DPRD Samarinda akan Bahasa Raperda Keolahragaan

November 28, 2020 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Samarinda saat sedang mempersiapkan rancangan perda tentang penyaluran hobi kaum milenial untuk mengembangkan bakat dan minat balapan motor. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Ahmat Sopian Noor.

Ahmat Sopian Noor

Soal Perda keolahragaan, kami telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait yaitu Dispora, Koni dan Formi (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Samarinda untuk membahas kawasan balapan sebagai sarana keolahragaan,” kata Kader Partai Golkar ini, Jum’at (27/11/2020).

Lanjut Anggota Pansus Keolahragaan DPRD Samarinda, hasilnya sudah rampung dan akan dibahas di Bapemperda, diparipurnakan tentang perda keolahragaan di antaranya persiapan dan pembangunan sarana atau fasilitas balap motor.

Ketua Dewan Kehormatan (DK) DPRD Samarinda ini menerangkan, perihal perda keolahragaan balap motor ini sebagai bentuk menyalurkan minat dan bakat generasi muda untuk berkompetisi dan melakukan pengembangan dan mengakomodir sesuai dengan wadah yang tepat dan dilindungi secara hukum.

“Ini menjadi solusi, sebab banyak anak muda yang melakukan aksinya dengan balapan liar di jalan umum sehingga banyak menggangu ketenangan masyarakat,” sebut Alumni Pendidikan inj

Politisi Fraksi Golkar ini menyebutkan, dia termasuk pendiri club motor yang sering mengikuti berbagai event balap motor di berbagai daerah, sementara sarana balap di Samarinda tidak ada, hal ini menjadi acuan bahwa perlu adanya penyediaan dan pembangunan fasilitas keolahragaan khususnya balap motor.

Adapun pembahasan mengenai Perda keolahragaan tersisa dua tahap lagi dan akan diperkirakan disahkan akhir tahun. Sementara ini, pemanfaatan Bandara Temindung sebagai sarana balap sering digelar kompetisi yang dilakukan oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Kapolresta Samarinda.

“Perda kemungkinan akhir tahun akan diparipurnakan, sedangkan untuk lahan yang tepat akan dibahas lebih lanjut dengan Pemkot Samarinda,” tutup mantan pengurus MUI Kaltim ini. (man)

Jelang Popda, Fasilitas Olahraga Ditingkatkan

November 27, 2020 by  
Filed under Berau, Olahraga Lain

DITINGKATKAN: Lapangan voli di Kantor Pemkab Berau disiapkan untuk Popda.

TANJUNG REDEB – Sejumlah venue saat ini sedang dilakukan renovasi. Di antaranya lapangan voli out door dengan anggaran sekitar Rp 200 juta. Belum lagi lintasan atletik di Lapangan Batiwakkal senilai Rp 100 juta, lapangan tenis Rp 150 juta dan lapangan basket dengan nilai Rp 200 juta.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dispora Berau, Hasmawi. Menurutnya, renovasi tersebut guna persiapan Berau menghadapi event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021.

“Pengerjaannya sudah dimulai sejak 12 November lalu, ditarget selesai akhir tahun ini. Jadi dari nilai anggaran yang direalisasikan, itu bukan hanya fisik tetapi juga sudah termasuk pajak, pengawasannya hingga perencanaan,” ujarnya (24/11/2020).

Sejumlah pengadaan penunjang cabor juga turut dilakukan. Seperti alat latihan hingga peralatan pertandingan. Seperti pengadaan speed boat untuk cabor ski air, pengadaan alat cabor karate, serta alat latihan gulat.

“Masing-masing pengadaan itu nilai anggarannya Rp 200 juta. Melalui APBD-P 2020, mulai untuk renovasi juga untuk pengadaan alat tanding sekaligus latihan cabor-cabor yang dipertandingan di Popda mendatang,” jelasnya.

Berdasarkan hasil kesepakatan, Pelaksanaan Popda akan dihelat Juli 2021. Namun untuk jumlah cabor yang akan dipertandingkan, perlu pembahasan lanjutan. Untuk sementara Dispora memastikan ada 17 cabor dipertandingkan di Popda 2021. (vb1)

Jelang Popda, 17 Venue Siap Digunakan

November 21, 2020 by  
Filed under Berau, Olahraga Lain

SIAP: Panitia Popda XVI Kaltim meninjau kesiapan venue di Berau.

TANJUNG REDEB – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Kalimantan Timur sesuai kesepakatan akan digelar triwulan III 2021. Karena itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau terus melakukan persiapan menghadapi event provinsi tersebut, dari sarana dan prasarana serta atlet yang bakal bertanding nanti.

Kepala Dispora Berau, Amiruddin menjelaskan, dalam Popda nanti ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari sejumlah cabor itu, Dispora sudah melakukan pembenahan venue yang akan digunakan.

“Tinggal voli pantai. Apakah nanti diadakan atau tidak. Kita menunggu keputusan dari Rapat koordinasi,” jelasnya (20/11/2020).

Dispora sudah melakukan renovasi tempat pertandingan. Saat ini masih dalam proses. Jika cabang olahraga voli pantai ini dipertandingkan, Dispora akan menyelesaikan renovasi dalam waktu dekat. Diharapkan renovasi bisa selesai tepat waktu dan venue voli pantai bisa digunakan.

“Insya Allah di akhir tahun sudah selesai dan siap digunakan. Jadi seluruh venue bisa digunakan pada tahun depan. Tinggal menunggu pelaksanaan,” ungkapnya.

Selain fasilitas, dari sisi kesiapan atlet, Amiruddin menyampaikan, pembinaan atlet telah dilakukan jauh-jauh hari. Sampai saat ini tetap dilakukan pemantapan. Ia pun mendorong agar setiap cabang olahraga yang telah memberikan prestasi tetap fokus untuk mempertahankannya.

“Kita tetap fokus untuk pembinaan, terutama nomor lomba yang sangat kita kuasai. Jika peluang kita cukup kecil pada nomor lomba ini, bisa saja tidak diadakan. Ini merupakan hak tuan rumah. Nomor lombanya tidak ada tapi cabor tetap,” katanya.

Ia berharap para atlet bisa memanfaatkan event ini sebagai ajang persiapan sebelum pelaksanaan Poprov. Sehingga ada kesiapan mental dan fisik dari para atlet yang akan berlaga juga di Porprov. (vb1)

Persiapan Jelang Pelaksanaan Popda XVI Kaltim

November 20, 2020 by  
Filed under Berau, Olahraga Lain

APD dan suplemen diberikan kepada perwakilan atlet.

TANJUNG REDEB – Asisten I Setkab Berau Datu Kesuma menegaskan, Berau siap menyambut event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIV Kaltim. Hal itu disampaikan Datu Kesuma saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Pelaksana Popda XIV Kaltim, yang digelar di Berau (19/11/2020). Rakor tersebut dihadiri perwakilan dari setiap kabupaten dan kota di Kaltim.

Dikatakan, persiapan sudah dilakukan beberapa bulan terakhir. Mulai sarana dan prasarana hingga kesiapan atlet. “Melalui Popda ini nantinya bisa menghasilkan pelajar berprestasi. Ini juga sebagai bagian dalam pembibitan atlet yang nantinya bisa membawa prestasi di ajang lebih bergengsi,” kata Datu Kesuma.

Rakor diharapkan bisa menghasilkan suatu kesepakatan bersama, yang akan dituangkan pada saat pelaksanaan. Apa saja keputusan yang diambil untuk membuat Popda XVI ini diharapkan berjalan sesuai harapan bersama dalam menghasilkan atlet berprestasi.

“Yang pasti harus tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini,” katanya.

Dijelaskan, sesuai ketetapan yang diambil, Popda XIV Kaltim dilaksanakan pada triwulan III tahun 2021 mendatang. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19.

Rakor diisi penyampaian materi yang akan didiskusikan, dilanjutkan tanya jawab. Selain itu dilakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat kondisi terkini venue yang akan digunakan sesuai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Agus Tianur menyampaikan, rakor ini seharusnya dilaksanakan Maret 2020 lalu di Kukar. Karena adanya pandemi, maka kegiatan ditunda dan dilaksanakan melalui zoom meeting. Selanjutnya ditindaklanjuti di Kabupaten Berau secara tatap muka.

“Rakor ini sebagai persiapan menghadapi event Popda tahun depan. Apa saja yang harus dikoordinasikan sehingga pelaksanaan nantinya bisa berjalan sesuai harapan bersama,” ujarnya.

Dalam rakor ini juga akan menetapkan tuan rumah pelaksanaan Popda XVII yang akan datang. Agus mengharapkan kondisi pandemi saat ini bisa berakhir. Mengingat pada 2021 banyak event olahraga seperti PON di Papua, dan Popnas di Bangka Belitung.

“Penundaan kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita, yaitu persiapan tuan rumah bisa lebih matang dan lebih baik lagi,” katanya. (vb1)

 

PABSI Kota Samarinda Gelar Kejuaraan Angkat Besi Antar Club

November 3, 2020 by  
Filed under Olahraga Lain

SAMARINDA – Kejuaraan angkat besi antar club tingkat remaja dan junior se-Kota Samarinda berlangsung di Gedung Anggar Polder Air Hitam dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemkot Samarinda, Tejo Sutarnoto, Senin (02/11/2020) pagi. Read more

Next Page »