500 Penari Bawakan Tarian Kolosal

July 14, 2009 by  
Filed under Berita

Samarinda, 14/7 (Harkopnas) – Sedikitnya 500 penari akan dikerahkan dalam tarian kolosal sebagai rangkaian hiburan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-62 yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan berlangsung di Stadion Madya Sempaja, Rabu (15/7), yang merupakan gabungan pelajar, mahasiswa dan beberapa kelompok seni yang tergabung dalam Komonitas Seni Budaya Seraong Tenggarong Kutai Kartanegara.

Tarian kolosal Harkopnas

Tarian kolosal Harkopnas

Persiapan yang dilakukan sejak awal Juni dengan menggabungkan kebudayaan etnis di Kaltim dan didukung 500 personil penari, yakni terdiri 300 penari etnis Melayu Kutai, 100 penari etnis Dayak Kenyah dan 100 penari etnis Dayak Benuaq. Dalam perekrutan penari dilakukan seleksi ketat dengan standar yang telah ditentukan antara lain tinggi badan, untuk penari laki-laki 155 cm dan wanita 150 cm, ungkap Erwin Junaidi selaku Wakil Pimpinan Produksi Komunitas Seni Budaya Seraung.

Tarian masal yang ditampilkan di hadapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono terinsipirasikan dari seni budaya masyarakat Kaltim yang tumbuh dan berkembang antara lain tari Jepen, musik tingkilan, tari Datun Julut (Selamat datang), musik sampe, tari belian, tari ngelawai, tari gantar dan musik kelentengan. Tarian ini akan menjadi karya perpaduan antara tradisi dan kreasi.

Penggunaan properti tapak sirih, payung, kipas, selendang, sirip bulu burung dan berbagai ornamen lainnya digunakan bersama dengan garapan musik yang berangkat dari spirit tradisi berbagai etnis yang ada di Kalimantan Timur.

Dari Tarian ini diharapkan kegembiraan dan kemeriahan akan memuncak saat penari muncul dengan diiringi semarak tabuhan musik yang harmonis dan dinamis. Bagian akhir menyimbolkan semangat gotong royong dan bahu membahu masyarakat Kalimantan Timur dalam melaksanakan Pembangunan Kaltim Untuk Semua. (MC7.MC9.MC10)

Respon Pembaca

2 Komentar untuk "500 Penari Bawakan Tarian Kolosal"

  1. ambar lestari on Tue, 9th Oct 2012 3:04 pm 

    adakah lebih bnyak fotonya ? saya ikut serta dalam tari masal ini… kalo bisa mohon di share ke saya

  2. admin on Tue, 9th Oct 2012 3:15 pm 

    Red: nanti kami lihat dulu yah, soalnya acaranya dah lama. terima kasih

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.