Prihananto Kembali Pimpin GABSI Kota Samarinda Periode 2021 – 2025

June 16, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Prihananto kembali dipercaya menjadi Ketua Pengurus Cabang Olahraga Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Kota Samarinda periode 2021 – 2025, berdasarkan musyawarah mufakat jajaran pengurus GABSI Kota Samarinda dan club-club anggota GABSI Kota Samarinda pada Musyawarah Kota (Muskot) Pengcab GABSI Kota Samarinda, Selasa (15/06/2021).

Muskot GABSI yang di gelar di sekretariat GABSI Jalan Danau Meninjau Kota Samarinda ini juga dihadiri Wakil Ketua II KONI Kota Samarinda Deni Fahrianur dan dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Pengprov GABSI Kaltim Iskandar.

Dalam sambutannya Wakil Ketua II KONI Samarinda, Deni Fahrianur, mengharapkan agar Muskot GABSI Kota Samarinda dapat menghasilkan program peningkatan prestasi Cabor Bridge minimal bisa mempertahankan raihan medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Porprov Kaltim) yang akan datang.

“Seperti yang telah disampaikan Walikota Samarinda Andi Harun, Samarinda akan menargetkan menjadi juara umum pada Porprov Kaltim di Berau, dan kami mengharapkan cabor Bridge kembali bisa menyumbangkan mendali emas,” ujar Deni.

Prihananto

Prihananto Ketua terpilih GABSI Kota Samarinda usai Muskot mengatakan ada 2 visi dalam kepengurusan GABSI yang dia pimpin yakni Masalisasi atau memasyarakatkan cabang olahraga Bridge di Samarinda dan peningkatan prestasi.

Untuk mencapai visi tersebut maka GABSI Kota Samarinda melakukan beberapa misi diantaranya adalah melaksanakan sosialasasi dengan program Bridge Masuk Sekolah, namun program ini belum bisa dilaksanakan mengingat kondisi pandemi Covid-19 dimana sekolah masih diliburkan.

“Kami hanya bisa menunggu kebijakan sekolah dan pemerintah dimasa pandemi covid-19, dimana jika sekolah sudah bisa offline atau tatap muka, kami segera melanjutkan program yang tertunda ini” ujarnya.

Kemudian misi selanjutnya adalah pembinaan prestasi, dimana GABSI Samarinda akan meningkatkan intensitas latihan atlet baik secara offline maupun online melalui aplikasi Bridge Base Online (BBO).

Terkait target Walikota dan KONI Samarinda untuk menjadi juara umum pada Porprov di Berau yang akan datang, GABSI Samarinda sangat mendukung dan akan mempertahankan prestasi yang sudah diraih GABSI Kota Samarinda, dimana mereka pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2018 lalu meraih medali emas.

“Secara keseluruhan tim GABSI Samarinda baik pada kejuaraan nasional maupun even internasional tidak kalah dan mampu bersaing dengan daerah lain dan yang lebih membanggakan kami adalah kami saat mengikuti even baik nasional maupun internasional selama ini menggunakan pemain lokal murni Kota Samarinda tanpa pemain import dari daerah lain,” tambah Anto panggilan akrab Ketua GABSI Samarinda ini. (hel)

Sosialisasikan Cabor Korfball Saat Pandemi Covid-19, PKSI Samarinda Utamakan Protokol Kesehatan

January 19, 2021 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Cabang olahraga Korfball Samarinda yang berada dalam naungan Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PKSI) Cabang Samarinda dalam melaksanakan kegiatan pengembangan olahraga Korfball dan latihan rutin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat.

Kegiatan keolahragaan khususnya outdoor seperti korfball tetap dapat dilaksanakan dengan disipilin ketat menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, tidak melebihi 30 orang, menjaga jarak dan tidak berkerumun, mengingat olahraga merupakan salah satu upaya mempertahankan bahkan meningkatkan daya imunitas (kekebalan) tubuh seseorang.

Salah satu program PKSI Samarinda yang digawangi Ketua M. Novan Syahronny Pasie dan sekretaris Juniansyah ini adalah kegiatan pengembangan olahraga korfball di tengah masyarakat Samarinda. Salah satunya adalah kegiatan sosialisasi Korfball kepada siswa dan guru SMAN 13 di bilangan jalan DI Panjaitan Samarinda, Senin (18/01/2021).

Menurut Robby Marzuki – Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan PKSI Samarinda saat pandemi covid-19 ini Korfball di Samarinda tetap melaksanakan latihan, mengingat disaat pandemi Covid-19 ini, menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas sangat penting.

“Aktivitas korfball Samarinda seperti sosialisasi dan latihan dilakukan dengan disiplin ketat protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan baik dengan air dan sabun maupun handsanitizer, tidak melebihi 30 orang, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” ujar Robby yang didampingi Eduard Arisandi ketua bidang Kompetisi PKSI Samarinda.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMAN 13 Samarinda, Jarnuji Umar yang mengatakan sosialisasi dari PKSI Samarinda ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, dia berharap dengan sosialisasi ini PKSI berharap cabang olahraga korfball bisa berkembang di sekolah yang dia pimpin sekaligus sebagai ajang edukasi protokol kesehatan kepada siswa nya.

“Dengan siswa berolahraga korfball ini, saya berharap disaat pandemi covid-19 ini, siswa mendapatkan edukasi protokol kesehatan dimana kita dapat mengontrol aktivitas mereka dengan menerapkan prokes jika dilakukan di lingkungan sekolah,”harap Umar panggilan akrabnya.

Sementara itu Sekretaris PKSI Samarinda, Juniansyah mengharapkan setelah sosialisasi, sekolah-sekolah bisa mendaftarkan sekolahnya untuk pembentukan klub korfball dan mendapatkan pembinaan yang berkelanjutan.

“Pembentukan klub korfball ditingkat sekolah dapat dilakukan dengan menyusun struktur Pembina, penanggungjawab, pelatih, siswa atlit dan mendaftarakan kepada kepengurus PKSI Samarinda,”ujar Juniansyah yang juga berprofesi sebagai advokat ini. (Hel)*

Kubar Juara Umum Kejurprov IBA MMA

December 30, 2020 by  
Filed under Olahraga Lain

SENDAWAR – Kontingen Kabupaten Kutai Barat berhasil meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Ikatan Beladiri Amatir Mix Martial Art (IBA MMA) junior se- Kalimantan Timur yang diselengarakan Sabtu dan Minggu (26-27) Desember 2020 di GOR Bahampas Segiri Samarinda. Atlet IBA MMA Kutai Barat (Kubar) berhasil meraih juara umum perolehan 9 medali emas.

Kejurprov IBA MMA ini diikuti tujuh orang atlet putra dan tiga orang atlet putri asli Kubar, dari sepuluh orang yang diturunkan, sembilan orang berhasil meraih medali emas.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kubar Stepanus mengatakan, untuk Cabang Olahraga (Cabor) IBA MMA memang termasuk cabor baru di Kaltim. Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi atlet IBA MMA Kubar, dengan menurunkan sepuluh orang atlet sembilan orang berhasil meraih medali emas.

“Saya sangat bangga dengan atlet junior IBA MMA Kubar ini. Baru saja bergabung di KONI sudah menorehkan prestasi yang luar biasa dan bisa membawa nama harum Kubar,”ujar Stepanus didampingi ketua harian Rus Riska Risandi saat ditemui dikantornya Selasa (29/12/2020).

Ketum KONI Kubar Stepanus (kiri) dan Ketua Harian KONI Kubar Rul Riska Risandi (kanan)

Stepanus berpesan kepada semua atlet IBA MMA junior agar tetap giat menjalani latihan, guna mempersiapkan pra porprov 2021 dan menuju porprov ke 7 di Kabupaten Berau tahun 2022 yang akan datang.

Sementara itu Ketua Harian KONI Kubar, Rul Riska Risandi yang akrab di panggil Ris menambahkan, dengan prestasi yang diraih oleh atlet IBA MMA junior ini KONI akan terus membina atlet–atlet ini serta mencari bibit–bibit atlet yang berbakat. Meski cabor ini masih baru bergabung di bawah naungan KONI dan perkembangannya luar biasa.

“Ini akan menjadi cabor andalan Kubar di Porprov nanti,”kata Rul Riska Risandi.

Ris mengharapkan kepada semua cabor yang ada berlatih dengan giat dan serius. Apabila di pra porprov tidak lolos tidak akan dibawa ke porprov di Berau nanti. Persaingan antar atlet sangat ketat sekali. Apabila yang diseleksi oleh pelatih tidak memenuhi syarat, pastinya tidak akan diturunkan di pra porprov nanti.

“Makanya kita tekankan kepada semua atlet disemua cabor untuk berlatih yang sungguh – sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk bertarung di pra porprov nanti,”harapnya.

Ris berpesan, dimasa pandemi diharapkan kepada semua atlet untuk selalu menjaga kondisi badan agar tetap prima dan menjaga imun tetap kuat. Jangan pandemi covid 19 ini menjadi halangan untuk berprestasi.

Diingatkan, atlet tetap menjaga protokol kesehatan, dengan memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan dan menjaga jarak baik dengan teman maupun dengan orang lain serta menjauhi kerumunan.

“KONI Kaltim mengakui kalau atlet Kubar sangat berpotensi untuk atlet beladirinya,”ungkapnya.

Untuk di ketahui, pelatih IBA MMA sendiri asli dari lokal Kubar. (arf).

RAT KONI Kubar Setujui Program Kerja dan Sahkan Enam Anggota Baru

December 30, 2020 by  
Filed under Olahraga Lain

SENDAWAR – Ketua KONI Kubar, Stepanus menyampaikan hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutai Barat (Kubar) yang berlangsung di Gedung PKK, Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Senin (28/12/2020) yaitu menyetujui program kerja untuk 2021. Salah satunya mempersiapkan atlet Kubar dalam menghadapi pra porprov Kaltim yang ke 7 yang akan di gelar di Kabupaten Berau pada tahun 2022 mendatang.

“Sebelum menghadapi porprov tahun 2022 di Berau, seluruh cabor yang ada di Kubar di bawah naungan KONI akan kita persiapkan latihan serta pembinaannya terlebih dahulu guna menghadapi pra porprov 2021,”kata Stepanus didampingi Ketua Harian Rul Riska Risandi saat ditemui di ruangannya Selasa (29/12/2020).

Stepanus menuturkan, keputusan RAT yang kedua KONI Kubar mengesahkan enam cabor baru yang terdiri dari Kick Boxing Indonesia (KBI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERSI), Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Esports Indonesia (ESI), JIUJITSU, Indonesia Beladiri Amatir Mixed Martial Art (IBA MMA).

“Sekarang enam cabor ini sudah resmi menjadi anggota KONI Kubar dan KONI mempunyai kewajiban untuk membinanya,”ungkapnya.

Stepanus membeberkan, untuk cabor yang akan mengikuti seleksi pra porprov ada 26 cabor, ditambah 6 cabor yang baru di sahkan menjadi 32 cabor yang akan mengikuti seleksi nanti.

Stepanus berharap kepada semua atlet yang akan mengikuti seleksi di pra porprov agar semua cabor bisa lolos, karena merupakan syarat mutlak yang akan mengikuti porprov di Berau nanti harus lolos di pra porprov dulu baru bisa mengikuti proprov di Berau tahun 2022 mendatang.

“Saya berpesan kepada semua cabor dan juga pelatihnya mari kita melakukan pembinaan dan pelatihan para atlet yang ketat disemua cabor, dan menyeleksi bibit – bibit atlet Kubar yang berpotensi,”harapnya.

RAT diikuti seluruh Cabang Olahraga (Cabor) yang ada di bawah naungan KONI Kubar. Selain membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), juga membahas mengenai persiapan Pra Pekan Olahraga Provinsi (Pra Porprov) guna menghadapi Porprov ke 7 di Kabupaten Berau Tahun 2022 mendatang. Kegiatan RAT juga dihadiri Wakil Ketua Umum II KONI Kalimantan Timur (Kaltim) Sumarlani.

Pelaksanaan RAT tetap mengacu dengan protokol kesehatan, seluruh perwakilan cabor harus cuci tangan sebelum memasuki gedung PKK, harus pakai masker, dan tetap jaga jarak. (arf).

DPRD Samarinda akan Bahasa Raperda Keolahragaan

November 28, 2020 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Samarinda saat sedang mempersiapkan rancangan perda tentang penyaluran hobi kaum milenial untuk mengembangkan bakat dan minat balapan motor. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Ahmat Sopian Noor.

Ahmat Sopian Noor

Soal Perda keolahragaan, kami telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait yaitu Dispora, Koni dan Formi (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Samarinda untuk membahas kawasan balapan sebagai sarana keolahragaan,” kata Kader Partai Golkar ini, Jum’at (27/11/2020).

Lanjut Anggota Pansus Keolahragaan DPRD Samarinda, hasilnya sudah rampung dan akan dibahas di Bapemperda, diparipurnakan tentang perda keolahragaan di antaranya persiapan dan pembangunan sarana atau fasilitas balap motor.

Ketua Dewan Kehormatan (DK) DPRD Samarinda ini menerangkan, perihal perda keolahragaan balap motor ini sebagai bentuk menyalurkan minat dan bakat generasi muda untuk berkompetisi dan melakukan pengembangan dan mengakomodir sesuai dengan wadah yang tepat dan dilindungi secara hukum.

“Ini menjadi solusi, sebab banyak anak muda yang melakukan aksinya dengan balapan liar di jalan umum sehingga banyak menggangu ketenangan masyarakat,” sebut Alumni Pendidikan inj

Politisi Fraksi Golkar ini menyebutkan, dia termasuk pendiri club motor yang sering mengikuti berbagai event balap motor di berbagai daerah, sementara sarana balap di Samarinda tidak ada, hal ini menjadi acuan bahwa perlu adanya penyediaan dan pembangunan fasilitas keolahragaan khususnya balap motor.

Adapun pembahasan mengenai Perda keolahragaan tersisa dua tahap lagi dan akan diperkirakan disahkan akhir tahun. Sementara ini, pemanfaatan Bandara Temindung sebagai sarana balap sering digelar kompetisi yang dilakukan oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Kapolresta Samarinda.

“Perda kemungkinan akhir tahun akan diparipurnakan, sedangkan untuk lahan yang tepat akan dibahas lebih lanjut dengan Pemkot Samarinda,” tutup mantan pengurus MUI Kaltim ini. (man)

Next Page »