatkan kepada seluruh kepala daerah dalam melaksnakan pekerjaannya bekerjasama dengan instansi lainnya.

Gubernur juga berharap penanganan Covid-19 merupakan tugas yang sangat mndesak sehingga perlu terjalin kerjasama dengan berbagai pihak sesuai dengan pedoman dan petunjuk dari Pemerintah Pusat.

Usai pelantikan, Andi Harun kepada wartawan menyampaikan dan meminta doa serta dukungan masyarakat agar ia dapat memimpin dengan lancar. Andi Harun berharap ia dapat membawa manfaat bagi warga Kota Samarinda. (*)

Next Page »